Olivia Sumargo Turunkan Berat Badan dengan Olahraga Sambil Gendong Bayi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Olivia Sumargo berolahraga sambil menggendong bayinya, 22 September 2025. Foto: Instagram/@oliviasumargo.

Olivia Sumargo berolahraga sambil menggendong bayinya, 22 September 2025. Foto: Instagram/@oliviasumargo.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Istri Denny Sumargo, Olivia Allan atau Olivia Sumargo, mulai melakukan berbagai rutinitas setelah melahirkan sang buah hati, Gabriella Allan Sumargo. Salah satunya yang fokus dia terapkan adalah olahraga untuk menurunkan berat badan.

Tubuh Olivia Sumargo memang semakin berisi setelah hamil hingga melahirkan. Dia pun mengikuti latihan lewat YouTube sambil menggendong Gabriella. 

Olivia membagikan videonya saat berolahraga disertai link video tutorialnya. Lucunya, video tersebut memang menampilkan pelatih yang tengah menggendong bayi dengan alat gendongan di bagian depan atau dada.

"Berusaha olahraga ringan sambil gendong Biel. Stay healthy," tulis Olivia di Instagram Story-nya, Minggu, 22 September 2024. Dengan berolahraga 20 menit saja, Olivia pun merasakan manfaatnya sambil keringat bercucuran.

Olivia Sumargo berolahraga sambil menggendong bayinya, 22 September 2025. Foto: Instagram/@oliviasumargo.

Ternyata berolahraga sambil menggendong bayi umum terjadi dan dianjurkan dengan catatan berikut ini. Dikutip dari Well+Good, meskipun mengangkat dan menggendong anak-anak memiliki manfaat kebugaran, Anda juga berisiko mengalami cedera punggung jangka panjang atau nyeri otot jika Anda tidak berhati-hati dalam menggendong anak. 

Jimmy Pajuheshfar, dokter dan direktur klinis di FYZICAL Therapy & Balance Centers Whitney Ranch, mengatakan cedera yang paling umum adalah cedera otot. Untuk mengurangi risiko cedera, ia menyarankan kiat-kiat berikut:

1. Gunakan kaki Anda saat membungkuk ke depan untuk mengangkat atau meletakkan bayi Anda di tempat tidur bayi.

2. Bersikaplah hati-hati saat menggendong bayi dari sisi kiri ke sisi kanan tubuh Anda untuk menghindari penggunaan berlebihan pada satu sisi tubuh dan cedera pada punggung Anda.

3. Jaga bayi Anda tetap dekat dengan tubuh Anda saat mengangkat dan menggendongnya.

Jimmy Pajuheshfar juga mengatakan bahwa menggendong anak saja sudah melatih kebugaran fisik kita. "Menggendong bayi adalah latihan seluruh tubuh," katanya. "Banyak area tubuh yang berperan dalam mengangkat dan menggendong bayi Anda sepanjang hari."

Pajuheshfar menjelaskan bahwa tugas-tugas sederhana yang umum dilakukan setiap hari sebagai orang tua—seperti mengangkat bayi dari tempat tidur bayi atau kursi mobil, dan menggendongnya dari satu tempat ke tempat lain—melibatkan kelompok otot utama. Otot-otot di kaki kita semuanya terlibat saat menggendong bayi. Dan setiap orang tua tahu bahwa otot-otot tersebut mendapat tantangan ekstra saat si kecil mulai menggeliat.

“Percaya atau tidak, menggendong bayi juga bisa menjadi latihan kekuatan dan kardio!” kata Pajuheshfar. “Tugas berdurasi pendek seperti mengangkat bayi dari lantai, boks bayi, atau kursi mobil lebih berbasis kekuatan. 

Aktivitas yang lebih lama seperti menggendong beban tambahan yang diberikan bayi pada tubuh Anda sambil mengenakan gendongan bayi atau di lengan Anda kemungkinan besar akan mencakup pelatihan daya tahan kardiovaskular dan stamina Anda.

Cara meningkatkan manfaat kebugaran dengan menggendong bayi

"Untuk membuat semuanya menyenangkan, Anda dapat menggunakan bayi Anda sebagai beban tambahan dengan latihan seperti squat, lunge, crunch, trunk twist, dan overhead press untuk memperkuat semua area tubuh Anda," kata Pajuheshfar.

Anda juga disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu kepada pelatih atau konsultan kesehatan Anda sebelum melakukan aktivitas fisik yang lebih berat pascapersalinan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: Selain Menjaga Kesehatan, Ini Manfaat Olahraga Bersama Keluarga

INSTAGRAM | WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."