Benarkah Mencampur Foundation dan Es Batu Bisa Kurangi Keringat di Wajah?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pengaplikasian foundation. Shutterstock

Ilustrasi pengaplikasian foundation. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perawatan kulit Anda, diikuti oleh primer, alas bedak atau foundation, concealer, dan bedak dapat menyempurnakan atau merusak penampilan Anda, termasuk rutinitas makeup seberapa kuat alas bedak tersebut. Meskipun Anda mungkin pernah mendengar tentang penggunaan es batu dengan spons kecantikan untuk aplikasi produk yang sempurna, mencampur alas bedak dengan es batu adalah tren yang lebih baru.

Dengan ratusan tips makeup beredar di internet, penggemar tata rias mungkin merasa tergoda untuk mengikuti tren terbaru. Kreator digital Nidhi Uttam baru-baru ini menunjukkan teknik ini dalam cuplikan Instagram, mencampur alas bedak dengan es batu dan mengaplikasikannya pada wajahnya untuk mencegah alas bedaknya meleleh dan mengurangi keringat di kulit wajah.

Meskipun sebagian besar setuju bahwa ini adalah tren yang sedang berlangsung, mereka mengungkapkan bahwa masyarakat India tidak begitu terbuka untuk bereksperimen dengan trik semacam itu karena trik tersebut tidak membuat riasan bertahan lama.

Apa kata para ahli? Sabrina Suhail, pendiri Tinge Cosmetics, menunjukkan bahwa keberhasilan metode ini bergantung pada formula foundation. 

"Jika alas bedak Anda berbahan dasar air, itu satu hal, tetapi jika berbahan dasar silikon atau minyak, kita tahu bahwa minyak tidak dapat bercampur dengan baik dengan air. Dengan demikian, produk tersebut rusak dan menggumpal, membentuk gumpalan kecil yang menolak untuk menyatu dengan kulit," katanya.

Ia menambahkan bahwa tujuan utama penggunaan foundation adalah untuk mendapatkan hasil akhir yang alami seperti kulit, dan trik ini justru akan menjauhkan Anda darinya. Cuaca panas ekstrem di India, dengan suhu mencapai 45°C, memperburuk masalah tersebut, dan menyebabkan riasan cepat luntur.

"Internet dibanjiri banyak kiat kecantikan, tetapi sebagai penata rias, saya harus mengatakan, terkadang rasanya semua orang mencoba mengikuti semuanya," kata Hitesh Dewett, pelatih tata rias HOB, Kylie Cosmetics. "Jangan salah paham, saya suka jalan pintas yang bagus, tetapi beberapa tren, seperti es batu dan alas bedak, bisa lebih merepotkan daripada bermanfaat," katanya.

Dewett mengatakan bahwa meskipun kiat es batu dapat mengencangkan pori-pori untuk sementara, kiat ini umumnya menghasilkan foundation encer yang tidak tahan lama. Ia juga membagikan alternatif—mencampur alas bedak dengan air. "Kiat 'air dengan alas bedak' ini menjanjikan hasil akhir yang lembap dan tahan lama, tetapi jujur ??saja, tidak ada cara ajaib untuk riasan anti-keringat," katanya.

Pilihan Editor:  Cara Mengaplikasikan Foundation dengan Spatula, Menurut MUA

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."