Potret Menlu Retno Marsudi Pakai Sepatu Beda Motif, Kali Ini Model Marry Jane

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Retno Marsudi/Foto: Instagram/Retno Marsudi

Retno Marsudi/Foto: Instagram/Retno Marsudi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dikenal dengan gayanya yang kece saat bekerja. Tapi dibandingkan dengan pakaiannya, orang selalu tertarik melihat sepatunya. Itu karena Retno sering mengenakan sepatu lain sebelah atau sepatu selen.

Dalam bahasa Jawa, selen berarti beda pasangan alas kaki. Di konteks ini, Menteri Retno Marsudi memakai sepatu yang modelnya sama, namun beda warna atau motif antara yang sebelah kiri dan kanan.

Seperti pada foto yang diunggah Retno di laman Instagram dua hari yang lalu saat ia tengah menghadiri rapat di UN Headquarters New York. Seperti biasa ia tampil trendy dalam balutan suit blazer monokrom dengan tambahan aksesori brooch dan kalung serta anting mutiara. 

Sepatu yang dikenakan Retno menjadi fashion statement, ia mengenakan flat shoes dengan model Marry Jane motif khas Indonesia, kaki kanan motif warna kuning sedangkan di kaki kiri motif warna merah. 

Sepatu Mary Jane merupakan salah satu fashion item vintage yang punya ciri sepatu berpotongan rendah dengan satu tali atau lebih yang terletak di punggung kaki. Sepatu ini biasanya dibuat dengan material kulit berwarna hitam atau cokelat serta sol luar yang tipis.

Bukan hanya sekali ini Retno memakai sepatu selen, pada sebuah foto lama menunjukkan Retno Marsudi sedang dikawal oleh personel TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Darat di sebuah landasan, ia  memakai kemeja putih dan celana panjang hitam. Sebagai alas kaki, dia mengenakan sepatu selen berwarna merah di kaki kanan dan biru di kaki kiri.

Banyak momen lain yang memperlihatkan Retno melangkah mantap dengan sepatu beda warna. Tak jarang sepatu yang dia kenakan merupakan buatan dalam negeri.

1. Sneakers hitam putih

Retno menemani Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk melepas bantuan ke Turki dan Suriah setelah dua Negara tersebut dilanda gempa bumi. Retno saat itu mengenakan blus putih dengan celana panjang hitam, serasi dengan Jokowi dan Prabowo, yang juga hadir, yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Serasi dengan pakaiannya, Retno saat itu memilih sepatu hitam di sebelah kanan dan putih di sebelah kiri.

2. Oxford hitam dan kuning

Menlu Retno Marsudi mendampingi Presiden Jokowi meninjau fasilitas-fasilitas yang kemungkinan akan digunakan untuk pelaksanaan KTT ASEAN. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Jakarta Convention Center. Mengenakan atasan batik cokelat dan celana hitam, Retno tampil gaya dengan sepatu oxford hitam polos di sebelah kiri dan hitam-kuning di sebelah kanan. 

3. Loafers hitam putih

Selain saat bekerja, Retno juga tampil stylish ketika sedang bersama keluarga, salah satunya ketika bersantai dengan suami dan cucunya. Ketika itu Retno yang seperti berada di sebuah resor menemani sang cucu yang sedang bermain. Dia terlihat mengenakan gaya monokrom dengan atasan hitam putih dan celana hitam, serta bandana menghiasi kepala. Sepatunya mencuri perhatian karena beda sebelah, kiri berwarna putih dengan lis cokelat dan kanan hitam dengan lis putih.a.

4. Oxford hitam putih dan oranye

Retno menyukai gaya monokrom. Sebagian besar gayanya mengenakan blus atau kemeja puith dengan celana hitam, atau salah satunya saja. Tapi, saat mengantar cucunya mengikuti kelas percobaan di sekolahnya, dia mengenakan sepatu yang sedikit berwarna. Sepatu kirinya hitam dan putih, sementara sebelah kanan hitam dan oranye.

Pilihan Editor: Potret Menteri Retno Marsudi Salat Idul Adha Bersama Anak dan Cucu

MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."