5 Cara Terhubung Kembali dengan Teman, Jangan Gengsi Memulai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya. Foto: Freepik.com

Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kehidupan dewasa kadang terasa menantang. Menemukan jurusan kuliah terbaik, menjalani fase magang, hingga mendapatkan pekerjaan impian. Dalam menjalani fase tersebut, sejumlah orang lalai menjaga pertemanan. Komunikasi dengan teman yang biasanya intens berkurang sedikit demi sedikit.

Dan, ketika menyadari lalai menjaga hubungan pertemanan, beberapa orang merasa gengsi untuk mengawali komunikasi dengan teman. Tak sedikit pula yang ragu bagaimana cara memulainya karena sudah lama tidak berkomunikasi. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk terhubung kembali dengan teman.

1. Hubungi Teman

Teman mungkin kesal bahkan terluka oleh kelalaian Anda. Tapi yakinlah dengan pendekatan tulus dan benar-benar ingin memperbaiki hubungan, teman akan memahami masalah Anda sedikit demi sedikit. Jangan langsung berharap mereka akan menyambut hangat setelah Anda menghilang beberapa waktu. 

Terkadang, komunikasi yang jelas dan terbuka dapat memperbaiki semuanya, bahkan memperbaiki pertemanan yang telah lama hilang. 

2. Mohon Maaf

Banyak pertemanan yang hancur karena jarak, perbedaan, dan komunikasi yang hilang. Berbesar hatilah untuk meminta maaf atas tindakan Anda selama ini atau jarak yang muncul di antara Anda. "Maaf" yang tulus dan berkomitmen bisa mencairkan suasana pertemanan yang membeku beberapa waktu.

3. Beri Kejutan

Jarak seringkali dapat menciptakan penghalang dalam pertemanan dan kadang-kadang perbedaan imajiner. Luangkan waktu dari jadwal Anda untuk menemui mereka. Beri mereka kejutan seperti makan siang bersama atau menyeruput kopi di kafe terdekat kantor teman Anda.

Gerakan kecil seperti ini dapat "mematahkan" penghalang dan memperbaiki pertemanan Anda.

4. Atur Pertemuan

Rencanakan hari dengan teman Anda mencakup kegiatan favorit mereka. Buatlah daftar hal-hal yang akan Anda lakukan di hari itu untuk membuatnya istimewa. Hal ini akan menambah kenangan dalam pertemanan Anda.

5. Jaga Komunikasi

Komunikasi adalah kunci untuk semua hubungan. Setelah Anda memiliki percakapan yang tulus dan jujur dengan teman-teman Anda, mereka akan memahami Anda. Jaga konsistensi komunikasi dengan baik. Hubungan apa pun termasuk pertemanan wajib dirawat dengan kasih sayang, perhatian, dan komitmen.

Pilihan Editor: 5 Alasan Teman Memutuskan Persahabatan, dari Persaingan Diam-diam hingga Kesalahpahaman

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."