Yunita Siregar Wakili Keresahan Generasi Sandwich di Film Home Sweet Loan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Yunita Siregar pemeran Kaluna dalam film Home Sweet Loan saat diwawancara di Kantor Tempo, Jakarta, Selasa, 10 September 2024. TEMPO/Martin Yogi Pardamean

Yunita Siregar pemeran Kaluna dalam film Home Sweet Loan saat diwawancara di Kantor Tempo, Jakarta, Selasa, 10 September 2024. TEMPO/Martin Yogi Pardamean

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Visinema Pictures secara resmi merilis teaser poster dan trailer film Home Sweet Loan yang diadaptasi dari novel laris berjudul "Home Sweet Loan" karya Almira Bastari ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi serta teman berjuang bagi para penontonnya. Teaser trailer yang dirilis memberikan gambaran tentang perjuangan Kaluna yang diperankan Yunita Siregar, seorang pekerja keras yang bercita-cita memiliki rumah pribadi. 

Film ini seperti menangkap esensi dari kisah Kaluna seorang pejuang hidup yang berusaha keras untuk mencapai impiannya untuk membeli rumah, meskipun banyak rintangan yang harus dihadapi. Yunita Siregar mengatakan secara garis besar, film HSL berkisah tentang generasi sandwich dari sudut pandang seorang anak bungsu perempuan dari tiga bersaudara. Kaluna adalaha perempuan pekerja usia 30 tahun dengan pemasukan menengah atau di atas rata-rata UMR belum sampai dua giti. 

"Padahal dia sendiri dihadapkan dengan kondisi rumahnya yang enggak sehat gitu. Jadi di rumahnya itu dia tinggal sama kedua orang tua, bareng sama kakak-kakaknya dua orang—satu cewek, satu cowok tapi sama keluarganya juga sama keponakan-keponakannya. Bisa dibilang toksik karena semua masalah termasuk keuangan dilimpahkan ke Kaluna," ucap Yunita saat media visit ke kantor Tempo Media, Selasa, 10 September 2024. 

Sampai kemudian, lanjut Yunita, sosok Kaluna ingin sekali punya rumah sendiri karena tidak tahan dengan situasi di rumahnya. Kaluna ingin kehidupa yang lebih layak dari kakak-kakaknya.  "Dia pengen banget punya rumah sendiri tapi dengan gaji dia segitu. Terus mimpi pengen banget punya rumah KPR tapi ternyata keluarganya tetap harus dia yang jaga, dia yang harus tanggung bebannya—token dan segala macam. Jadi dia akan dilihat di film ini struggling-nya bagaimana dalam mewujudkan mimpi punya rumah sendiri," terang pemeran dalam film Mendung Tanpo Udan ini.

Perempuan kelahiran 19 Juni 1994 ini mengatakan jika sosok yang ia perankan ialah perempuan yang konsisten dengan mimpinya dan dia tahu seeprti apa mimpi yang ingin diwujudkan. "Salah satu hal yang bisa diambil dari Kaluna walaupun segitu banyaknya beban ia pilih enggak nyerah. Padahal kalau aku jadi dia sih, aku sudah nyerah loh, itu berat banget. Terus dia juga safe control-nya bagus banget, dia bisa tahu skala prioritas uangnya untuk apa saja," ucap Yunita. 

Yunita Siregar (kiri) dan Risty Tagor di Kantor Tempo, Jakarta, Selasa, 10 September 2024. TEMPO/Martin Yogi Pardamean

Kaluna rela menyisihkan sebagian besar penghasilannya untuk menabung demi mewujudkan impian tersebut. Ia bahkan melakukan survei ke berbagai lokasi untuk memastikan rumah impiannya bisa terwujud, ditemani oleh sahabat-sahabatnya, Danan, Miya dan Tanish.

Namun, seperti halnya kehidupan nyata, jalan menuju impian tidak selalu mulus. Dalam teaser trailer ini, terlihat bagaimana Kaluna harus menghadapi kesibukan sebagai pekerja kantoran. Kaluna hanya ingin menemukan tempat yang nyaman untuk pulang dan beristirahat, setelah menjalani kesibukannya. Ditemani ketiga sahabatnya, Danan, Tanish, dan Miya, Kaluna berusaha mengumpulkan uang dan mencari rumah impiannya. Apakah Kaluna mampu mewujudkan mimpinya ataukah ia harus menyerah pada tekanan realitas?

Film Home Sweet Loan menampilkan Kaluna bersama sahabatnya yaitu Danan, Miya dan Tanish dengan raut wajah kelelahan, lantaran menemani Kaluna untuk mencari rumah yang cocok dengan budget yang dimilikinya. 

Derby Romero turut membintangi film ini sebagai Danan, sahabat dan pendukung setia Kaluna. Selain itu, ada Risty Tagor yang berperan sebagai Tanish, Fita Anggriani sebagai Miya, Ayushita Nugraha sebagai Kamala, Ariyo Wahab sebagai Kanendra, dan Wafda Saifan sebagai Hansa. Film ini dijadwalkan tayang pada 26 September 2024 di seluruh jaringan bioskop di Indonesia. 

Pilihan Editor: Perawatan Kulit ala Yunita Siregar, Rutin Akupuntur dan Pakai Es Batu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."