5 Cara Memperkuat Ikatan Emosional dalam Hubungan Asmara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Giorgio Trovato

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam hubungan asmara, Anda dan pasangan saling mendukung secara emosional, dan itu bukan hal yang buruk. Setelah mengalami hari yang baik atau buruk, kita membutuhkan seseorang untuk berbagi pengalaman, seseorang yang akan mendengarkan kita dengan seksama, memahami situasi kita, dan menawarkan kepada kita nasihat yang tepat. Seiring waktu, kadang ikatan emosional mengendur karena rutinitas.

Jika hal itu yang sedang dialami, berikut sederet cara sederhana untuk memperkuat ikatan emosional dalam hubungan asmara.

1. Buat batasan

Penting untuk menetapkan batasan dalam suatu hubungan sehingga Anda dan pasangan menghormati ruang pribadi masing-masing. Tidak ideal untuk saling membombardir dengan teks dan panggilan konstan dan mengharapkan mereka segera membalas. Rasa hormat, terima kasih, dan kejujuran penting dalam suatu hubungan.

2. Komunikasi jelas dan terbuka

Komunikasi yang jelas dalam suatu hubungan dapat menyelesaikan banyak keraguan dan meringankan rasa tidak aman. Komunikasi adalah kunci untuk hubungan yang sehat.

3. Tetapkan prioritas

Hubungan bukan seluruh pusat hidup Anda. Anda harus memiliki tujuan dan prestasi pribadi yang penting bagi Anda. Hanya mengandalkan hubungan Anda menyebabkan masalah; Sebaliknya, atur prioritas Anda dan bekerja ke arah sana secara bersamaan. Melakukan hal itu juga akan memberi Anda rasa hormat dari pasangan Anda.

4. Menjadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri sangat penting dalam hubungan apa pun termasuk asmara. Anda harus jelas tentang apa yang Anda inginkan dan bagaimana pengaruhnya terhadap Anda dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Fokus berlebihan pada pasangan Anda bisa merugikan kesehatan emosional Anda.

5. Jangan memiliki harapan yang tidak realistis

Memiliki harapan dalam suatu hubungan adalah alami, tetapi menetapkan harapan yang tidak realistis hanya akan menyebabkan kekecewaan. Jaga agar harapan Anda tetap realistis untuk menghindari terluka, juga memperkuat ikatan emosional dalam hubungan.

Pilihan Editor: 4 Tanda Bullying Emosional dalam Hubungan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."