Sebaiknya Sejak Usia Berapa Pakai Retinol, Niacinamide hingga Exosome?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

IKLAN

5. BHA

Fungsi: Menurut dokter kulit Toral Vaidya, asam beta hidroksi alias BHA adalah pengelupasan kimia yang ideal untuk kulit berminyak dan rentan jerawat. Mereka secara efektif melarutkan sel-sel kulit mati dan pori-pori tersumbat. 

Usia terbaik mulai pakai BHA: Meskipun tidak ada usia khusus untuk mulai menggunakan BHA seperti asam salisilat, dokter Vaidya biasanya merekomendasikan bahan ini untuk mereka yang memiliki kulit berminyak atau rentan jerawat, terutama remaja.

Tanda-tanda kulit perlu pakai BHA: Berjerawat dan berminyak adalah tanda-tanda bahwa kulit Anda dapat memperoleh manfaat dari BHA.

Catatan belanja: Asam salisilat biasanya ditemukan dalam bentuk pembersih, perawatan spot, atau serum.

"Cari produk dengan konsentrasi antara 0,5 persen hingga 2 persen. Yang terbaik adalah memulai dengan konsentrasi rendah, karena asam salisilat dapat mengeringkan dan mengiritasi ketika digunakan pada persentase tinggi," ujar dokter Vaidya.

6. Niacinamide

Fungsi: Niacinamide, bentuk vitamin B3, adalah salah satu bahan perawatan kulit multi-tasking favorit sejumlah perempuan. Niacinamide membantu mengatur produksi minyak, meratakan warna kulit, dan mendukung penghalang kulit atau skin barrier yang sehat.

Niacinamide adalah bahan yang ideal bagi pemilik kulit sensitif, serta rosacea atau kulit yang rentan jerawat.

Usia terbaik mulai pakai niacinamide: Dokter Vaidya menganggap niacinamide bahan aman untuk digunakan pada usia berapa pun termasuk remaja.

Tanda-tanda kulit perlu pakai niacinamide: Jika kulit Anda kemerahan, bahan skincare ini direkomendasikan oleh dokter.

Catatan belanja: Banyak produk di pasaran mengandung niacinamide, seperti pembersih, serum, dan pelembap. Bahan ini juga dapat digunakan baik di siang dan malam hari. Aman untuk segala usia.

7. Exosome

Fungsi: exosome adalah vesikel kecil yang terikat membran yang dilepaskan oleh sel ke lingkungan ekstraseluler. Mereka terlibat dalam komunikasi sel-ke-sel dan membantu melakukan berbagai proses fisiologis dan patologis. Exosome membantu mempengaruhi fungsi sel dan perilaku.

Usia terbaik mulai pakai exosome: Menurut dokter kulit Lauren Penzi, exosome sebaiknya digunakan di usia 20-an hingga awal 30-an. Di usia tersebut, tanda-tanda awal penuaan, seperti garis-garis halus dan elastisitas kulit yang berkurang mulai muncul.

Tanda-tanda kulit perlu pakai exosome: Ketika tanda-tanda penuaan mulai muncul. "Exosome diperkirakan membantu meningkatkan penyembuhan luka, mengurangi penampilan hiperpigmentasi, meningkatkan kekencangan dan elastisitas, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, melembapkan kulit, dan mempromosikan produksi kolagen dan elastin," kata dokter kulit Penzi.

Catatan belanja: Exosome ditemukan dalam krim, serum, dan perawatan. Bahan skincare ini sangat efektif dalam perawatan luka, dan membantu melawan tanda-tanda photoaging.

Pilihan Editor: Retinol dan Niacinamide Boleh Dipakai Bersamaan, Simak Sederet Manfaatnya untuk Kulit

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."