Resep Puding Apel Kayu Manis, Pakai Biji Chia yang Tinggi Protein

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Puding Apel/Foto: Instagram/Cristina Andrei

Puding Apel/Foto: Instagram/Cristina Andrei

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang tidak suka sarapan yang lezat dan bergizi? Puding apel kayu manis adalah pilihan sempurna untuk memulai hari Anda dengan cita rasa yang hangat dan menggugah selera. Kombinasi biji chia yang kaya nutrisi dengan aroma kayu manis dan manisnya apel membuat hidangan ini tidak hanya enak, tetapi juga menyehatkan.

Resep puding chia apel ini adalah pilihan sarapan beraroma yang langsung memikat sejak awal. Cukup dengan merendam biji chia dalam susu biasa, lalu menambahkan rasa ekstra dengan menyeduhnya bersama kayu manis dan kapulaga. Ini adalah langkah sederhana yang menambahkan kehangatan rempah-rempah yang indah pada hasil akhirnya. 

Puding chia dapat bertahan selama seminggu di lemari es. Anda juga bisa memilih untuk menyimpannya dalam stoples sendiri untuk sarapan di perjalanan atau menyendoknya langsung dari mangkuk besar untuk dinikmati di pagi hari. 

Bahan-bahan:

3 cangkir susu atau susu tanpa pemanis
1 sendok makan kapulaga hijau, hancurkan sedikit
3 batang kayu manis berukuran 4 inci 
1 cangkir yogurt tawar susu murni yang disaring (gaya Yunani)
1/4 cangkir sirup maple murni, ditambah lagi untuk penyajian (opsional)
2 sendok makan selai kacang krim alami (seperti almond atau kacang tanah)
1 sdm ekstrak vanili murni
1 sdt kulit jeruk (dari 1 buah jeruk) 
3/4 cangkir biji chia
Cincang apel atau buah ara segar yang dipotong menjadi empat bagian, kemudian irisan almond panggang, dan kayu manis bubuk, sebagai taburan 

Cara Membuat: 

Langkah  1
Panaskan susu, kapulaga, dan batang kayu manis di dalam panci berukuran sedang dengan api sedang. Kemudian angkat dari api dan biarkan terendam selama 20 menit.

Langkah 2 
Aduk yogurt, sirup maple, selai kacang, vanila, dan kulit jeruk dalam mangkuk besar hingga lembut. Saring campuran susu melalui saringan halus ke dalam campuran yogurt, buang rempahannya lalu aduk hingga merata. 

Tambahkan biji chia, kemudian sisihkan. Aduk sesekali untuk memecah gumpalan biji chia, hingga campuran mulai mengental, sekitar 15 menit.

Langkah 3
Bagi campuran ke dalam 6 stoples (masing-masing 8 ons). Tutup rapat dan simpan di lemari es hingga mengental, minimal 4 jam dan bisa sampai 5 hari.

Langkah 4
Taburi puding dengan potongan apel atau buah ara, serta irisan almond. Beri sedikit kayu manis di atasnya. Sajikan dengan tambahan sirup maple jika suka.

5 Manfaat dari Buah Apel

Ilustrasi apel. Foto: Unsplash.com/James Yarema

1. Kaya Nutrisi

Apel dikenal sebagai buah yang kaya nutrisi, artinya apel memberikan banyak manfaat kesehatan dalam setiap porsi. Apel juga kaya akan polifenol, yaitu sejenis antioksidan yang sangat penting. Meskipun tidak tertera di label nutrisi, senyawa ini kemungkinan besar berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh apel. 

Untuk mendapatkan manfaat terbaik, sebaiknya jangan kupas kulitnya. Karena kulit apel mengandung setengah dari serat dan sebagian besar polifenolnya, jadi biarkan kulitnya tetap utuh.

2. Membantu Penurunan Berat Badan 

Buah apel dapat membantu menurunkan berat badan. Apel mengandung serat dan air yang tinggi, yang membuatnya mengenyangkan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel utuh dapat membuat Anda merasa lebih kenyang dibandingkan dengan minum jus apel dalam jumlah yang sama. Ini mungkin karena apel utuh membantu memperlambat pengosongan lambung, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung 

Apel ternyata bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 100-150 gram apel utuh setiap hari berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung, serta faktor-faktor risiko seperti tekanan darah tinggi.

Salah satu alasannya yaitu karena apel kaya akan serat larut. Serat ini juga diketahui dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Alasan lain adalah karena apel mengandung polifenol, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa asupan flavonoid yang tinggi berkaitan dengan penurunan risiko stroke.

Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa mengonsumsi apel bisa mengurangi kemungkinan terjadinya stroke.

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Mengonsumsi apel juga bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.  Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan apel dan pir dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 18%. Bahkan, hanya satu porsi per minggu bisa mengurangi risiko hingga 3%.

Salah satu alasan di balik manfaat ini mungkin karena tingginya kadar polifenol quercetin dalam apel.

5. Meningkatkan Kesehatan Usus

Apel mengandung pektin, sejenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik untuk mikrobioma usus. Usus yang sehat sering kali menjadi kunci untuk kesehatan yang lebih baik.

Karena serat ini tidak dapat dicerna, pektin mencapai usus besar dalam keadaan utuh dan membantu pertumbuhan bakteri baik. Ini juga meningkatkan rasio antara Bacteriodetes dan Firmicutes, dua jenis bakteri utama yang ada di usus.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa apel dapat membantu melindungi Anda dari penyakit kronis seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker dengan cara mengubah mikrobiota usus Anda menjadi lebih sehat.

Nah Sahabat Cantika,  dengan kombinasi rasa manis dari apel, kehangatan kayu manis, dan tekstur lembut dari biji chia, puding ini bukan hanya memanjakan lidah loh!, tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan. Apel kaya akan serat, yang membantu menjaga pencernaan yang sehat, serta polifenol yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Selain itu, konsumsi apel juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan mendukung kesehatan mikrobioma usus. Dengan semua manfaat ini, menikmati puding chia apel kayu manis menjadi pilihan cerdas untuk sarapan atau camilan. Mudah disiapkan dan dapat dinikmati kapan saja, cocok untuk seluruh keluarga. Selamat mencoba !

Pilihan Editor: 9 Cara Menyajikan Resep Apple Pie ala Chef, Jangan Hanya Pakai 1 Jenis Apel

ZHAHIRA REKA FIRDANIA | REAL SIMPLE | HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."