Bukan Hanya Masalah Pencernaan, Ini Penyebab Lain Perut Kembung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Perut kembung membuat kita merasa tidak nyaman. Ada banyak cara untuk menghindari perut kembung, termasuk diet rendah FODMAP. (Canva)

Perut kembung membuat kita merasa tidak nyaman. Ada banyak cara untuk menghindari perut kembung, termasuk diet rendah FODMAP. (Canva)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPerut kembung adalah masalah pencernaan yang umum, dengan penyebab mulai dari gaya hidup yang tidak banyak bergerak hingga usus yang tidak sehat. Tetapi beberapa kebiasaan sehari-hari lainnya juga dapat membuat Anda merasa kembung.

“Kembung tidak lain adalah gas yang tersangkut di perut sehingga membuatnya tampak lebih besar (terkadang kembung seperti balon atau bahkan tampak seperti perut hamil). Tetapi juga bisa sangat tidak nyaman dan menyakitkan pada anak-anak dan orang dewasa,” Dr. Akshat Chadha, konsultan gaya hidup, berbagi sambil mencantumkan beberapa alasan utama yang dapat membuat seseorang sering merasa kembung.

Merasa kembung sesekali tidak apa-apa jika terjadi terlalu sering, Anda harus memeriksakan diri untuk mengetahui beberapa kemungkinan penyebabnya. Namun, bahkan setelah mengatasi masalah pencernaan ini, kembung tetap ada, Anda mungkin perlu memeriksakan diri ke dokter, imbuh Dr. Chadha.

Dr. Nadendla Hazarathaiah, Konsultan Bedah Gastroenterologi, Onkologi Gi, HPB dan bedah bariatrik serta ahli bedah laparoskopi tingkat lanjut, Rumah Sakit Gleneagles, Lakdi Ka Pul, Hyderabad, pemanis buatan dan zat-zat seperti sorbitol dan aspartam dapat berfermentasi di dalam usus, menyebabkan gas dan kembung.

“Meskipun sehat, serat yang berlebihan dari kacang-kacangan, lentil, dan biji-bijian utuh dapat menyebabkan gas dan kembung pada beberapa orang,” ungkap Dr. Hazarathaiah.

Senada dengan itu, Dr. Rashmi Shetty, dokter kulit kosmetik di Ra Skin and Aesthetics di Mumbai dan Hyderabad mengatakan perut kembung bukan sekadar rasa tidak nyaman; perut kembung sering kali merupakan indikator awal iritasi atau peradangan di usus yang, jika tidak segera diatasi, dapat berkembang menjadi masalah yang lebih serius seperti peradangan kronis, usus bocor, atau bahkan refluks asam. 

"Kembung pada dasarnya adalah sinyal dari tubuh Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan Anda," kata Dr. Shetty.

Apa saja cara untuk meredakan perut kembung?

Makanan: Makanlah makanan Anda secara perlahan dan kunyah setiap gigitan setidaknya 20 kali tanpa terburu-buru. Jangan mengonsumsi makanan mentah setelah pukul 4 sore.

Tetap terhidrasi: Minum air yang cukup penting untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Hindari minum cairan saat Anda makan.

Tidur: Pastikan Anda cukup tidur karena penting untuk kesehatan usus yang optimal. Hilangkan stres setiap hari karena ada hubungan antara usus dan otak.

Olahraga: Tetaplah aktif dengan berjalan-jalan, melakukan yoga, peregangan, dll.

Temukan pemicu: Identifikasi makanan yang membuat Anda kembung dengan membuat buku harian diet. Singkirkan makanan yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Pilihan Editor: Kenali Penyebab Perut Kembung dan 5 Makanan untuk Mengatasinya

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."