Profil Atalia Praratya, dari Penggagas Sekolah Perempuan hingga Melenggang ke Senayan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Atalia Praratya/Foto: Instagram/Atalia Praratya

Atalia Praratya/Foto: Instagram/Atalia Praratya

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaAtalia Praratya atau akrab disapa sebagai Ibu Cinta lahir pada 20 November 1973 adalah dosen dan figur publik. Atalia adalah istri dari Gubernur Jawa Barat ke-14, Ridwan Kamil. Melalui akunnya, Atalia sering unggah aktivitasnya saat mengikuti acara, bekerja, dan bersama orang-orang terdekat. Pada tahun ini, Atalia mengikuti kontestasi sebagai anggota dewan. 

Pendidikan dan Pekerjaan 

Atalia lulus dari SMA Negeri 5 Bandung. Kemudian, ia melanjutkan kuliah di program studi D-3 PAAP (sekarang Perpajakan) di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran dan S-1 untuk program studi Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan. Atalia melanjutkan studi ke jenjang magister pada program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Pasundan dan menuntaskan pendidikan doktornya pada program studi yang sama di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Saat ini Atalia adalah Komisaris PT Urbane Indonesia sejak 2013, dosen tetap di Universitas Widyatama sejak 2020, pendiri Jabar Bergerak, serta ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat. Ibu tiga anak ini menggagas Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta), penggagas Siaran Keliling, penggagas Satu Data Keluarga Jawa Barat, penggas Berbagi Bersama on the Street, dan penggagas aplikasi Pramuka. 

Sidang promosi Atalia Praratya untuk meraih gelar Doktor Ilmu Komunikasi Unpad, Senin, 10 Oktober 2022.(Dok.Unpad)

Selain Atalia aktif menulis dan aktif dalam berbagai organisai dan Atalia mendapatkan penghargaan atas kontribusi tersebut antara lain Penghargaan IWAPI Kartini Awards 2024 oleh IWAPI Jabar, Penghargaan pada tahun 2023 Wiyata Dharma Utama Bunda Paud Tingkat Nasional. Penghargaan pada tahun 2023 Tanda Penghargaan Lencana Melati oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Penghargaan pada Tahun 2023 dari Gubernur Jawa Barat atas Keberhasilan Program Sekoper Cinta, Penghargaan pada tahun 2023 dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Bandung sebagai “The Most Inspiring Motivator Womenpreneur. 

Atalia juga menuliskan sejumlah buku dan novel, yaitu 89 Cara Bahagia ala Atalia, Catatan Kecil tentang Kita (2019), Mia dan Ikan Goreng (2019), Rendi Sakit Perut (2020), Laki-laki ke-42, Dinda Tidak Rewel Lagi (2022), Women Leadership Digital, dan Cuma Rindu,  

Saat ini, Atalia melenggang ke Senayan setelah terpilih menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Jabar 1 yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi. Ibu tiga anak ini meraup 234.065 suara, atau hampir empat kali lipat dari raihan suara sesama kader Golkar, Nurul Arifin yang meraih 63.203 suara.

Pilihan Editor: Rayakan Ulang Tahun ke-50, Atalia Praratya: Saya Tidak Pernah Merasa Sendiri

INSTAGRAM | WIKIPEDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."