Resep Ayam Panggang Asam Manis ala Restoran Cina yang Menggugah Selera

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ayam Panggang Asam Manis/Foto: Doc. Meredith Food Studio

Ayam Panggang Asam Manis/Foto: Doc. Meredith Food Studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ayam panggang asam manis ini gurih manis dan ayamnya menjadi sangat renyah. Kamu bisa menyajikan di atas nasi seperti di restoran Cina favorit Anda dengan waktu persiapan masak 20 menit dan memasak 30 menit sebanyak 4 porsi. 

Resep Ayam Panggang Manis

Bahan-bahan:

1/4 cangkir minyak zaitun
4 (6 ons) paha ayam tanpa tulang dan kulit, potong dadu 1 inci
1/4 sendok teh lada hitam yang baru digiling
1 3/4 sendok teh garam 
2 telur besar
1 cangkir tepung serbaguna
2 paprika besar warna-warni, diiris
1/2 cangkir saus tomat
1/4 cangkir jus nanas
1/4 cangkir madu
3 sendok makan kecap asin
1 sendok makan cuka beras
3 cangkir nasi putih matang

Cara Membuat:

Kumpulkan semua bahan. Panaskan oven hingga 475 derajat F (245 derajat C) dengan rak di posisi sepertiga atas dan bawah. Olesi masing-masing dari 2 loyang dengan 1 sendok makan minyak di sepanjang 1 sisi pendek; sisihkan.

Taburi ayam secara merata dengan merica dan 1 1/2 sendok teh garam, dan taruh dalam mangkuk. Tambahkan telur, dan aduk hingga merata. Taruh tepung dalam mangkuk dangkal atau loyang. Bekerjalah secara bertahap, lumuri ayam dengan tepung, dan singkirkan kelebihannya. Bagi ayam di antara loyang yang sudah disiapkan, sebarkan secara merata di sepanjang tepi pendek.

Potongan ayam yang dilapisi tepung di atas piring dan loyang. Bagi paprika di antara loyang, sebarkan secara merata di sepanjang tepi pendek lainnya. Taburi paprika secara merata dengan sisa 2 sendok makan minyak, dan aduk perlahan hingga merata. Potongan ayam dan paprika yang dilapisi tepung di atas dua loyang. 

Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya, putar loyang di tengah waktu, hingga ayam berwarna kecokelatan di beberapa titik, sekitar 15 menit. Keluarkan ayam dan paprika dari oven; gunakan spatula untuk membalik ayam dengan hati-hati saja. Masukkan kembali ke dalam oven, dan lanjutkan memanggang pada suhu 475 derajat F (245 derajat C) hingga ayam menjadi renyah dan termometer yang dimasukkan ke bagian ayam yang paling tebal menunjukkan suhu 165 derajat F (73 derajat C), sekitar 5 menit.

Saat ayam dipanggang, kocok saus tomat, jus nanas, madu, kecap asin, cuka beras, dan sisa 1/4 sendok teh garam dalam panci kecil. Didihkan dengan api sedang, aduk sesekali. Kecilkan api hingga mendidih perlahan dengan api sedang-rendah, dan masak, aduk terus, hingga campuran berkurang menjadi 3/4 cangkir dan melapisi bagian belakang sendok, sekitar 5 menit. 

Tuang 1/4 cangkir saus yang sudah disiapkan di atas ayam di atas loyang; aduk hingga merata. Bagi nasi, ayam, dan paprika secara merata di antara mangkuk. Siram secara merata dengan sisa 1/2 cangkir saus. Sajikan segera.

Pilihan Editor: Resep Dessert Favorit ala Blake Lively, Es Krim Pakai Cokelat Leleh

ALL RECIPES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."