Makna Perempuan Mandiri dan Berdaya bagi Paula Verhoeven dan 4 Artis Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Paula Verhoeven/Foto: Instagram/Paula Verhoeven

Paula Verhoeven/Foto: Instagram/Paula Verhoeven

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesetaraan gender melahirkan para perempuan mandiri dan berdaya, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Begitu pula yang dirasakan oleh sederet selebritis ini. Antara lain apa yang disampaikan aktris dan model, Paula Verhoeven jika perempuan yang mandiri ialah sosok perempuan aktif dan berdaya. 

Begitu pula dengan Citra Kirana yang mengatakan sebagai perempuan kita harus berdiri sendiri, bisa bermanfaat untuk orang lain dan tidak merepotkan orang lain. Senada dengan Citra, Shireen Sungkar mengatakan sebagai perempuan paham kapasitas dirinya, punya minat di bidang tertentu maka dikejar. "Bukan berarti perempuan tidak boleh kerja, saya seorang ibu yang punya prioritas keluarga, tapi saya tetap belajar dan bekerja," ucapnya. 

Menurut Gritte Agatha, menjadi mandiri bukan berarti tidak butuh laki-laki dan tidak melalui terkait soal keuangan, tetapi salah satunya mengambil keputusan sendiri tanpa bergantung sama orang lain. "Perempuan yang  bisa berdampak dengan orang lain dan meyakinkan pada mereka bahwa semua perempuan berharga," ucap Gritte Agatha melalui kanal YouTube Ana Sofa Yuking.

Tidak bergantung pada orang lain menjadi kunci mandiri bagi penyanyi, Shanna Shanon. Sejak kecil ia diajarkan orang tua tidak boleh bergantung dengan orang lain. "Mereka selamanya tidak selalu sama aku jadi harus bisa mandiri ke depannya. Bagi aku mandiri dan berdaya ketika kita sebagai perempuan bisa menggali dan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita, sehingga bisa berguna untuk diri sendiri dan orang lain," ucap Shanna. 

Perempuan mandiri erat kaitannya dengan kemerdekaan finansial atau financial freedom, menurut Citra salah satu tolok ukur kemerdekaan finasial menurut Citra Kirana ialah segala aset yang kita punya bisa bermanfaat tanpa harus bekerja. "Menurut aku tabungan enggak perlu banyak tetapi diputar dalam bentu lain seperti buka usaha dan investasi ke beberapa production house, menurut aku itu lebih menghasilkan banyak daripada menabung," ucap ibu satu anak ini. 

Sementara bagi Shireen, financial freedom artinya sudah punya penghasilan tetap sendiri tanpa membutuhkan hal lain untuk menyokong hidup mereka. "Antara lain punya investasi dan tabungan untuk masa depan. Mudahnya persoalan finansial bukan lagi sebagai momok karena sudah aman," ucap istri Teuku Wisnu ini. 

Shanan mengatakan merdeka secara finansial bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri, tidak bergantung orang tua. "Pun ketika saya diizinkan menikah saya juga tidak tergantung dengan suami. Tetap ingin memiliki value sesuai dengan potensi," imbuhnya.  Shanan menggaris bawahi jika mencari uang harus kreatif, peluang yang ada dilakukan termasuk bisnis florist yang ia bangun. 

Paula Verhoeven juga mengupakan kemerdekaan finansial dengan menabung dan berinvestasi. "Karena aku sudah punya anak, aku pikirkan tabungan dan asuransi pendidikan untuk mereka dan membangun bisnis yang bermanfaat baik bagi aku dan juga orang banyak. Paling mudah investasi yang aku lakukan seperti emas padahal aku enggak kepikiran," ucap ibu dua anak ini. 

Pilihan Editor: Paula Verhoeven Menjadi Muse Koleksi Raya Zaskia Sungkar, Terinspirasi Arsitektur Turki

YOUTUBE ANA SOFA YUKING 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."