11 Tanda Green Flag dalam Hubungan: Mengekspresikan Emosi dan Komunikasi Konsisten

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi pasangan suami istri menari. Freepik.com

Ilustrasi pasangan suami istri menari. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hubungan antarmanusia merupakan bagian penting dari kesehatan mental dan fisik kita. Kita terprogram untuk terhubung dengan orang lain dan mencari orang-orang yang membuat kita merasa dicintai, dihargai, dan dipahami.

Dalam hubungan apa pun, mengetahui apa yang harus dilakukan jika perilaku beracun muncul akan membantu. Namun, sama pentingnya untuk memperhatikan tanda-tanda green flag dalam hubungan untuk membatasi kecemasan atau keraguan yang tidak perlu.

Tanda hijau bukan sekadar menjalani hari yang menyenangkan bersama atau menerima pujian. Ini adalah tanda-tanda yang memberi kita wawasan tentang kecocokan jangka panjang kita dengan seorang teman, rekan kerja, atau calon pasangan baru.

Namun, apa tanda hubungan green flag yang sebenarnya, dan bagaimana Anda mengetahui apa yang harus dicari dalam suatu hubungan? Berikut panduannya.

Tanda hijau menunjukkan karakter, keterbukaan, nilai-nilai seseorang, dan banyak lagi. Mengetahui beberapa tanda hijau yang paling umum memungkinkan Anda untuk lebih yakin bahwa Anda menuju ke arah yang benar dan mengambil langkah-langkah untuk memperkuat hubungan yang sedang berkembang.

Apa saja green flag dalam hubungan?

Tanda bahaya atau red flag biasanya muncul dalam bentuk sifat-sifat yang tidak baik seperti agresi atau narsisme dan perilaku manipulatif. Sebaliknya, tanda bahaya hijau menunjukkan perilaku yang sehat dan peluang untuk hubungan yang lebih dalam. Mari kita lihat 11 indikator positif dari hubungan yang baik.

1. Anda dapat mengekspresikan dan mendiskusikan emosi

Pasangan yang merasa nyaman membicarakan emosi mereka adalah tanda green flag yang utama. Meskipun ketidaknyamanan jangka pendek, melakukan percakapan yang sulit dengan kebaikan dan kejujuran akan memperkuat hubungan Anda.

Menjadi rentan biasanya menunjukkan bahwa seseorang bersedia memperdalam hubungan Anda. Hal ini juga dapat menunjukkan bahwa Anda menciptakan ruang yang membuat mereka merasa aman untuk berbagi — yang juga merupakan tanda bahaya.

2. Anda dapat melakukan percakapan yang sulit tentang hubungan tersebut

Selain sekadar mengkomunikasikan perasaan Anda, hubungan yang kuat bergantung pada kemampuan untuk mendiskusikan hubungan tersebut. Setiap orang membuat kesalahan dan memiliki perbedaan pendapat.

Perbedaan antara hubungan yang sehat dan tidak sehat adalah seberapa terbuka kedua belah pihak merasa melakukan percakapan yang tidak nyaman. Keterbukaan ini memfasilitasi empati dan memungkinkan kedua belah pihak menciptakan solusi yang pada akhirnya memperkuat hubungan.

Alternatifnya adalah menekan emosi dan membiarkannya mendidih, yang dapat meningkatkan perasaan marah dan mengobarkan api konflik.

3. Mereka tidak takut untuk meminta maaf

Meminta maaf itu sulit. Namun, meminta maaf adalah alat komunikasi yang penting. Perhatikan bagaimana pasangan baru Anda meminta maaf. Apakah mereka mengalihkan atau mengakui kesalahan mereka? Dapatkah mereka menerima kritik yang membangun tentang perilaku mereka?

Ketika seorang pasangan mengabaikan kesalahan dan menolak untuk bertanggung jawab, itu menunjukkan ego mereka lebih penting daripada orang yang mereka sakiti.

Seseorang yang menyangkal tindakan mereka dan mengendalikan narasi bisa menjadi tanda-tanda vampir emosional. Berikut ini beberapa contoh permintaan maaf palsu yang mungkin digunakan seseorang untuk mengalihkan kesalahan:

  • Saya minta maaf karena kamu merasa kesal dengan apa yang terjadi.
  • Saya tidak bermaksud membuat kamu merasa buruk.
  • Saya mencoba untuk membuat keluarga saya terkesan. Itu sebabnya saya mengatakan apa yang saya katakan.

Ketika seorang pasangan merenungkan dan bertanggung jawab atas tindakan mereka, hal itu menunjukkan rasa saling menghormati dan menghargai kenyamanan, keamanan, dan rasa aman Anda. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Saya menyesal karena tidak memikirkan tindakan saya terlebih dahulu.
  • Saya berharap saya mempertimbangkan perasaanmu sebelum melakukan apa yang saya lakukan.
  • Saya menyadari bahwa saya telah menyakitimu dan berharap saya dapat menariknya kembali.
  • Saya menyadari bahwa kata-kata saya menyakiti perasaanmu. Itu bukan niat saya, dan saya sangat menyesal.

4. Mereka adalah tempat aman Anda

Penerimaan diri berarti merasa berdaya untuk melangkah ke jati diri Anda yang sebenarnya. Ketika kita membangun penerimaan diri, hal itu membebaskan kita dari ketergantungan pada sumber eksternal untuk menemukan jati diri kita.

Berada bersama orang-orang yang paling penting bagi Anda seharusnya membuat Anda merasa damai. Tidak perlu menghabiskan waktu dengan orang-orang yang membuat Anda merasa tidak bisa menjadi diri Anda yang sebenarnya. Penerimaan dari teman yang baik akan mendorong dan memberdayakan Anda untuk mengekspresikan diri tanpa takut diejek atau dihakimi.

5. Mereka memvalidasi emosi Anda

Seseorang yang terus-menerus meremehkan emosi Anda dapat memperburuk kelelahan emosional. Meskipun Anda tidak boleh bergantung pada teman dan keluarga untuk menjadi sumber validasi utama Anda, menemukan orang-orang yang memahami dan menghargai emosi Anda sangatlah penting.

Berikut adalah beberapa cara orang-orang terkasih Anda dapat memvalidasi emosi Anda:

Mendengarkan

Mereka mendengarkan apa yang Anda katakan dan menunjukkannya dengan kontak mata, isyarat verbal, sentuhan, dan mengarahkan tubuh mereka ke arah Anda saat Anda berbicara. Mungkin mereka menghentikan apa yang sedang mereka lakukan dan memberi Anda perhatian penuh.

Memberikan energi

Mereka menyesuaikan tingkat energi Anda. Saat Anda sedih, mereka bersimpati. Saat Anda gembira, mereka senang untuk Anda. Jika Anda merasa kewalahan dan butuh beberapa menit untuk duduk dengan tenang, mereka harus menawarkan itu kepada Anda.

Menganggap normal

Mereka tidak menantang perasaan Anda — mereka menerimanya dan meyakinkan Anda bahwa itu normal. Respons yang tepat terhadap perasaan Anda memberi tahu Anda bahwa reaksi Anda masuk akal dan valid.

6. Hargai batasan Anda

Batasan pribadi merupakan bagian integral dari kesejahteraan fisik dan mental kita. Dalam hubungan apa pun, penting untuk memberi tahu orang lain apa yang Anda setujui dan tidak setujui. Batasan-batasan ini mungkin mencakup hal-hal berikut:

  • Batasan fisik
  • Batasan seksual
  • Batasan emosional
  • Batasan ekonomi
  • Batasan intelektual

Saat kita menetapkan batasan pribadi, kita sedang membangun perisai untuk melindungi kesehatan mental, ruang pribadi, serta rasa aman dan terlindungi.

Menetapkan batasan tidak selalu mudah, tetapi batasan yang sehat menciptakan hubungan yang sehat berdasarkan rasa saling menghormati. Batasan memberi tahu kita apa yang diharapkan dalam suatu hubungan dan mengajari kita cara menghargai ruang pribadi dan zona nyaman satu sama lain.

7. Mereka merasa nyaman membicarakan masa depan

Seseorang yang tertarik membuat rencana masa depan melihat Anda dalam hidup mereka untuk jangka panjang. Menghargai hubungan Anda dan mengungkapkan keinginan agar hubungan itu bertahan lama adalah tanda bahaya.

Jika seseorang bersikap ragu saat Anda bertanya tentang rencana masa depan, itu mungkin berarti mereka tidak menghargai Anda atau tidak berencana untuk bertahan.

8. Memiliki nilai-nilai yang sama

Tanda yang menjanjikan dari kecocokan jangka panjang adalah jika Anda memiliki nilai-nilai yang sama dengan teman, keluarga, dan pasangan Anda. Di awal hubungan apa pun, perhatikan apakah prioritas Anda selaras dengan prioritas satu sama lain.

Anda tidak harus memiliki prioritas yang sama, tetapi Anda harus berbagi pandangan dunia dasar yang memperkuat rasa saling pengertian. Beberapa nilai umum yang perlu dicari adalah:

  • Apakah mereka baik dan murah hati kepada orang lain?
  • Apakah mereka jujur? Apakah mereka memberi Anda rasa percaya?
  • Apa ambisi dan tujuan mereka untuk masa depan?
  • Apakah mereka memiliki hubungan yang kuat dengan agama atau spiritualitas?
  • Apakah politik penting bagi mereka?
  • Apakah mereka menghargai persahabatan atau ikatan keluarga?

Saat Anda saling mengenal, lakukan percakapan untuk mendapatkan wawasan tentang sistem nilai, pandangan dunia, dan masa depan orang ini yang mereka lihat sendiri. Apakah sifat-sifat ini sejalan dengan Anda? Apakah Anda memiliki perbedaan mendasar yang tidak dapat Anda atasi?

9. Mereka membuat Anda ingin menjadi diri Anda yang terbaik

Kita semua memiliki ruang untuk tumbuh dan belajar. Seorang teman yang baik akan mendorong Anda untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda dan menantang Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Ketika hidup terasa sulit, mereka membantu Anda fokus dan terus melangkah maju. Dan penting bagi Anda untuk merasa termotivasi untuk melakukan hal yang sama bagi mereka.

10. Ada komunikasi yang konsisten

Dalam hubungan pribadi apa pun, keterampilan komunikasi adalah landasannya. Apakah Anda dan orang-orang terkasih saling menanyakan tentang hubungan dan perasaan Anda? Apakah Anda bersedia membahas masalah yang muncul?

Ingatlah bahwa komunikasi yang baik tidak harus konstan. Berkirim pesan bolak-balik sepanjang hari tidak menunjukkan adanya kontak yang berarti.

Anda mungkin hanya berbicara dengan beberapa teman setiap beberapa minggu, tetapi kesediaan Anda untuk melakukan percakapan yang terbuka dan konstruktif menunjukkan tingkat rasa hormat yang berarti hubungan tersebut akan bertahan lama.

11. Mereka memperhatikan detail-detail kecil

Perilaku murah hati, rasa terima kasih, dan pujian setiap hari lebih penting bagi kebanyakan orang daripada isyarat cinta yang besar. Isyarat-isyarat sehari-hari dari orang-orang yang kita sayangi tidak hanya membuat kita merasa senang.

Tindakan-tindakan kecil yang membuat kita merasa lebih dicintai terhubung dengan kesehatan mental yang lebih kuat, perasaan yang lebih bermakna, dan pandangan hidup yang lebih baik.

Pilihan Editor: 5 Fakta Menarik Emily in Paris Season 4, Serial Terbaru tentang Cinta dan Karier

BETTER UP

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."