Daftar Penyanyi Solo Perempuan Peraih AMI Awards, Rita Effendy hingga Yura Yunita

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Yura Yunita/Foto: Instagram/Yura Yunita

Yura Yunita/Foto: Instagram/Yura Yunita

IKLAN

9. Fatin 

Fatin Shidqia Lubis/Foto: Instagram/Fatin

Fatin Shidqia Lubis atau yang lebih dikenal dengan Fatin Shidqia atau Fatin adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan juara ajang pencarian bakat X Factor Indonesia musim pertama. Setelah menjuarai ajang tersebut, Fatin mengeluarkan debut single "Aku Memilih Setia" yang langsung menempati posisi 1 di chart iTunes Indonesia

Fatin mengikuti audisi musim pertama dari X Factor Indonesia dengan membawakan lagu Bruno Mars yang berjudul "Grenade". Di tahap tersebut Fatin menyanyikan lagu "Rindu" bersama teman grupnya yakni Mersya Veronica (19), Alifia Yeri (22), Yemima Novalia (19), dan Bella (19). Saat menyanyikan lagu Agnes Monica itu, Fatin sempat salah lirik. Hal ini karena ia merasa gugup.

Babak selanjutnya, yakni Bootcamp 2 (Dance Challenge) yang menguji peserta X Factor harus menari bersama-sama. Sayangnya Fatin dinyatakan tidak lolos pada Dance Challenge ini sehingga juri memberikan Mini Challenge yaitu menyanyi secara acapela (tanpa iringan musik), pada waktu itu Fatin menyanyikan lagu "Paris Oh La La". Dia akhirnya dinyatakan lolos yang membawanya untuk tampil ke babak selanjutnya yakni Bootcamp 3.

Pada tahap Bootcamp 3 ini, Fatin membawakan lagu Foster The People yang berjudul "Pumped Up Kick". Meskipun sempat lupa lirik, namun Fatin tetap mendapatkan pujian, hal ini karena suaranya yang benar-benar khas.

Fatin pun lanjut ke babak selanjutnya yakni Judges Home Visit. Di hadapan juri Rossa dan Maia, ia melantunkan lagu "Cinta Kan Membawamu Kembali" karya Dewa 19. Sayang lagu ini tidak pas dengan karakter Fatin sehingga wajar jika Maia mengatakan bahwa Fatin tidak menyanyikan lagu ini dengan indah. Namun Rossa masih percaya dengan kemampuan karakter vokal Fatin. Ia pun meloloskannya hingga akhirnya ia melanjutkan ke babak berikutnya yakni Showcase, Fatin tampil dengan ke-12 kontestan lainnya secara langsung di hadapan 4 juri (Ahmad Dhani, Rossa, Anggun, dan Bebi Romeo) dan ribuan penonton. Fatin saat itu menyanyikan lagu dari Rihanna yang berjudul "Diamond".

Fatin pun melanjutkan ke tahap Gala Show pertamanya. Ia melantunkan lagu dari Adele, "Rumour Has It". Kemudian Fatin lolos dan melangkah ke babak selanjutnya yakni Gala Show 2 yang bertemakan "Song from mentor" di saat menyanyikan lagu "Pudar". Ia mulai beradaptasi menyanyi dengan menari bersama penari lainnya. Fatin dinyatakan lolos dan berhak lanjut ke babak berikutnya.

Babak ini (Gala Show 3) bertemakan "My Favourite Song". Fatin menyanyikan lagu "Girl On Fire" asal penyanyi Alicia Keys sambil menge-rap. Di sini karakter serak Fatin muncul. Ia dinyatakan lolos. Pada Gala Show selanjutnya, Fatin tampil nge-Rock dengan menyanyikan lagu "Don't Speak", dia pun lolos ke Gala Show 5. Pada Gala Show 5 ini, Fatin menyanyikan lagu slow dari Maudy Ayunda yang berjudul "Perahu Kertas". 

Fatin melangkah ke babak selanjutnya, Gala Show 6 yang mengambil tema "My Inspiration Song". Fatin memilih lagu Bruno Mars yang berjudul It Will Rain. Ia lolos dan berhak melanjutkan ke Gala Show 7, ia membawakan lagu Duffy yang berjudul "Mercy". Di sini Fatin mulai bernyanyi sambil berinteraksi dengan penonton. Fatin juga disebut finalis yang sering lupa, sudah banyak waktu Gala Show dia lupa lirik.

Perempuan kelahiran 30 Juli 1996 ini lanjut hingga Grand Final dan menyanyikan "Katakan Tidak" dengan Afgansyah Reza, "Stay", dan lagu kemenangannya "Aku Memilih Setia" yang langsung menjadi Top Songs di Chart iTunes Indonesia. Pada 25 Mei 2013, Fatin dinyatakan sebagai pemenang X Factor Indonesia musim pertama. 

10. Andien

Andien/Foto: Instagram/Andien

Andini Aisyah Haryadi lebih dikenal dengan mononim Andien, adalah seorang penyanyi-penulis lagu, aktris, dan model Indonesia. Ia merupakan salah satu dari lima anggota grup vokal wanita Indonesia, 5 Wanita bersama Iga Mawarni, Nina Tamam, Rieka Roeslan dan Yuni Shara.

Andien adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Andien belajar bernyanyi sejak berusia tiga tahun. Saat duduk di bangku kelas 3 SD, Andien mulai mengikuti berbagai festival di lingkup tempat tinggalnya yang terletak di Cilandak, Jakarta Selatan. Menginjak kelas 6 SD, Andien dimasukkan ke Elfa Music Studio oleh sang ibu, di bawah asuhan Elfa Secioria.

Sejak kecil, perempuan kelahiran 25 Agustus 1985 ini  telah memiliki ketertarikan terhadap genre musik jazz. Ia menyukai lagu milik penyanyi Stan Getz dan João Gilberto, Garota de Ipanema.

Andien telah memenangkan berbagai kompetisi menyanyi di Indonesia dan Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok, sejak usianya masih 14 tahun. Andien merilis album perdananya pada bulan Februari 2000, yakni Bisikan Hati yang diproduseri oleh Elfa Secioria. Album ini diperkirakan telah terjual sekitar 30.000 keping. Tahun 2002, Andien merilis album Kinanti. Tahun 2005, Andien merilis album Gemintang.

Pada pertengahan tahun 2010, Andien meluncurkan albumnya yang berjudul Kirana. Nama albumnya diambil dari salah satu judul lagu di album ini, "Kirana", yang dalam Bahasa Sanskerta berarti "cahaya" atau "sinar". Andien menganggap album ini sebagai cerminan hati dan pikirannya. Ketika mengerjakan proyek album ini, Andien memilih untuk bekerja sama dengan dua temannya yang bernama Nikita Dompas dan Rifka Rachman. Andien menganggap mereka adalah orang yang tepat di belakang layar pengerjaan album ini, karema mereka mengenali karakter Andien. Album ini juga menandai pertama kalinya Andien benar-benar terlibat secara langsung dalam produksi sebuah album.

11. Raisa

Raisa Andriana/Foto: Instagram/Wardhana Chandra

Tepat 6 Juni 2024, Raisa Andriana atau lebih dikenal dengan Raisa berulang tahun ke-34 tahun. Namanya mulai dikenal publik setelah merilis lagu berjudul Serba Salah pada 2010. Singel tersebut pecah di pasaran dan menjadi anhem romantika penikmat musik tanah air.

Perempuan kelahiran 6 Juni 1990 ini merupakan anak dari pasangan Allan N Rachman dan Ria Marianty. Bakat menyanyi Raisa muncul sejak usia dini. Musikalitas Raisa banyak terinspirasi dari musisi kenamaan Amerika Serikat  seperti Brian McKnight, Alicia Keys, dan Joss Stone. 

Lama berteman dengan Asta Andoko (gitaris RAN) membukakan pintu untuknya masuk dapur rekaman. Dibantu Rama Handyanto (pemain bass Soulvibe) dan Ario Seto (mantan pemain keyboard Soulvibe) yang bergabung dengan Asta sebagai produsernya, Raisa mengambil jalan solo. Kerja sama ini mencetak tiga lagu hit; Serba Salah, Apalah (Arti Menunggu), dan Coult It Be.

Maret 2011, Universal Musik Indonesia memperkenalkan Raisa sebagai artis barunya. Ia secara resmi merilis singel perdana Serba Salah. Dua bulan berikutnya, Raisa meluncurkan album berjudul Raisa (Self Title), yang berisi sembilan lagu. Salah satu hitnya adalah lagu Apalah Arti Menunggu.

Seiring berjalannya waktu, kredibilitasnya kian diakui. Tercatat, ia berhasil menyabet sejumlah penghargaan, salah satunya dari ajang internasional MNET Asian Music Awards (MAMA) yang mendaulatnya sebagai Best Asian Artist di tahun 2014.

Setelah merilis dua album, Raisa memutuskan untuk mandiri dengan mendirikan label musik Juni Records. Meniti karier sebagai seorang penyanyi, dengan label barunya Raisa melebarkan sayap sebagai produser. 

Kemudian, di tahun kelimanya berkarier di industri musik Indonesia, Raisa menggelar konser tunggal bertajuk Pemeran Utama: Live in Concert pada 24 Mei 2015, di Istora Senayan, Jakarta. Tema "Pemeran Utama" diambil dari lagu di album kedua Raisa, Heart to Heart (2013).  Konser tersebut ditonton sebanyak 5000 penonton. Kesuksesan konser pertama membuat promotor Juni Concert melanjutkan konser keduanya di DBL Arena, Surabaya pada 15 November 2015 yang disaksikan sebanyak 2000 penonton.

Setahun setelahnya Raisa merilis Album studio ketiganya, Handmade dirilis dua bulan setelahnya pada 20 April 2016 dalam format digital. Judul Handmade kata Raisa dipilih karena album tersebut seperti buatan tangan sendiri, sebab ini pertama kalinya ia merilis album studio dari label yang didirikannya dan ia produksi sendiri bersama timnya. 

Selanjutnya bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-31 pada 6 Juni 2021, Raisa mengumumkan judul album studio keempatnya berjudul It’s Personal . Ririlisan ini terdiri dari tiga singel yang sudah dirilis pada 2021 dan dua lagu baru yang dikemas dalam bentuk album mini yang dirilis di platform digital musik.

Salah satu pencapaian besar dari Istri Hamish Daud ini adalah kesuksesan konser tunggalnya pada 25 Februari 2023 yang sekaligus menjadi konser tunggal penyanyi perempuan pertama di Indonesia berskala stadion. Konser tersebut ditonton sebanyak 42 ribu penonton.

Terbaru, dikutip dari Antara memperingati hari ulang tahunnya pada 6 Juni 2024 Raisa  merilis film dokumenter berjudul Harta Tahta Raisa yang bercerita tentang kehidupan Raisa sebagai seorang musisi dan juga menceritakan kehidupan pribadinya yang jarang tersorot kamera.

12. Yura Yunita 

Penyanyi Yura Yunita menari saat tampil di Pagelaran Sabang-Merauke di JIExpo Theater, Kemayoran, Jakarta, Jumat 16 Agustus 2024. Pagelaran Sabang-Merauke The Indonesian Broadway tersebut bertajuk Pahlawan Nusantara dengan mengeksplorasi berbagai elemen budaya Indonesia seperti tari, musik, keunikan tradisi serta wastra yang diikuti sekitar 324 seniman dari beragam profesi dan digelar hingga 18 Agustus 2024. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Yunita Rachman atau yang lebih dikenal sebagai Yura, lahir pada 9 Juni 1991. Ia lahir dalam keluarga yang mencintai dunia musik. Sejak kecil ia memiliki hobi bermain piano dan menyanyi. Yura merupakan alumni dari Fakultas Komunikasi Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung.[1] Ia dipersunting Donne Maula pada tahun 2020.

Yura memulai karier musiknya dengan mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim ketujuh, namun ia tereliminasi di babak Eliminasi 3 setelah membawakan lagu "Berharap Tak Berpisah" dari Reza Artamevia.

Pada pertengahan tahun 2020, di tengah pandemi, Yura membuka era baru dengan merilis lagu upbeat dance yang bekerja sama dengan DJ Dipha Barus, Berjudul ''Hoolala''. MV nya sendiri bekerja sama dengan IM3 Ooredoo.

Setelah Yura melepaskan diri dari distributor rekaman Demajors maka label rekaman AYURA berganti nama menjadi Merakit Record.

Di akhir tahun 2020, Yura menikah dengan laki laki yang dulu sempat menjadi bintang MV nya di Lagu ''Buktikan'' yaitu Donne Maula. ia juga merilis Single untuk pernikahan mereka yaitu ''Duhai Sayang'' yang diciptakannya bersama Tulus. Di awal tahun 2021 akhirnya Yura memberi signal untuk Single pembuka nya di album ketiganya, berjudul ''Tenang''.

Pertengahan 2021, Yura mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan Ahmad Dhani dan Dewa19 membawakan kembali lagu ''Kangen'' dan ''Risalah Hati'' dengan suaranya dan arasemen yang apik. Beberapa bulan sebelum merilis album fullnya, Yura merilis single kembali berjudul ''Mulai Langkahmu''

22 Oktober 2021, Yura pun merilis album ketiganya, yaitu Tutur Batin. berisikan 11 Lagu dari single yang ia rilis dan beberapa lagu yang seluruhnya hampir ia kerjakan sendiri bersama suaminya, Donne Maulana. Di album ini Yura mengaku adalah album dimana dirinya menerima kekurangan dan insecurity nya

Untuk merayakan perilisan Tutur Batin, Tak lama dari rilisnya album ketiga Yura ini, Yura merilis Video Pertunjukan Tutur Batin secara gratis di kanal youtubenya. ia mempertunjukan seluruh lagunya ke dalam pertunjukan yang ia garap.

Awal tahun 2022, Yura kembali melepas single terbaru dari Album ketiganya berjudul sama dengan judul albumnya, "Tutur Batin". Dikarenakan pandemi sudah mulai mereda, Yura fokus tampil dalam konser konser dan festival festival yang bermunculan. Pertengahan 2022, Yura melepas single kembali yaitu lagu "Dunia Tipu-Tipu". Yura juga berhasil mendapatkan banyak nominasi di AMI Awards 2022, ia memenangkan juga AMI Awards dengan nominasi ''Artis Solo Pop Wanita Terbaik'' mengalahkan Lyodra, Mahalini, Raisa, Rossa, dan Ziva Magnolya.

Akhir 2022, Yura mengumumkan akan mulai membawa Pertunjukan Tutur Batin secara langsung (offline) ke kota-kota (tur konser), kota pertama yang akan Yura jumpai yaitu Malaysia.

Pilihan Editor: Alasan Yura Yunita Pilih Meditasi TAT, Tenangkan Batin dan Beban Emosi

NI KADEK TRISNA CINTYA DEWI | HERU TRIYONO | ADINDA JASMINE | MARVELA|  ANTARA | WIKIPEDIA | P2K STEKOM AC ID

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."