10 Rekomendasi Permandian Air Panas di Bandung, Cocok Buat Relaksasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Warga menikmati pemandian air panas di Sari Ater Resort, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu, 25 November 2020. Pemerintah Jawa Barat bersama PTPN VIII akan mengembangkan proyek kawasan Ciater Agrotourism sebagai bagian proyek investasi pendukung kawasan Rebana di Jawa Barat yang mengandalkan potensi ekowisata seperti hamparan kebun teh, pemandian air panas, paralayang dan wisata air terjun. ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Warga menikmati pemandian air panas di Sari Ater Resort, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu, 25 November 2020. Pemerintah Jawa Barat bersama PTPN VIII akan mengembangkan proyek kawasan Ciater Agrotourism sebagai bagian proyek investasi pendukung kawasan Rebana di Jawa Barat yang mengandalkan potensi ekowisata seperti hamparan kebun teh, pemandian air panas, paralayang dan wisata air terjun. ANTARA FOTO/Novrian Arbi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kota Bandung terkenal dengan kulinernya yang lezat. Destinasi di Jawa Barat ini juga memiliki banyak tempat wisata menarik, salah satunya adalah pemandian air panas.

Hot spring water di Bandung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meredakan stres, melancarkan peredaran darah, dan menyembuhkan penyakit kulit. Berikut adalah 10 rekomendasi pemandian air panas Bandung yang cocok untuk relaksasi:

1. Pemandian Air Panas Ciater

Ciater adalah salah satu destinasi paling populer di Bandung. Terletak di daerah Subang, sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bandung, pemandian ini menawarkan kolam-kolam air panas alami yang bisa membantu menghilangkan lelah dan meredakan ketegangan otot.

Mengapa air di Ciater panas? Karena berasal dari sumber alamiah yang kaya akan mineral. Air ini dipanaskan oleh aktivitas geotermal di bawah tanah. Itulah sebabnya air di Ciater memiliki suhu yang cukup tinggi dan kaya akan mineral-mineral yang baik untuk kesehatan.

2. Maribaya Hot Spring Resort

Maribaya Natural Hot Spring Resort. Foto: Instagram.

Pemandian Maribaya adalah destinasi lain yang harus Anda pertimbangkan. Terletak di daerah Lembang, pemandian ini menawarkan suasana tenang dan pemandangan alam nan indah.

Air di Maribaya berasal dari Gunung Tangkuban Perahu dan memiliki suhu sekitar 20-40 derajat Celcius. Selain berendam, Anda juga dapat menikmati jembatan gantung yang menghadirkan pemandangan pegunungan. Maribaya adalah salah satu tempat terbaik untuk bersantai dan menikmati alam Bandung. 

3. Gracia Hot Spring

Terletak di kawasan Lembang, Bandung, dan menawarkan kolam-kolam air panas yang nyaman dan bersih. Sumbernya berasal dari gunung Tangkuban Perahu.

Tempat ini populer di kalangan keluarga yang ingin bersantai bersama. Anda dapat merasakan kesejukan air pegunungan sambil menikmati fasilitas yang tersedia. 

4. Curug Cipanas Nagrak

Gunung Tangkuban Perahu mengalirkan air panas ke berbagai sumber, salah satunya adalah Curug Cipanas Nagrak. Terletak di Desa Cihideung, Parongpong, di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Namun, perlu diingat, karena kandungannya yang tinggi belerang, pengunjung disarankan untuk berendam selama maksimal 30 menit untuk menjaga kesehatan Anda.

5. Pemandian Cibolang

Berada di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Pemandian ini memiliki tempat berendam yaitu kolam alami dan dikelilingi oleh hutan pinus.

Wisata Pangalengan satu ini berada di ketinggian sekitar 1.000mdpl dan pastinya membuat suasananya sangat sejuk, dan wajib Anda kunjungi jika mampir ke Pangalengan!

6. Kawah Kamojang

Pengunjung menikmati sensasi mandi sauna dari uap Kawah Hujan, Kamojang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 5 Juli 2015. TEMPO/Aditya Herlambang Putra

Kawasan wisata ini adalah surganya para pencinta alam dan petualangan. Terletak di Garut, tempat ini menawarkan pengalaman luar biasa di Kolam Renang Kawah Kamojang.

Ada 2 jenis kolam air panas yang menanti untuk memberikan Anda relaksasi tiada tara. Sambil berendam, Anda akan merasa dikelilingi oleh hutan hijau dan terpesona oleh aliran deras sumber air.

7. Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di daerah Ciwidey, sekitar 50 kilometer dari pusat kota Bandung. Kampung ini terkenal karena menggabungkan keindahan alam dengan kenyamanan kolam air panas alami ditambah dengan pemandangan pohon pinus.

Berasal dari mata air geothermal di daerah tersebut, tempat ini sangat cocok untuk bersantai dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau teman-teman.

8. Emte Highland Resort

Emte Highland Resort, area penginapan yang terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung dan memiliki banyak sarana rekreasi. Salah satunya adalah kolam air hangat yang berasal dari mata air pegunungan.

Air panas di Emte Highland Resort berasal dari Gunung Patuha. Anda dapat berendam sembari menikmati indahnya Kawah Putih lho!

9. Pemandian Air Panas Ciwalini

Merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan pengalaman relaksasi melalui berendam di air panas alami. Tempat ini terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung, dan berada di ketinggian 1.550mdpl. Ciwalini dikenal karena kolam-kolamnya berlokasi ditengah perkebunan teh Rancabali.

10. Sari Ater Hot Spring Resort

Sari Ater Hot Spring Water. Subang.go.id

Terletak di pegunungan Subang, dekat Gunung Tangkuban Perahu. Bersumber dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu, dan terletak tidak jauh dari berbagai objek wisata. Dengan berbagai kolam air panas dan fasilitas lainnya, Sari Ater adalah tempat sempurna untuk melepaskan lelah dan menghilangkan stres.

Pilihan Editor: Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Semarang, Lawang Sewu hingga Kampung Pelangi

MAGDALENA NATASYA | DINI DIAH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."