5 Manfaat Minum Air Kelapa saat Perut Kosong

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minum air kelapa setiap hari dapat menyehatkan tubuh berkat kandungan beragam gizi. Minuman elektrolit alami ini kaya antioksidan, dan mineral penting seperti kalium, kalsium, dan magnesium yang dapat menyegarkan dan meremajakan tubuh. Tak cuma itu, air kelapa dapat membantu menjaga kadar tekanan darah dan kolesterol tetap terkendali, juga direkomendasikan untuk orang yang pulih dari penyakit seperti demam berdarah.

Oiya, air kepala dapat dikonsumsi saat perut kosong, seperti sehabis bangun di pagi hari. Berikut manfaat minum air kelapa saat perut kosong.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Minum air kelapa telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian, air kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol dan membantu mencegah serangan jantung. Kandungan gizi ini mendukung fungsi kardiovaskular dan dapat berkontribusi pada jantung yang lebih sehat.

2. Mendukung kesehatan pencernaan

Minum air kelapa juga membantu pencernaan. Minuman ini kaya antioksidan, elektrolit, dan mangan, yang membantu menenangkan lapisan perut dan mengurangi ketidaknyamanan. Sifat alami air kelapa menenangkan sistem pencernaan dan meningkatkan pencernaan, menjadikannya obat yang bermanfaat untuk gangguan pencernaan.

3. Memberikan energi instan

Air kelapa adalah penguat energi alami. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan elektrolit yang tinggi, terutama kalium dan magnesium, memberikan dorongan energi instan. Air kelapa adalah salah satu pilihan yang baik untuk mengisi kembali tingkat energi setelah berolahraga atau selama periode kelelahan.

4. Membantu melarutkan batu ginjal

Air kelapa dapat membantu melarutkan batu ginjal dengan mengencerkan urine. Minuman sehat ini juga melarutkan bahan kimia seperti kalsium, kalium, dan asam urat, yang dapat berkontribusi pada pembentukan batu ginjal. Selain itu, ia meningkatkan aliran urine dan memiliki efek anti-penuaan pada kulit.

5. Menurunkan tekanan darah dan gula darah

Minum air kelapa membantu menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah. Menurut Harvard Health, air kelapa yang kaya kalium dan vitamin dapat membantu merilekskan pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko stroke. Ini juga bermanfaat untuk mempertahankan kadar gula darah yang sehat.

Pilihan Editor: 8 Manfaat Air Kelapa untuk Rambut

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."