Resep Telur Panggang Jamur yang Tinggi Protein, Cocok untuk Menu Diet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Telur panggang/Foto: Gregg Duppre

Telur panggang/Foto: Gregg Duppre

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain direbus dan diolah menjadi resep balado atau semur, telur juga bisa dipanggang di-mix dengan bahan lainnya seperti sayuran dan jamur. Seperti olahan resep telur panggang berikut yang cocok untuk menu diet ini. 

Perpaduan telur, sayuran hijau, dan jamur rasa umami yang menguarkan wangi aromatik seperti bawang merah. Kemudian ada sayuran kangkung atau kacang yang diaduk ke dalam saus krim lalu disempurnakan dengan sedikit rempah, Ini adalah kombinasi rasa yang terasa familiar dan nyaman dan akan memuaskan banyak orang. Jangan lewatkan taburan Parmesan di atasnya—ini menambahkan sentuhan umami lain yang melengkapi rasa gurih dari resep ini.

Kesabaran adalah kunci saat membuat jamur berwarna kecokelatan. Pertama, jamur perlu mengeluarkan sedikit air sebelum mengambil warna cokelat keemasan yang menghasilkan rasa. Biarkan jamur matang tanpa diganggu dan hindari mengaduk terlalu cepat atau terlalu sering.

Resep Telur Panggang Jamur

Bahan-bahan:

4 Sdm  minyak zaitun extra-virgin
100 gram jamur campuran (seperti cremini, shiitake, dan tiram), diiris
1/4 cangkir bawang merah cincang halus (dari 1 bawang merah)
1/2 sdt. lada hitam yang baru digiling, ditambah lagi untuk hiasan
1 1/4 sdt. garam kosher (bila tak ada bisa pakai garam dapur 
4 Cangkir kangkung cincang (dari 1 ikat)
2 Sdm tepung serbaguna
1 1/2 cangkir susu murni
2 kaleng kacang seberat 15 ons, dikeringkan dan dibilas
6 butir telur ayam
3 Sdm keju parmesan parut
Mustard secukupnya

Cara membuat: 

Panaskan oven hingga 375°F. Panaskan 3 sendok makan minyak dalam wajan besar dan dalam dengan api sedang-tinggi. Masukkan jamur; masak hingga bagian bawahnya kecokelatan, 5 hingga 7 menit. Aduk; masak, aduk sesekali, hingga kecokelatan seluruhnya, 4 hingga 5 menit.

Kecilkan api hingga sedang. Masukkan sisa 1 sendok makan minyak, bawang merah, timi, merica, dan 3/4 sendok teh garam ke dalam wajan; masak, aduk, hingga lunak, 1 hingga 2 menit. Masukkan kangkung; masak, aduk sering, hingga layu, sekitar 2 menit. Tambahkan tepung dan aduk hingga merata. Tambahkan susu, aduk dan kikis bagian bawah wajan, hingga tercampur. Tambahkan kacang, mustard, dan 1/4 sendok teh garam; didihkan.

Angkat wajan dari api. Bentuk 6 lubang dalam campuran. Pecahkan 1 butir telur ke dalam setiap lubang; taburi dengan sisa 1/4 sendok teh garam. Pindahkan wajan ke dalam oven dan panggang hingga putih telur matang sepenuhnya dan kuning telur mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, 10 hingga 15 menit. Taburi dengan keju dan merica.

Catatan: Simpan dalam lemari es, tutup, hingga 3 hari. Panaskan kembali setiap porsi dalam microwave hingga hangat.

Pilihan Editor: Resep Camilan Tengah Malam ala Selena Gomez, Terbuat dari 3 Bahan Simpel

REAL SIMPEL

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."