Menikmati Nasi Goreng Lidah Sapi ala Sisca Soewitomo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Nasi goreng lidah dan nasi goreng kambing The People's kafe kolaborasi dengan Sisca Soewitomo. Tempo/Yunia Pratiwi

Nasi goreng lidah dan nasi goreng kambing The People's kafe kolaborasi dengan Sisca Soewitomo. Tempo/Yunia Pratiwi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nasi goreng jadi menu favorit banyak orang, setuju kan, Sahabat Cantika? Apalagi kalau sedang bingung ingin makan sesuatu, nasi goreng kerap jadi pilihan baik bersantap di rumah maupun di restoran.

Dengan bahan utama nasi, ditambah bumbu-bumbu penyedap, nasi goreng bisa dikreasikan dengan bahan lainnya hingga menjadi hidangan istimewa. Seperti Nasi Goreng Lidah dan Nasi Goreng Kambing, yang menjadi menu baru kreasi dari The People's Cafe bersama pakar kuliner Sisca Soewitomo.

Kedua menu nasi goreng itu disajikan dengan topping potongan daging kambing dan daging bagian lidah sapi yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah pilihan. Sepiring Nasi Goreng Lidah, disajikan dengan potongan lidah sapi ditambah pelengkap seperti acar, mentimun, dan kerupuk.

Bagian yang paling menggugah selera untuk dicicipi pertama kali tentu potongan lidah sapi. Benar saja, potongan daging itu terasa lembut dan aroma rempahnya memberikan sensai tersendiri. Saat Tempo mencobanya, nasi goreng yang dihidangkan berwarna sedikit kemerahan menandakan rasanya yang pedas. Namun tidak mengurangi keseluruhan rasa nasi gorengnya. 

Sementara untuk harganya, sepiring Nasi Goreng Lidah di The People's Cafe ini dibanderol Rp 52 ribu. Kalau ingin mencicipinya, menu baru ini sementara hanya tersedia dua bulan hingga November 2024. 

Sisca Soewitomo (tengah) pakar kuliner menunjukkan dua menu nasi goreng kolaborasi dengan The People's Cafe, di Jakarta, Kamis 19 September 2024. Tempo/Yunia Pratiwi

Trik mengolah lidah sapi supaya empuk

Olahan lidah sapi yang empuk ini, kuncinya pada saat proses merebus. Pakar kuliner Sisca Soewitomo mengatakan saat merebus, daging lidah tidak dimasukkan bersamaaan dengan air.

"Tapi didihkan airnya, masukkan pala, jahe, daun jeruk, sudah mendidih baru dimasukkan lidahnya, pori-pori lidah akan tertutup dan air tidak keluar, ini yang menyebabkan lidah empuk," katanya, di Jakarta, Kamis, 19 September 2024. 

Kalau ingin lebih cepat empuk lagi, Sisca menyarankan untuk menggunakan panci presto dengan cara yang sama. Setelah empuk iris daging lidah, lalu tumis dengan margarin dan irisan bawang bombay.

Sedangkan untuk nasi gorengnya, menurut Sisca, salah satu andalannya adalah sambal terasi. Agar tidak merepotkan saat ingin membuat nasi goreng, bisa menyiapkan bumbu dasar lalu ditambahkan sambal terasi. Bumbu ini juga bisa disimpan di dalam freezer untuk stok. 

"Berdasarkan pengalaman saya, bikin banyak bumbu nasi goreng, lalu dipisahkan untuk empat orang misalnya empat sendok makan, simpan di chiller atau freezer, kalau ingin memasak nasi goreng dinginkan bumbu 6 jam sebelumnya dulu. Pasti enak!" Tuturnya.

Pilihan Editor: Resep Nasi Goreng Udang Air Fryer

YUNIA PRATIWI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."