8 Penyebab Makeup Tidak Menempel di Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai makeup. Foto: Freepik.com/Lifestyle Memory

Ilustrasi wanita memakai makeup. Foto: Freepik.com/Lifestyle Memory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Riasan atau makeup tidak menempel di wajah adalah hal yang tak diinginkan setiap perempuan. Biasanya ciri makeup tidak menempel di wajah ketika elemen-elemen produk makeup terpisah, menghasilkan aplikasi yang tidak merata, menurut penata rias Elizabeth Seropian.

Lantas, apa saja penyebab makeup tidak menempel di kulit wajah?

1. Tidak Melakukan Skin Preparation

Tidak melakukan skin preparation bisa menjadi penyebab makeup tidak menempel di kulit wajah. Terlepas dari jenis kulit, menerapkan serangkaian produk perawatan kulit merupakan langkah terpenting dalam menyiapkan kulit sebelum merias wajah.

Selain menerapkan produk skincare dasar, pertimbangkan pengelupasan atau eksfoliasi sel kulit mati.

2. Kulit Berminyak atau Kombinasi

Jenis kulit berminyak atau kombinasi juga bisa memicu makeup tidak menempel sempurna di wajah. Menurut penata rias Sofia Tilburry, penumpukan minyak di wajah bisa menyebabkan foundation bergeser

Jadi, sebaikanya memilih produk perawatan kulit yang memerangi minyak, dan persiapkan kulit Anda untuk mendapatkan kanvas makeup yang sempurna.

3. Tidak Memakai Primer

Setelah melakukan skin preparation dengan baik, penata rias Kristen Fortier menekankan pentingnya menggunakan primer yang sesuai dengan kulit untuk mengunci makeup.

Menurut dia, makeup tidak menempel bisa disebabkan karena melewatkan primer atau pelembap.

4. Terlalu Banyak Memakai Foundation

Hati-hati saat mengaplikasikan alas bedak atau foundation. Jika terlalu banyak, bisa menyebabkan makeup tidak menempel di wajah. Lebih baik mengaplikasikan foundation sedikit demi sedikit, lalu lihat hasilnya di wajah.

Bila tampak belum coverage sempurna, lakukan hal yang sama seperti sebelumnya, sedikit demi sedikit.

"Semakin tebal foundation, maka semakin besar kemungkinan makeup tidak menempel sepanjang hari," ucapnya.

5. Memakai Foundation yang Salah

Masih soal foundation, jika Anda memilih produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit bisa membuat makeup tidak menempel.

Misalnya, jika seseorang memiliki kulit kering dan memilih foundation matte, itu akan mengendap di tempat-tempat kering dan membentuk area kering yang memisahkan riasan.

Jika Anda berminyak, pilih foundation yang menyerap minyak atau matte. Alas bedak tersebut dapat menyerap saat Anda secara alami menghasilkan lebih banyak minyak sepanjang hari.

6. Mencampur Formula Riasan yang Tidak Tepat

Jika tidak berhati-hati, mencampur formula makeup yang tidak tepat bisa membuat makeup tidak menempel di wajah.

Contohnya, Collier mencatat bahwa memasangkan formula makeup yang kontras dengan produk berbasis minyak dengan produk berbasis air juga dapat menyebabkan pemisahan.

7. Memakai Makeup Bubuk sebelum Krim

Para penata rias dengan suara bulat setuju bahwa selalu oleskan produk krim sebelum bubuk Anda kecuali produk secara eksplisit menginstruksikan sebaliknya.

"Aplikasi makeup yang salah, seperti menerapkan formula berbasis cairan di atas bubuk dapat menyebabkan makeup tidak menempel," kata Tilbury.

Selalu oleskan makeup bubuk terakhir dan fokuslah pada zona T untuk menghindari terlihat kering dan rata.

8. Anda Tidak Memakai Setting Spray

Setting spray salah satu langkah penting mengunci riasan. Dan tergantung di mana Anda tinggal, mengatur setting spray bisa menjadi langkah penting.

"Mereka yang tinggal di lingkungan yang panas dan lembap juga dapat mengalami penumpukan ini," kata Tilbury.

"Setting spray dengan airbrush tanpa cela adalah teman terbaik Anda untuk mengunci penampilan rias Anda di tempatnya hingga 16 jam. Dan dapat diterapkan kembali saat menyegarkan dan menghidupkan kembali riasan Anda, jadi terlihat baru diterapkan sepanjang hari," ucapnya.

Kesimpulannya saat makeup tidak menempel di wajah, langkah pertamanya adalah mengidentifikasi penyebabnya. Apakah itu kulit berminyak, dua formula produk yang tidak dapat dipakai secara bersamaan, atau hanya kurangnya persiapan kulit. Dengan solusi yang tepat, Anda dapat mencapai dasar riasan yang indah.

Pilihan Editor: Inspirasi Makeup 6 Zodiak Berikut: Aries Suka Dramatis, Sederhana Favorit Virgo

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."