7 Aktris Indonesia yang Menjajal Dunia Sutradara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Wulan Guritno saat red carpet Festival Film Indonesia (FFI) 2023 bertajuk Piala Citra di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 14 November 2023. FFI dihadiri sederet insan perfilman Tanah Air serta diramaikan oleh penampilan Iwan Fals dan Rossa. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Wulan Guritno saat red carpet Festival Film Indonesia (FFI) 2023 bertajuk Piala Citra di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 14 November 2023. FFI dihadiri sederet insan perfilman Tanah Air serta diramaikan oleh penampilan Iwan Fals dan Rossa. TEMPO/ Febri Angga Palguna

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di industri film Indonesia, sejumlah aktris tak hanya berperan di depan kamera, tapi juga mengambil alih kursi sutradara. Berikut adalah daftar aktris yang telah menjajal dunia sutradara:

1. Wulan Guritno

Wulan Guritno menunjukkan kemampuannya di belakang layar dengan menyutradarai film indie berjudul Bidan Lelaki dalam ajang LA Lights Movie 2008.

Wulan mengaku mendapat banyak pengalaman dari menggarap film pertamanya ini. Mulai dari pengiritan biaya, menulis sinopsis, skrip, hingga mencari pemain.

2. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo. Foto: Instagram/@therealdisastr

Dian Sastrowardoyo menjajal dunia penyutradaraan dengan film omnibus berjudul Quarantine Tales. Filmnya terinspirasi dari masa pandemi Covid-18.

Quarantine Tales merupakan kumpulan cerita oleh 5 sutradara yang menceritakan kisah kehidupan yang dialami mereka selama pandemi.

3. Pevita Pearce

Pevita Pearce berperan sebagai Tara di serial Katarsis. Dok. Vidio

Pevita Pearce memulai debutnya sebagai sutradara dengan film pendek. Meskipun baru, karya-karyanya menunjukkan kreativitas dan kepekaannya terhadap isu-isu sosial.

Belakangan, dia mengumumkan dirinya menjadi sutradara sekaligus produser dalam series berjudul The One.

4. Nikita Willy

Gaya Nikita Willy mengenakan koleksi terbaru Vanilla Hijab yang bertema CEO Era, Rabu, 12 Juli 2023 di Jakarta/Foto: Doc, Vanilla

Nikita Willy juga terjun ke dunia penyutradaraan dengan TV Movie Romeo dan Juliet di Pinggir Kali serta Pacar Sewaan.

5. Ria Irawan

Ria Irawan. Instagram

Mendiang Ria Irawan yang dikenal sebagai aktris veteran, juga mencoba tangan di belakang layar. Ia menyutradarai beberapa proyek, membawa perspektif yang kaya dari pengalaman panjangnya di industri.

Ternyata, Ria menggarap film Janji Joni sebagai sutradaranya. Film ini dibintangi oleh aktor Nicholas Saputra bersama aktris Mariana Renata.

6. Acha Septriasa

Acha Septriasa (tangkapan layar YouTube)

Acha Septriasa mengarahkan film drama romantis di tahun 2014 dengan judul Aku Cinta Kamu.

Film ini berisi kumpulan empat kisah cinta berbeda yang menyajikan potret intim setiap orang dalam mengatasi berbagai masalah romantis.

7. Luna Maya

Luna Maya menghadiri konferensi pers dimulainya proses syuting WeTV Original Main Api, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Mei 2024. TEMPO/Marvela

Luna Maya yang kerap mendapat peran di film horor juga menjajal dunia sutradara dengan film Suci and The City (2008), Pintu Harmonika segmen Skors (2013), dan series Ustad Milenial (2021).

Nah, Sahabat Cantika, itulah daftar aktris Indonesia yang menjajal jadi sutradara. Keberanian aktris-aktris ini untuk menjajal dunia sutradara menunjukkan bahwa mereka memiliki visi dan kreativitas yang luas. 

Dengan eksplorasi ini, mereka tidak hanya memperkaya karya seni, tapi juga memberikan inspirasi bagi generasi mendatang di industri film Indonesia.

Pilihan Editor: Profil dan Perjalanan Karier Michelle Yeoh, Aktris Asal Malaysia yang Genap Berumur 62 Tahun

IMDB | WIKIPEDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."