4 Pesan Film Home Sweet Loan Buat Para Pejuang Hidup

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
(Dari kiri) Aktris Risty Tagor, Fita Anggriani, Derby Romero, dan Yunita Siregar saat ditemui usai konferensi pers film Home Sweet Loan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu, 18 September 2024. TEMPO/Jasmine

(Dari kiri) Aktris Risty Tagor, Fita Anggriani, Derby Romero, dan Yunita Siregar saat ditemui usai konferensi pers film Home Sweet Loan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu, 18 September 2024. TEMPO/Jasmine

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Film Home Sweet Loan yang diadaptasi dari novel karya Almira Bastari mulai tayang di bioskop hari ini, Kamis, 26 September 2024. Film ini mengisahkan tentang Kaluna yang diperankan Yunita Siregar.

Kaluna adalah gadis pekerja keras di ibu kota yang tinggal bersama keluarganya. Dia serumah dengan orang tua serta kakak-kakaknya yang sudah berumah tangga.

Kaluna memilih hidup frugal serta ambisius ingin memiliki rumah sendiri. Namun, kenyataan pahit sering dia hadapi, karena dia harus bertanggung jawab atas masalah keuangan keluarganya.

Pada acara press screening film Home Sweet Loan di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta, Rabu, 18 September 2024, para pemain serta pembuat film ini memberikan tanggapan mengenai pelajaran serta pesan yang mereka petik dari kisah Home Sweet Loan.

1. Kita tidak sendirian

Penulis novel Home Sweet Loan, Almira Bastari, mengaku puas dengan film adaptasi yang digarap oleh sutradara Sabrina Rochelle Kalangie ini. Bahkan dia juga menangis saat menonton hasil akhirnya.

Setelah mengikuti beberapa kali screening dengan penonton, Almira mengaku banyak didatangi oleh penggemar yang mengadu tentang nasibnya. "Mereka bilang, makasih udah bikin cerita kayak gini. Banyak keluarga yang kondisinya lebih parah dari cerita di film ini," tutur Almira.

Menurut dia, banyak orang yang menjalani hidup seperti Kaluna atau pun para pemeran lainnya di Home Sweet Loan. Namun, mereka malu dan segan bercerita. 

"Banyak orang yang mengalah atau menunda cita-citanya (demi menghidupi keluarganya). film ini untuk banyak orang dan ingin mereka semangat. Mereka enggak sendirian," ucap perempuan berhijab itu.

Bahkan di media sosial pun, muncul tagar #AkuKaluna, karena warganet yang menonton film ini merasa jalan ceritanya relate dengan kehidupannya sendiri.

Poster Film Home Sweet Loan. Dok. Visinema Pictures.

2. Semua orang berhak bahagia

Aktris Risty Tagor terlibat dalam film ini. Dia berpesan sebagai Tanisha, salah satu sahabat Kaluna.

Tanisha dikisahkan sebagai working mom yang memiliki masalah keharmonisan dengan mertua. Dia pun memilih tinggal berpisah dengan mertuanya dan mandiri sambil mengurus anak, hingga meminta bantuan teman-temannya.

Dalam film tersebut, Tanisha juga dihadapkan pilihan untuk naik jabatan namun harus pindah kota. Tanisha pun memilih jalan yang bisa membuatnya bahagia.

"Setelah nonton, kalian (akan merasa) enggak sendirian. Ini bisa jadi cara untuk menyampaikan bahwa semua berhak bahagia sesuai versinya masing-masing," tutur Risty yang sudah lama hiatus dari seni peran ini.

3. Jadi anak bungsu tidak selalu mudah

Yunita Siregar yang memerankan karakter Kaluna, dikisahkan adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Meski mempunyai dua saudara yang sudah berkeluarga, namun, dia dibebankan mencukupi beberapa kebutuhan rumah, seperti mengisi token listrik dan bergelut di dapur.

"Kemiripan Kaluna dan aku lumayan banget. Meski fase bebannya (Yunita) sudah terlewati. Bungsu rasa sulung," tutur perempuan 30 tahun itu.

Dia ingin menyampaikan perasaannya lewat film Home Sweet Loan. Bahwa, terkadang, luka paling dalam yang kita rasakan berasal dari orang terdekat yaitu keluarga.

"Mudah-mudahan film ini bisa jadi teman dan semoga bisa sembuh dari luka yang ada di hati kita," kata Yunita. Menurut dia, semua karakter di film ini bisa jadi ada di kehidupan nyata.

"Bungsu itu tidak selalu mudah ya. Misalnya seorang kakak, setelah nonton ini bisa berpikir, gue mau lebih baik lagi ke adik gue," tuturnya.

4 Jangan lupa memikirkan diri sendiri

Fita Anggriani dan Derby Romero yang juga berperan sebagai sahabat Kaluna, kompak berpesan bahwa sebelum membantu dan menolong orang lain, kita harus memikirkan diri sendiri.

"Seperti di pesawat, kita dianjurkan memasang selang oksigen ketika terjadi darurat, sebelum membantu orang lain," ujar Fita yang memerankan tokoh Miya.

Dalam film, Kaluna disebut pelit oleh pacarnya. Dia juga memilih mendengar lagu-lagu dari platform online secara gratis meski punya tabungan ratusan juta. Dia juga jarang berbelanja. Namun positifnya, dia tidak pernah berutang.

Pilihan Editor: Yunita Siregar Wakili Keresahan Generasi Sandwich di Film Home Sweet Loan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."