Bagaimana Cara Tepat Pakai Pelembap untuk Pengidap Eksim?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi memakai body lotion. Freepik.com

Ilustrasi memakai body lotion. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Sahabat Cantika, jika eksim adalah kondisi kulit meradang yang menyebabkan gejala seperti bercak-bercak kulit yang kering, gatal, dan teriritasi. Adapun penyebab eksim beragam mulai dari genetik, tingkat stres yang tinggi, atau alergi,

Tidak ada obat untuk eksim, tetapi Anda memiliki banyak pilihan untuk mengobati kondisi tersebut. Regimen pengobatan khusus mungkin berbeda dari orang ke orang, tergantung pada tingkat keparahan gejalanya. Tindakan pencegahan seperti melembapkan dan menghindari pemicu umumnya diperlukan untuk semua orang dengan eksim.

Menurut Dokter Srie Prihianti G, Sp.DVE, bagaimana cara memakai pelembap yang tepat untuk pengidap eksim yang pertama kali dipastikan ialah waktu yang tepat yakni segera sesudah mandi. 

"3 menit setelah selesai mandi harus sudah dipakai karena pagi kita butuh tuh, kondisi kulit yang lembab ada sisa air mandinya itu kita perlu sebetulnya. Jadi 3 menit, jadi bukan habis mandi pakai baju, sarapan dulu baru pakai pelembab itu 30 menit," ucap Dokter Srie dalam diskusi interaktif bertajuk "CeraVe Skin Chat: Atopic Eczema Unfiltered" digelar untuk memperingati World Atopic Eczema Day 2024 di Jakarta, Jumat, 13 September 2024.

Kemudian berapa banyak pelembap yang dipakai tergantung dari usia pengidap eksim. "Misalnya usia di 3 sampai 6 bulan kita bisa lihat yang penting adalah finger print. Jadi kalau kita keluarkan satu ruas jari kita. Misalnya bayi sampai 6 bulan itu untuk wajah sampai leher itu satu finger diujung gitu, dioleskannya sedikit saja. Nah, kemudian semakin tambah usia harus semakin banyak karena areanya lebih luas gitu kan? Jadi memang mungkin ini bisa jadi patokan yang mudah gitu, untuk bisa dipakai sehari-hari."

Kemudian pada umur 6 tahun sampai 10 tahun untuk wajah dan leher itu dua setengah ujung jari." Jadi sebanyak itu kurang lebih karena memang mau memakainya pakai perasaan agak susah ya, misalkan masih terasa ada yang enggak gitu. Jadi kadang-kadang dikasih masih kering ya kulitnya," ucap dia. 

Sehingga, menurut dokter yang juga perwakilan Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI) ini hal yang penting adalah justru mengurangi frekuensi pemicu eksimnya karena cenderung berulang. Jadi makin tebal butuh pelembap karena penggunaan pelembab dengan bahan khusus yang sudah terbukti akan mengurangi frekuensi eksimnya muncul terus. 

Pilihan Editor: Waspada, Polusi Udara Bisa Sebabkan Stres Oksidatif Hingga Eksim pada Kulit

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."