5 Cara Terbaik Mengolah Telur Jadi Menu Sarapan Kaya Nutrisi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Telur panggang/Foto: Gregg Duppre

Telur panggang/Foto: Gregg Duppre

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sarapan bergizi penting untuk mengawali hari sehingga kita bisa kenyang dan fokus sampai makan siang. Telur sering jadi menu andalan kita saat sarapan. Bahan yang satu ini praktis, murah, enak, dan bergizi.

"Telur memang pilihan populer karena kemudahannya dan kandungan protein tinggi tapi tak semua telur diolah sama buat sarapan," kata pakar diet Annelise Prigge, dikutip dari Fox News Digital.

Apakah telur itu dibuat orak-arik, telur dadar, direbus, atau digoreng mata sapi, pakar gizi membagi lima cara terbaik untuk mengolah telur agar bikin kenyang sampai waktu makan siang, plus tambahan nutrisi yang bermanfaat. 

1. Tambahkan kandungan protein

Tambahkan protein pada menu sarapan dengan mencampurkan keju cottage ke telur orak arik. Bisa juga menambahkan sosis ayam tanpa kandungan nitrat, atau taburkan keju rendah lemak di atas telur dadar.

2. Lengkapi dengan serat

Daripada roti putih, pilih roti gandum atau oat. "Karbohidrat kompleks ini menyediakan energi lebih lama dan lebih banyak serat," kata Prigge.

3. Campurkan oatmeal

"Jika ingin sarapan yang manis, masak telur dengan oatmeal," saran pakar diet Jessica Cording.

4. Lengkapi dengan sayuran

Daripada hanya menyantap telur dadar atau orak arik polos, lengkapi dengan sayuran agar lebih kenyang dan makanan lebih berwarna. "Tambahkan bayam, tomat, paprika, jamur ke olahan telur agar lebih kenyang," ujar Prigge.

5. Tambahkan buah 

Berbagai jenis beri bisa jadi tambahan yang lezat pada olahan telur. Atau tambahkan alpukat yang tinggi serat.

Nah, itu dia 5 tips mengolah telur agar jadi menu sarapan sehat dan lebih bergizi. Selamat mencoba resep ini ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: Resep Pancake Keju untuk Sarapan Akhir Pekan Bersama Keluarga

YAYUK WIDIYARTI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."