Sampo Anti-ketombe Tidak Mempan? Waspada Gejala Psoriasis Kulit Kepala

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi rambut berketombe. Foto: Freepik.com

Ilustrasi rambut berketombe. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda mengalami kulit kepala yang bersisik, merah, dan gatal, wajar saja jika Anda menganggapnya sebagai ketombe, tetapi sebenarnya itu bisa jadi tanda psoriasis kulit kepala. Meskipun kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit kepala bersisik, keduanya berbeda. 

Penting untuk memahami perbedaannya guna menemukan pendekatan yang tepat untuk mengelola kesehatan kulit kepala Anda, terlebih jika sampo anti-ketombe sudah tidak mempan. Bagi mereka yang berjuang melawan kulit kepala yang bersisik dan gatal, berkonsultasi dengan spesialis psoriasis kulit kepala dapat menjadi hal yang penting untuk diagnosis yang tepat dan rencana pengobatan yang efektif.

Apa Penyebab Psoriasis Kulit Kepala?

Dalam wawancara dengan HT Lifestyle, Dr. BL Jangid, Dokter Kulit dan Ahli Bedah Transplantasi Rambut di Klinik SkinQure di Saket, New Delhi, menjelaskan psoriasis kulit kepala adalah gangguan peradangan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat, yang menyebabkan perkembangbiakan sel kulit yang cepat. 

Produksi sel-sel kulit yang berlebihan ini mengakibatkan bercak-bercak merah yang gatal yang ditutupi sisik berwarna putih keperakan. Di sisi lain, ketombe biasanya disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebihan atau reaksi terhadap produk perawatan rambut dan tidak disebabkan oleh masalah kekebalan tubuh.”

Ia menjelaskan bagi orang yang mengalami ketidaknyamanan kulit kepala dan ketombe parah, teknik menghilangkan psoriasis kulit kepala lebih rumit daripada teknik menghilangkan ketombe biasa. Psoriasis kulit kepala juga memiliki komponen genetik yang kuat. Anda lebih mungkin mengalami kondisi kulit ini jika memiliki riwayat psoriasis dalam keluarga. Berkonsultasi dengan spesialis psoriasis kulit kepala dapat membantu Anda menemukan pilihan pengobatan yang tepat.

Cara Membedakan Psoriasis Kulit Kepala dan Ketombe

Psoriasis kulit kepala tampak seperti bercak merah dan meradang yang ditutupi sisik tebal berwarna keperakan, sedangkan ketombe biasanya tampak seperti serpihan kecil berwarna putih atau kekuningan.

Pada psoriasis kulit kepala, kulit mungkin tampak lebih tebal dengan kilau putih atau keperakan, sedangkan serpihan ketombe lebih halus dan lebih seperti tepung. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa gatal, tetapi psoriasis kulit kepala juga dapat menyebabkan sensasi terbakar atau kesemutan pada kulit kepala.

Psoriasis kulit kepala terkadang dapat menyebabkan rambut menipis atau rontok sementara, yang jauh lebih jarang terjadi pada ketombe. Ketombe lebih mudah diatasi dengan pengobatan OTC. Psoriasis menyebabkan kondisi kulit yang gatal, dapat datang dan pergi sepanjang hidup Anda.

Kondisi ini terkait dengan respons imun yang terlalu aktif dan tidak menular. Jika Anda mengalami perubahan kulit yang tidak kunjung hilang, konsultasikan dengan dokter kulit Anda untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan rencana pengobatan yang disesuaikan.

Pilihan Editor: Ketahui Gejala Psoriasis, Biasanya Muncul di Siku, Punggung, Lutut, hingga Kulit Kepala

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."