Mengalami Burnout? Jaga Kewarasan dengan 7 Kebiasaan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perempuan alami social burnout. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi perempuan alami social burnout. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sedang merasakan burnout? Meluangkan waktu untuk beberapa kebiasaan sehat dapat membantu Anda merasa lebih seimbang, tenang, dan terhubung karena peningkatan kesejahteraan mental Anda dimulai dengan perawatan diri - aktivitas penting yang terkadang diabaikan dalam kehidupan yang sibuk. Perawatan diri tidak hanya menurunkan tingkat stres tetapi juga menumbuhkan rasa stabilitas emosional dan cinta diri yang kuat.

Mengikuti praktik perawatan diri dapat meningkatkan kesehatan mental Anda:

1. Meditasi Perhatian Penuh

Dalam wawancara dengan HT Lifestyle, Dr. Gorav Gupta, CEO dan Psikiater Senior di Tulasi Healthcare, merekomendasikan, “Menghabiskan beberapa menit saja setiap hari untuk latihan perhatian penuh dapat membantu Anda menjadi lebih tenang, tidak terlalu cemas, dan rileks. Anda dapat mengendalikan pikiran dan emosi dengan lebih baik jika Anda memusatkan perhatian pada saat ini.”

Dengan keahliannya, Saurabh Bothra, CEO dan Instruktur Yoga Bersertifikat di Habuild, menyarankan, “Keheningan adalah jawaban yang bagus untuk mengatasi rasa kewalahan! Berhentilah sejenak dan tarik napas dalam-dalam beberapa kali setiap kali Anda merasa berat. Anda dapat mencoba aplikasi meditasi, bernapas dalam-dalam selama beberapa menit, atau sekadar menikmati momen tanpa gangguan.”

2. Tetap Aktif dengan Aktivitas Fisik Teratur

Dr. Gorav Gupta berbagi, “Olahraga teratur, baik itu yoga, berenang, atau jalan cepat, mendorong pelepasan endorfin, yang merupakan peningkat suasana hati alami tubuh. Terlibat dalam aktivitas fisik meningkatkan emosi kesejahteraan dan meningkatkan kejernihan mental."

Saurabh Bothra menambahkan, “Menggerakkan tubuh juga mengubah suasana hati Anda! Anda tidak harus pergi ke pusat kebugaran, mencoba jalan kaki singkat, atau menari mengikuti lagu favorit Anda. Yoga adalah cara luar biasa lainnya untuk menyelaraskan pikiran-tubuh-jiwa Anda. Hanya 10-15 menit bergerak dapat melepaskan endorfin, hormon 'perasaan senang." 

3. Menuliskan pikiran atau membuat jurnal

Dr. Gorav Gupta mengungkapkan, “Mengekspresikan ide dan emosi Anda dalam tulisan memungkinkan introspeksi dan pelepasan emosi. Menulis jurnal meningkatkan kesadaran diri dan penyembuhan dengan membantu pemrosesan emosi, pemantauan kemajuan, dan rasa koneksi diri yang lebih besar.”

Saurabh Bothra menegaskan, “Tuliskan semuanya! Bahkan beberapa baris sehari dapat membantu Anda memproses emosi, menjernihkan pikiran, dan melepaskan stres. Biarkan kata-kata mengalir dan lihat ke mana arahnya. Ini adalah ruang Anda untuk sepenuhnya jujur ??dengan diri sendiri.”

4. Kebiasaan Tidur yang Sehat

Menurut Dr. Gorav Gupta, menjadikan tidur sebagai prioritas sangat penting untuk kesehatan mental. Tidur yang cukup membantu Anda bangun dengan perasaan segar kembali dan siap menghadapi hari dengan memulihkan fungsi otak, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi rasa mudah tersinggung.

5. Bicara Positif dengan Diri Sendiri

Dr. Gorav Gupta mengemukakan, “Mengembangkan suara hati yang penuh kasih sayang dapat mengubah perspektif Anda terhadap rintangan. Pola pikir yang baik dan penerimaan diri dapat dipupuk dengan mengulang-ulang afirmasi dan memikirkan ide-ide positif.”

6. Berlatih Bersyukur Setiap Hari

Kita sering kali menganggap remeh apa yang sudah kita miliki dan merasa kasihan terhadap hidup kita. Saurabh Bothra menyarankan, “Luangkan waktu beberapa saat setiap hari untuk memikirkan tiga hal yang Anda syukuri. Hal itu dapat sesederhana hari yang cerah, secangkir teh yang nikmat, atau kata-kata baik dari seorang teman. Rasa syukur mengalihkan fokus Anda ke hal yang positif, membantu Anda merasa lebih bahagia dan lebih puas.”

7. Terhubung dengan Alam

Saurabh Bothra berkata, “Alam melibatkan semua indra Anda dan membantu Anda merasa tenang yang dapat meningkatkan suasana hati Anda secara signifikan. Baik itu berjalan-jalan di taman, duduk di kebun Anda, atau bahkan hanya membuka jendela untuk menghirup udara segar, terhubung dengan alam memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh.”

Anda akan memiliki keseimbangan emosional yang lebih baik, kejernihan mental, dan rasa cinta diri yang lebih kuat jika Anda mengadopsi rutinitas ini ke dalam kehidupan sehari-hari karena Anda akan belajar lebih banyak tentang nilai mengutamakan diri sendiri, semakin banyak waktu dan upaya yang Anda curahkan untuk perawatan diri. Kebiasaan kecil sehari-hari ini adalah cara sederhana namun ampuh untuk memelihara kesehatan mental Anda, jadi mulailah dengan satu atau dua kebiasaan yang sesuai dengan Anda dan secara bertahap bangun.

Pilihan Editor: Ketahui Tanda Kamu Alami Social Burnout dan Cara Mengatasinya

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."