4 Kota Terbaik di Indonesia untuk Kuliah, Yogyakarta Salah Satunya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menulis. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita menulis. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat memutuskan kuliah di kampus mana, ada beberapa pertimbangan dalam catatan calon mahasiswa. Salah satunya berkuliah di universitas yang terakreditasi atau menduduki peringkat teratas berdasarkan penilaian lembaga pendidikan dan mempertimbangkan reputasi alumni. Tujuannya bisa memperoleh pengalaman belajar yang optimal. 

Selain itu, lokasi perguruan tinggi berada di daerah yang mudah dijangkau atau terletak di kota yang dikenal sebagai kota ramah pelajar juga menjadi pertimbangan. Pasalnya, dengan berkuliah di kampus yang terletak di kota ramah pelajar, mahasiswa bisa mendapatkan akses ke fasilitas dan jaringan yang dapat mendukung pengembangan studi hingga karier di masa depan. 

Lantas, di mana sajakah kota di Indonesia yang dianggap ramah pelajar? Berikut daftarnya. 

Daftar Kota Terbaik di Indonesia untuk Kuliah Versi QS Best Student Cities 2025

Quacquarelli Symonds (QS) merilis daftar 150 kota tujuan studi terbaik di seluruh dunia melalui QS Best Student Cities 2025. Publikasi pada Selasa, 18 Juni 2024 tersebut memeringkatkan kota-kota berdasarkan beberapa indikator, seperti umpan balik mahasiswa, ranking universitas, keterjangkauan, kesempatan kerja, dan keberagaman. 

Adapun kota-kota di Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftar QS Best Student Cities 2025 ada empat. Berikut rinciannya: 

1. Yogyakarta

Julukan Kota Pelajar bagi Yogyakarta bukan tanpa alasan, karena kota ini menawarkan berbagai macam pilihan perguruan tinggi, mulai dari universitas, politeknik, hingga akademi. 

Beberapa top kampus di Yogyakarta, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS), di antaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Islam Indonesia (UII). 

Selain memiliki beragam pilihan kampus dan sekolah, Yogyakarta juga dikenal karena biaya hidupnya yang relatif terjangkau, sehingga menjadi favorit bagi mahasiswa. 

Tak hanya itu, Yogyakarta juga menyediakan wisata alam, budaya, dan kuliner yang tidak ada habisnya, sehingga bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melepas stres. 

2. Jakarta

Jakarta juga masuk ke dalam daftar QS Best Student Cities 2025 karena dikenal sebagai sentral kampus terbaik di Indonesia. 

Beberapa kampus top yang berada di DKI Jakarta, misalnya Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Bina Nusantara atau Binus University, Universitas Trisakti, dan Universitas Atma Jaya Jakarta. 

Selain itu, Jakarta adalah pusat perekonomian yang menyediakan fasilitas lengkap untuk menunjang kegiatan belajar, termasuk sarana hiburan dan rekreasi. Mahasiswa juga bisa bepergian ke beberapa tempat dengan mudah menggunakan alat transportasi umum yang lengkap. 

3. Bandung

Bandung berhasil masuk ke dalam daftar QS Best Student Cities 2025 karena menyediakan berbagai fasilitas yang diperlukan oleh mahasiswa, seperti transportasi dan tempat tinggal dengan biaya rendah. 

Selain itu, Bandung juga menawarkan banyak pilihan tempat wisata dan hiburan yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. 

Adapun beberapa kampus di Bandung juga disebut sebagai kampus terbaik di Indonesia karena telah mencetak mahasiswa berprestasi. 

Beberapa perguruan tinggi di Kota Kembang yang populer, misalnya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). 

4. Surabaya

Di posisi terakhir, ada Surabaya yang juga masuk ke dalam daftar QS Best Student Cities 2025. Kota yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ini menjadi pusat perekonomian di wilayah Jawa Timur dengan keberagaman etnis yang besar, mulai dari Arab, Tionghoa, dan India. 

Di samping itu, Surabaya adalah rumah bagi beberapa kampus top Indonesia bahkan dunia yang selalu diminati setiap tahunnya. Beberapa perguruan tinggi terbaik di Surabaya, di antaranya Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur. 

Pilihan Editor: 10 Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan Tahun 2024, Ilmu Komputer hingga Hukum

MELYNDA DWI PUSPITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."