8 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita mengatur alokasi keuangan. Freepik.com/marymarkevich

Ilustrasi wanita mengatur alokasi keuangan. Freepik.com/marymarkevich

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tujuan keuangan dalam rumah tangga dapat dicapai dengan mengatur keuangan. Hal ini merupakan langkah penting karena dapat membantu stabilitas keuangan rumah tangga. Mengatur keuangan juga berfungsi agar pengeluaran rumah tangga masih on track dan tidak kebablasan.

Mengatur keuangan rumah tangga membutuhkan kerjasama antar semua anggota dalam rumah tangga. Lalu bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang efektif? 

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan rumah tangga terkesan simple, namun sebenarnya bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak hal yang mempengaruhi keuangan rumah tangga, dari pengeluaran rutin rumah tangga hingga yang bersifat keinginan. 

Apabila tidak dikelola dengan baik, akan dapat berdampak pada keharmonisan rumah tangga. Berikut beberapa tips mengatur keuangan rumah tangga yang dapat Anda praktikkan, dikutip dari website Bank Mega Syariah.

1. Hitung Semua Pendapatan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menghitung seluruh pendapatan dalam keluarga. Pendapatan yang dihitung tidak hanya gaji, namun juga insentif atau bonus yang diterima dalam sebulan agar semua terdata dengan baik.

Hal ini membutuhkan kejujuran dan keterbukaan antar pasangan. Selain memperlancar komunikasi, keterbukaan terkait finansial ini membuat pasangan saling mengerti kondisi keuangan masing-masing dan dapat merencanakan serta mengatur keuangan rumah tangga bersama.

2. Kenali Kebutuhan dan Keinginan

Setelah menghitung seluruh pendapatan per bulan, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menentukan kebutuhan dan keinginan keluarga. Namun sebelumnya, tentu harus dikenali dan dipahami terlebih dahulu perbedaan antara keduanya.

Kebutuhan merupakan hal-hal yang bersifat wajib untuk dipenuhi, seperti makanan, tempat tinggal, kesehatan, pakaian, dan juga pendidikan jika telah memiliki anak. 

Sedangkan keinginan merupakan hal-hal yang sifatnya tambahan dan tidak mendesak. Contoh dari keinginan adalah membeli gadget terbaru atau liburan.

3. Tentukan Prioritas Keuangan

Selanjutnya adalah menentukan prioritas keuangan setiap bulannya. Membuat daftar prioritas dapat membantu untuk mengatur alokasi dana keuangan setiap bulannya.

Sebagai contoh, kebutuhan pokok yang harus dipenuhi seperti membeli bahan makanan, membayar tagihan listrik, air, dan transportasi berada pada prioritas utama. 

Lalu keinginan yang sifatnya tidak mendesak berada pada urutan prioritas yang lebih bawah.

Dengan membuat daftar prioritas, alokasi dana akan disalurkan pada daftar teratas dahulu. Selain itu, memiliki daftar prioritas juga dapat membantu Anda dalam menyesuaikan keinginan dengan kondisi keuangan.

4. Buat Daftar Pengeluaran Bulanan

Setelah mengetahui kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam sebulan, maka Anda dapat membuat daftar pengeluaran rutin bulanan. 

Hal ini dapat membantu Anda untuk membuat alokasi budget, berapa yang perlu dikeluarkan untuk kebutuhan bulanan, berapa yang dapat ditabung dan diinvestasikan.

5. Komunikasi dengan Keluarga

Komunikasi terkait keuangan dengan keluarga merupakan hal yang penting. Selain agar keputusan keuangan dapat diputuskan secara bersama, tujuan keuangan keluarga pun dapat direncanakan bersama.

6. Persiapkan Tabungan, Investasi, dan Dana Darurat

Setelah menentukan pengeluaran rutin per bulan, selanjutnya adalah membuat alokasi untuk tabungan, investasi, dan dana darurat. 

Ketiga hal ini perlu dipersiapkan untuk menjaga stabilitas keuangan keluarga dan juga untuk mewujudkan tujuan keuangan keluarga.

7. Kelola Utang dengan Bijak

Mengelola utang merupakan hal yang penting dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. 

Apabila harus berhutang, usahakan agar rasio utang tetap terjaga tidak lebih dari 30 persen dari pemasukan Anda. Sebaiknya mengambil utang produktif misalnya laptop untuk dipakai kerja.

8. Evaluasi Secara Berkala

Setelah melakukan hal-hal di atas, Anda dapat melakukan evaluasi secara berkala. Sesuaikan anggaran keuangan keluarga dengan kebutuhan dan kondisi keuangan saat itu.

Itu dia beberapa tips mengatur keuangan rumah tangga yang efektif yang dapat Sahabat Cantika terapkan. Bagaimana pun kondisi finansial rumah tangga Anda, pastikan selalu mengelolanya dengan lebih cermat.

Pilihan Editor: Ketahui Cara Membuat Rekening Bank untuk Anak di Bawah Umur

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."