6 Tips Mengumpulkan Dana Pensiun agar Masa Tua Sejahtera

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Untuk mempersiapkan dana pensiun, sudah saatnya melakukan riset instrumen investasi yang tepat. Berikut rekomendasi investasi untuk dana pensiun. Foto: Canva

Untuk mempersiapkan dana pensiun, sudah saatnya melakukan riset instrumen investasi yang tepat. Berikut rekomendasi investasi untuk dana pensiun. Foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang muda mendambakan hidup sejahtera dan berkecukupan setelah melewati masa produktif. Salah satu caranya dengan mengumpulkan dana pensiun. Hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Sahabat Cantika bisa saja memulainya hari ini, lho! Ada beberapa langkah yang bisa diikuti. Berikut beberapa tips mulai mengumpulkan dana pensiun.

1. Mulai dari yang kecil

Rencana tabungan dan pensiun harus didasarkan pada apa yang memenuhi kebutuhan. Untuk itu, walaupun memulai dari yang kecil, tentunya usaha ini masih sangat berharga.

2. Punya tujuan menabung

Kunci menabung untuk masa pensiun adalah konsisten. Hal ini harus menjadi kebiasaan seumur hidup yang berkelanjutan untuk membantu mengatur diri menjadi sukses. 

Cobalah untuk menyimpan setidaknya 10 persen dari penghasilan setiap tahun secara otomatis. Kesalahan umum dari investor adalah fokus pada apa yang akan diinvestasikan dibandingkan berapa banyak jumlahnya.

3. Pilih di mana ingin menyimpan dana pensiun

Langkah berikutnya adalah memutuskan di mana ingin menaruh tabungan pensiun. Contohnya, Anda bisa membuat rencana pensiun di tempat kerja ataupun membuat rekening pribadi untuk program pensiun.

4. Memahami risiko

Untuk yang baru mulai menabung, Anda perlu mempertimbangkan risiko investasi. Anda perlu realistis dan menghindari pasar yang paling berisiko.

5. Mempertimbangkan investasi saham lebih awal

Saham menawarkan peluang terbaik dalam jangka panjang untuk menumbuhkan uang. Jika Anda berusia 20-an atau 30-an, biasanya disarankan untuk menyimpan 80 persen atau lebih uang pensiun dalam bentuk saham.

6. Menabung lebih banyak

Anda perlu mempertahankan kebiasaan menabung. Dengan ini, maka Anda akan menemukan penghasilan meningkat dan usahakan menghemat lebih banyak. Saat nilai investasi tumbuh, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan investasi.

Bagian terpenting dalam mempersiapkan dana pensiun adalah memulai. Pastikan Anda terus belajar dalam setiap prosesnya dan buatlah kebiasaan untuk menabung setiap bulan, menempatkan uang dengan bijak, dan sabar.

Itu dia 6 tips mengumpulkan dana pensiun. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 5 Tips Beralih dari Karyawan Menjadi Pengusaha

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."