Apa Saja Keunikan Wisata di Greater Bay Area?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Greater Bay Area (bayarea.gov.hk)

Greater Bay Area (bayarea.gov.hk)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hong Kong, Makau, dan Guangdong memperkenalkan wisata di Greater Bay Area (GBA) kepada turis Indonesia. Greater Bay Area  merupakan kawasan ekonomi yang mempertemukan kota metropolitan Hong Kong, Makau, dan Provinsi Guangdong di Cina. 

Kota-kota ini menawarkan keunikannya masing-masing. Hong Kong memiliki lanskap perkotaan modern sekaligus bersejarah. Wisatawan juga bisa menikmati kuliner yang sebagian sudah memiliki sertifikasi halal. 

Adapun Makau menawarkan perpaduan budaya yang unik antara Portugis dan Cina. Jadi, selain menjelajahi kotanya yang modern, wisatawan juga bisa mengeksplorasi budaya.  

Bagi yang ingin menjelajahi budaya, Guangzhou, ibu kota Guangdong, memiliki kuil-kuil kuno yang memikat, arsitektur modern, dan berbagai pasar yang semarak. Wisatawan juga bisa menjelajahi masa lalu hingga masa kini Shenzen di provinsi ini lewat situs-situs bersejarah dan kemajuan teknologinya. 

Transit Bebas Visa

Bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi kawasan Greater Bay Area, Hong Kong bisa menjadi pintu masuk karena wilayah ini memberikan bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia. Dari Hong Kong, wisatawan Indonesia bisa memasuki wilayah Cina daratan yang masuk kawasan Greater Bay Area dengan kebijakan transit bebas visa 144 jam. 

Deputy Executive Director of Hong Kong Tourism Board Becky Ip mengatakan, lokasi Hong Kong yang strategis dan konektivitas menjadikan kota ini sebagai pintu gerbang menuju GBA.  

"Kami percaya bahwa kampanye GBA akan semakin menginspirasi wisatawan Indonesia, terutama Gen Z dan Milenial, untuk menemukan pengalaman unik mereka sendiri dalam menjelajahi kawasan ini dan menciptakan perjalanan yang tak terlupakan," kata dia dalam peluncuran kampanye Greater Bay Area: Connecting Great Experiences di Jakarta, Kamis, 26 September 2024. 

Kereta Api Berkecepatan Tinggi

Kawasan ini menawarkan infrastruktur yang memudahkan wisatawan menjelajahi ketiga wilayah itu. Kereta api berkecepatan tinggi dapat menghubungkan Hong Kong dengan Guangdong, ada juga Jembatan Hong Kong - Zhuhai - Macao menghubungkan Hong Kong dan Makau dengan sembilan kota kota di Provinsi Guangdong (Guangzhou, Shenzhen, Zhuhai, Foshan, Huizhou, Dongguan, Zhongshan, Jiangmen, Zhaoqing). 

"Dengan konektivitas yang komprehensif antara Guangdong, Hong Kong, dan Macao, perjalanan multi-destinasi menjadi lebih mudah dan tanpa hambatan bagi wisatawan Indonesia, terutama bagi keluarga, dalam menjelajahi berbagai atraksi budaya dan wisata yang ramah bagi keluarga," kata Chen Gui Jie, Inspector at Level 2, Department of Culture and Tourism of Guangdong Province. 

Deputy Director of Macao Government Tourism Office Cheng Wai Tong mengatakan bahwa Makau juga merupakan UNESCO Creative City of Gastronomy. Kuliner Makau menampilkan perpaduan tradisi dan inovasi, yang dianggap sebagai kuliner fusi pertama di dunia oleh banyak pihak. 

Pilihan Editor: 4 Tempat Wisata Alam Hidden Gems di Hong Kong, Cocok untuk Hiking

MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."