Resep Homemade Sushi Gulung Aneka Rasa, Ada Tuna Pedas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi sushi. Freepik.com

Ilustrasi sushi. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bosan jajan sushi di restoran? Bagaimana kalau kamu menjajal resep homemade sushi gulung di rumah. Resep ini akan mengajarkan Anda cara membuat homemade sushi roll populer seperti California roll, Philadelphia roll, dan Spicy Tuna Roll. 

Resep Homemade Sushi Gulung

Bahan-bahan:

1 cangkir nasi sushi
1 (4 inci) potong dashi kombu (rumput laut kering)
3 cangkir air
2 sendok makan anggur beras
2 sendok makan gula
¾ sendok teh garam
4 lembar rumput laut nori

Cara Membuat: 

1. Taruh nasi ke dalam mangkuk besar yang dalam. Isi dengan air dingin dan gosok nasi dengan tangan hingga air berubah menjadi putih susu. Tiriskan air yang keruh, berhati-hatilah agar tidak menumpahkan nasi. Ulangi tiga atau empat kali hingga Anda dapat melihat nasi melalui air setinggi 3 inci; tiriskan sekali lagi.

2. Pindahkan nasi ke dalam panci; tambahkan kombu dan 3 cangkir air. Diamkan selama 30 menit. Tutup; didihkan dengan api besar. Kecilkan api; didihkan perlahan selama 10 menit. Angkat dari api dan diamkan, tertutup, selama 5 menit.

3. Aduk cuka beras, gula, dan garam dalam mangkuk kecil hingga larut.

4. Angkat dan buang kombu; aduk campuran cuka hingga tidak ada gumpalan yang tersisa. Ratakan campuran beras ke loyang berukuran 9x13. Mengoleskan membantu mendinginkan nasi dan mencegahnya terus matang. Biarkan dingin hingga mencapai suhu ruangan.

5. Letakkan satu lembar nori di atas alas sushi yang dilapisi plastik; ratakan 1 cangkir nasi di atas nori dengan jari-jari yang basah, sisakan batas 1 inci di sepanjang salah satu sisinya. Susun isian yang diinginkan melintang tepat di tengah nasi. Angkat perlahan tepi nori yang terisi dan gulingkan isian ke arah tepi yang tidak terisi, selipkan saat Anda menggulung. 

6. Olesi tepi nori yang tidak terisi dengan air; tekan untuk menutup. Potong setiap gulungan menjadi 8 bagian. Ulangi dengan sisa nori, nasi, dan isian. Untuk menyiapkan terlebih dahulu, dinginkan, tutup, hingga 4 jam.

Ilustrasi makan sushi. Shutterstock.com

Resep Varian Homemade Sushi Gulung 

1. Philadelphia Roll

Potong dan belah empat mentimun. Iris tipis setiap bagian memanjang untuk membuat 8 tusuk. Potong 4 ons krim keju menjadi 4 batang. Setelah mengoleskan nasi pada nori (jangan tinggalkan pinggiran), taburi setiap gulungan dengan 1 sdt biji wijen putih dan biji wijen hitam. Balik dengan hati-hati. Susun 2 ons salmon asap dingin, mentimun, dan batang krim keju dalam satu garis di atas kertas sekitar sepertiga dari atas. Gulung dan potong sesuai petunjuk. Menghasilkan 4 gulungan.

2. California Roll

Potong dan belah empat mentimun. Iris tipis setiap bagian memanjang untuk membuat 8 tusuk. Iris 1 alpukat menjadi 8 irisan. Potong 31/2 ons kepiting imitasi (surimi) menjadi 4 batang. Susun mentimun, alpukat, dan kepiting secara merata dalam satu garis di atas nasi sekitar sepertiga dari atas nasi. Lapisi setiap gulungan dengan 2 tusuk mentimun dan 2 irisan alpukat. Gulung dan potong sesuai petunjuk. Menghasilkan 4 gulungan.

3. Spicy Tuna Roll

Potong dan belah setengah mentimun. Iris tipis setiap bagian memanjang untuk membuat 8 tusukan. Iris 1 alpukat menjadi 8 irisan. Iris 1 wortel kecil sangat tipis memanjang untuk mendapatkan 1/2 cangkir korek api. Campur 1 kaleng (5 ons) ikan tuna putih padat dalam air, tiriskan; 1 sdm mayones; 1 sdt pasta wasabi; dan 1/2 sdt pasta cabai-bawang putih dalam mangkuk kecil. 

Tata wortel, mentimun, dan alpukat secara merata dalam satu garis di atas nasi di atas loyang sekitar sepertiga dari atas. Sebarkan tuna di sepanjang sayuran. Gulung dan potong sesuai petunjuk. Menghasilkan 4 gulungan.

Pilihan Editor: Tips Membuat Sushi bagi Pemula, Hindari Penggunaan Nasi Lembek

ALL RECIPES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."