Dari Gucci hingga Prada, Ini 10 Kue Bulan yang Terinspirasi Merek Mewah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kue mooncake. Youtube

Kue mooncake. Youtube

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai simbol tradisi dan kemewahan, kue bulan atau mooncake telah lama menjadi makanan penutup yang digemari di Cina. Kue kering yang dipanggang keemasan dan berbentuk bulat sempurna ini diisi dengan pasta biji teratai yang lembut dan kuning telur bebek asin. Kue ini dinikmati selama berabad-abad selama Festival Pertengahan Musim Gugur atau Mooncake Festival.

Camilan ini memiliki sejarah panjang, di antaranya dikaitkan dengan pesan-pesan rahasia yang diselundupkan oleh kaum revolusioner Ming dalam upaya mereka untuk menggulingkan penguasa Mongol selama Dinasti Yuan.

Saat ini, kue bulan melambangkan persatuan dan reuni, yang dibagikan dengan penuh cinta di antara keluarga dan teman. Merek-merek mewah dari seluruh dunia meluncurkan kue bulan versi spektakuler pada Festival Pertengahan Musim Gugur 2024. Dibungkus dengan kemewahan dan penuh dengan kreativitas, kue bulan masa kini memadukan tradisi dengan inovasi. 

Berikut kue bulan keluaran merek-merek mewah di seluruh dunia. 

1. Gucci 

Gucci mengusung tema bulan. Kue bulannya dikemas rapi di dalam kotak kayu yang dilengkapi dengan semua fase bulan yang terukir pada tutupnya.

2. Audemars Piguet

Tahun ini, Audemars Piguet mengubah kotak kue bulan menjadi berbentuk seperti rumah boneka. Kotak ini tidak hanya berisi kue bulan. Ketika membuka pintunya,  akan terlihat bulan purnama yang berkilau dan berlapis emas. Kotak ini juga berfungsi ganda sebagai tempat jam tangan dan kotak perhiasan yang elegan.

3. Loewe

Loewe terinspirasi dari mainan Cina, gasing tradisional atau tuo luo, untuk membuat kotak kue bulan yang terasa nostalgia sekaligus bermakna. Kue dibungkus dalam keranjang yang memukau, ditenun dari bambu dan kayu beech menggunakan teknik anyaman bambu tradisional. Ketika tutupnya diangkat, akan terlihat gasing yang berputar, simbol keberuntungan, bertengger di atas empat kue bulan yang ditata dengan indah. Dalam budaya Tiongkok, gasing lebih dari sekadar mainan; itu adalah jimat untuk mengusir roh jahat dan memohon berkat. Saat berputar, gasing tersebut membangkitkan citra bulan purnama yang terbit, mewujudkan harapan untuk umur panjang dan kebahagiaan.

4. Celine

Celine memilih lebih minimalis. Kue bulan Celine disajikan dalam kotak yang didesain merah ramping, berisi empat kue bulan, masing-masing dengan monogram Triomphe yang ikonik dari merek tersebut. Sederhana namun elegan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."