Mengenal Ravena Wulandari, Satu-satunya Finalis Berhijab di Miss Universe Indonesia 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Raveena Wulandari, finalis Miss Universe Indonesia 2024. Foto: missuniverseindonesia.id

Raveena Wulandari, finalis Miss Universe Indonesia 2024. Foto: missuniverseindonesia.id

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ravena Wulandari merupakan satu-satunya finalis berhijab di Miss Universe Indonesia 2024. Perempuan asal Aceh itu mengaku bangga menjadi satu-satunya peserta berhijab yang bisa melaju ke final perebutan mahkota Miss Universe Indonesia pada September 2024.

Perempuan 23 tahun itu berhasil masuk kelompok 30 besar dalam audisi langsung yang dilakukan oleh para juri di Jakarta, dan kemudian terpilih menjadi satu dari 16 peserta yang masuk ke babak final Miss Universe Indonesia 2024.

Dia mengaku menghadapi beberapa tantangan selama mengikuti kontes Miss Universe Indonesia 2024, termasuk urusan mempersiapkan busana untuk audisi.

"Dan juga persiapan lainnya untuk meningkatkan kepercayaan diri, (seperti) melatih public speaking dan juga olahraga untuk meningkatkan kepercayaan diri serta penampilan," katanya.

Menghadapi malam final, Ravena mengaku optimis karena memiliki keunikan tersendiri. "Kita bisa menunjukkan kelebihan kita melalui keunikan kita, hijab kita. Dan pastinya kita harus menjaga nama baik, agama kita juga," katanya.

Lantas, siapa sebenarnya Ravena Wulandari? Berikut profil singkatnya.

Dikutip dari situs missuniverseindonesia.id, Ravena berprofesi sebagai model dan penata rias atau makeup artist. Dia juga pernah menjadi duta wisata.

Ravena memiliki minat yang tinggi terhadap peningkatan pariwisata lokal termasuk kampung halamannya. Pengalaman dia menjadi duta wisata Agam Inong Aceh 2022 semakin memperkuat komitmen dia menonjolkan keunikan Indonesia di mata dunia lewat pariwisata, UMKM, dan bisnis lokal.

Dia meyakini industri pariwisata tidak hanya berdampak pada perekonomian dan terciptanya lapangan pekerjaan, tapi juga pemberdayaan perempuan. Dia juga selalu ikut serta dalam aktivitas pelestarian lingkungan yang berhubungan dengan advokasi pariwisata, termasuk penanaman mangrove dan Indonesia Coastal Clean Up.

Perubahan Kriteria Peserta Miss Universe Indonesia 2024

Sesuai dengan aturan baru Miss Universe Global yang diterapkan mulai tahun ini, Komite Miss Universe Indonesia 2024 melakukan perubahan kriteria peserta. Perubahan kriteria peserta itu memungkinkan perempuan yang sudah menikah, memiliki anak, dan memakai jilbab mengikuti kontes Miss Universe Indonesia.

"Konsepnya diversity, kita ingin memberikan kesempatan kepada perempuan, siapa pun itu dengan status apa pun untuk ikuti ini, karena ini bukan hanya sekadar kontes atau ajang kecantikan saja," kata Teuku Jordan Zacky selaku Direktur Nasional Miss Universe Indonesia 2024.

"Ada beberapa yang memang mendaftar dan berhijab, cuma kan kita juga melihat dari semua aspek, dari profilnya, dari sosial medianya, dan lain-lain," katanya.

Pilihan Editor: 5 Fakta Pemilihan Miss Universe Indonesia, Perdana Digelar Tahun Ini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."