5 Bahan Alami untuk Atasi Dark Spot di Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah pepaya. Unsplash.com/Pranjall Kumar

Ilustrasi buah pepaya. Unsplash.com/Pranjall Kumar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bintik hitam atau dark spot di wajah bisa menganggu penampilan. Sebab dark spot sulit disembunyikan, bahkan dengan aplikasi concealer cakupan penuh. Untuk mengatasi dark spot, ada beberapa cara alami yang bisa dicoba di rumah, mulai dari pepaya hingga lidah buaya.

1. Eksfoliasi dengan Pepaya

Anda bisa melakukan eksfoliasi alami dengan buah pepaya. Buah tropis tersebut memiliki asam buah yang dikenal sebagai asam alfa-hidroksi, yang merupakan pengelupasan kimia, menurut ahli bedah kulit Dandy Engelman.

“Asam tersebut digunakan untuk kulit kering dan anti-penuaan. Bahan itu bekerja menghilangkan lapisan atas kulit melalui melemahkan lipid yang mengikat mereka bersama-sama, dengan demikian, menghilangkan sel-sel kulit mati dan kusam dan memunculkan sel-sel kulit yang sehat," ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa pepaya sangat efektif dalam memecah sel-sel kulit dan telah terbukti meningkatkan produksi kolagen berkat penghapusan partikel mati.

Untuk mengatasi dark spot dengan pepaya, cukup tumbuk pepaya matang dalam mangkuk dan oleskan sebagai masker untuk membersihkan kulit. Biarkan selama 15-20 menit. Kemudian, saat melepas masker, Anda juga dapat menggunakan gerakan yang lembut dan melingkar untuk menghilangkan lapisan atas sel -sel kulit yang mati.

2. Pakai Yogurt

Seperti sifat pengelupasan kimia yang ditemukan dalam pepaya, yogurt memecah sel -sel kulit mati berkat asam laktat, yang ditemukan secara alami dalam produk turunan susu tersebut.

“Menggunakan yogurt susu sapi bisa efektif dalam menenangkan kulit karena memiliki asam laktat. Asam ini lebih lembut di kulit daripada pengelupasan kimia lainnya. Karena berasal dari susu, asam ini membantu memperbaiki ketidakseimbangan pH, meratakan warna kulit, dan mengurangi kemerahan," ucap dokter Engelman.

Yogurt dapat diaplikasikan langsung pada kulit wajah yang bersih atau dicampur dengan bahan-bahan tambahan yang diketahui meningkatkan kesehatan kulit seperti madu yang merupakan antibakteri dan bagus untuk kulit yang rentan jerawat. Pastikan untuk membilas masker ini dengan hati-hati agar tidak mengiritasi kulit.

3. Masker Kunyit

Selama berabad-abad silam, orang-orang di India, bagian Amerika Tengah, dan daerah subtropis lainnya telah menggunakan kunyit karena sifat penyembuhannya, dari mengurangi peradangan hingga membantu proses pencernaan. Manfaat kunyit juga meluas ke area perawatan kulit, dan telah terbukti menghambat produksi melanin kulit, yang menghasilkan dark spot karena hiperpigmentasi.

Untuk memudarkan dark spot dengan kunyit, buat masker menggunakan satu bagian kunyit dan satu sendok bagian madu. Jika Anda mau, Anda dapat meningkatkan proses pencerahan dengan beberapa tetes jus lemon, selama kulit Anda tidak terlalu sensitif atau berjerawat.

4. Minyak Almond

Menurut dokter Engelman, minyak almond juga bisa mengobati perubahan warna di kulit. Namun perlu diingat, minyak almond yang biasa digunakan untuk memasak tidak sama dengan yang digunakan pada kulit. Jadi, pilihlah minyak almond untuk wajah yang diperkaya kandungan vitamin E dan niasin membantu dengan hiperpigmentasi dan meningkatkan warna kulit.

Karena minyak almond umumnya dipandang sebagai non-komedogenik (artinya tidak akan menyumbat pori-pori Anda), Anda dapat menambahkannya ke rutinitas malam sebagai penghapus riasan atau pelembap untuk membantu melindungi penghalang kulit.

Jika menggunakan sebagai penghilang riasan, oleskan ke kulit kering dan bersihkan dengan waslap sebelum memakai pembersih wajah. Jika menggunakannya sebagai pelembap, oleskan beberapa tetes untuk membersihkan kulit dan biarkan menyerap sebelum melanjutkan ke perawatan kulit selanjutnya.

5. Pakai Lidah Buaya

Bagi sebagian orang, dark spot bukan merupakan hasil dari hiperpigmentasi, tetapi jaringan parut, yang bisa sangat jelas pada mereka yang memiliki lebih banyak kulit kaya melanin.

“Bekas luka tidak dapat diprediksi, yang dapat membuat mereka sulit diobati. Yang paling penting adalah menangani dengan segera,” ucap dokter Engelman.

"Semakin lentur kulit Anda, semakin sedikit kemungkinan bekas luka akan terjadi. Jadi menambahkan kelembapan kembali ke kulit dengan minyak dan losion dapat mengurangi dark spot dan mencegah terbentuknya dark spot baru," katanya.

Lidah buaya dapat dicerna dalam bentuk minuman atau dioleskan pada kulit sebagai pelembap atau penyembuh kulit dengan memecahkan daun tanaman lidah buaya dan mengoleskan zat lengket itu ke bekas luka Anda.

Tidak ada tanaman lidah buaya di rumah? Gel lidah buaya dapat diterapkan langsung ke wajah, seperti halnya banyak pembersih atau pelembap yang mengandung lidah buaya.

Pilihan Editor: Mengenal Sebab Dark Spot di Tubuh dan Cara Mengatasinya

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."