Mengenal Sashiko, Teknik Menjahit Asal Jepang yang Jadi Layanan Baru di Uniqlo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Uniqlo Grand Indonesia meluncurkanlayanan Remake berupa Sashiko, teknik menjahit asal Jepang, Jumat, 20 September 2024/Foto: Doc. Uniqlo

Uniqlo Grand Indonesia meluncurkanlayanan Remake berupa Sashiko, teknik menjahit asal Jepang, Jumat, 20 September 2024/Foto: Doc. Uniqlo

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaUniqlo perusahaan ritel pakaian global asal Jepang mengumumkan wajah baru di Grand Indonesia yang berlokasi di East Mall, dan menjadi starting point selebrasi dari konsep baru bertema Uniqlo Jakarta, dengan tujuan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan relevan dengan karakteristik pelanggan di beberapa toko Uniqlo. 

Tiga layanan baru menarik di Grand Indonesia

1. Re.Uniqlo Studio

Bentuk komitmen Uniqlo dalam mengurangi limbah pakaian, serta layanan untuk memperpanjang masa pakai pakaian Uniqlo. Pada kesempatan ini, toko Grand Indonesia meluncurkan layanan Remake terbaru dan pertama hadir di Indonesia yaitu layanan Sashiko.

Menurut Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia mengatakan Sashiko  teknik menjahit tradisional khas Jepang yang biasanya digunakan untuk menggabungkan beberapa lapisan kain dengan memberikan tusukan- tusukan kecil sebagai unsur estetis. Semangatnya ialah menghadirkan statement baru pada baju-baju lama agar bisa dipakai lebih gaya dan personalized. 

"Teknik menjahit Sashiko sendiri sudah berusia 100 tahun sebagai salah satu kerajinan di Jepang dan kami mengkurasi beberapa motif yang related dengan kehidupan banyak orang," ucap Irma kepada Cantika, Jumat, 20 September 2024 di Jakarta. 

Dan, pada momen selebrasi di Grand Indonesia, akan dihadirkan Sashiko Workshop yang akan dipandu oleh  desainer Adrie Basuki. Workshop ini gratis dan terbuka untuk umum, sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Uniqlo Grand Indonesia meluncurkan layanan Remake berupa Sashiko, teknik menjahit asal Jepang, Jumat, 20 September 2024/Foto: Doc. Uniqlo

2. UTme!

Layanan kustomisasi t-shirt dan tote bag yang dibuat oleh para pelanggan sendiri dengan
menggabungkan foto, gambar, dan teks untuk membuat desain original masing-masing. Di momen spesial ini, UTme! Berkolaborasi dengan tiga seniman muda dengan karyanya yang khas, mereka adalah Tommy Chandra dengan tema ‘The Power of Routine’, Sarkodit dengan tema ‘Small Act of Kindness’, dan Lala Bohang dengan tema ‘Personal Journey’. Di momen selebrasi, bagi pelanggan yang beruntung akan mendapatkan live doodling oleh seniman langsung di tumbler novelty yang
didapatkan setelah berbelanja.

Hadirkan wajah baru, Uniqlo Grand Indonesia kini menghadirkan 3 layanan andalan, salah satunya UTme! di Jakarta, Jumat, 20 September 2024/Foto: CANTIKA/Ecka Pramita

3. UKM Neighborhood Collaboration

Mengenalkan produk UKM lokal kepada masyarakat luas, khususnya kepada pelanggan setia Uniqlo. Akan ditampilkan produk UKM yang telah terpilih melalui proses kurasi bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 

Pemilihan UKM dan produk yang ditampilkan akan dikaji setiap 1 tahun sehingga memberikan kesempatan lebih banyak bagi UKM lainnya untuk dapat turut berpartisipasi dalam program yang sama. Hal ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam membantu memajukan perekonomian daerah dan juga mendukung program pemerintah untuk memajukan UKM lokal di kancah global.

Selama tiga hari selebrasi Uniqlo Grand Indonesia, yaitu pada 20-22 September 2024, menghadirkan serangkaian acara dan penawaran menarik:

Jumat, 20 September: Live Doodling bersama seniman kolaborator UTme! bagi pelanggan yang beruntung, langsung di tumbler novelty yang bisa didapatkan setelah
berbelanja. 
Sabtu, 21 September: Re.Uniqlo Studio Sashiko Workshop yang dipandu oleh UNIQLO dan desainer Adrie Basuki. Workshop ini akan dibuat dalam dua sesi, yaitu
pukul 13.00-15.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB, gratis dan terbuka untuk umum.

Minggu, 22 September: Akan hadir booth spesial Uniqlo di area CFD, dan bagi masyarakat yang lari pagi dapat singgah di booth spesial tersebut karena Uniqlo telah menyiapkan refreshment yang bisa dinikmati, serta permainan Mystery Box untuk mendapatkan DRY-EX voucher.

Menurut Irma Yunita wajah baru Uniqlo Grand Indonesia menjadi langkah strategis untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pakaian yang nyaman dan berkualitas sekaligus memberi kenyamanan lebih kepada pencinta LifeWear di seluruh Indonesia, salah satunya dengan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan relevan dengan karakteristik pelanggan.

Dihadirkannya tampilan baru di Grand Indonesia, dengan berbagai inisiatif baru serta fasilitas layanan yang ada, maka toko di Grand Indonesia ini masuk ke dalam kategori Experience Store. Pelanggan bisa mengenali penawaran unik yang ada di setiap toko sehingga mereka bisa memilih tujuan berbelanja berdasarkan keinginan atau kebutuhan akan layanan yang ada di toko tersebut. 

Akan ada 6 toko Uniqlo terpilih yang sedang dalam proses untuk dihadirkan dengan wajah baru. Ke-enam toko ini memiliki keunikannya masing-masing dan menjadi simbol dari Jakarta, yaitu di Grand Indonesia, PIK Avenue, Mall of Indonesia, Lotte Shopping Avenue, PIM 1, dan akan diakhiri oleh selebrasi Senayan City dalam beberapa waktu ke depan.

Pilihan Editor: Uniqlo La Piazza Bakal Dibuka Besok, Apa Saja Promo yang Ditawarkan?

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."