Hari Kopi Internasional 2024, Intip 5 Manfaat Minum Kopi Pagi Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Kira Auf Der Heide

Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Kira Auf Der Heide

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Kopi Internasional dirayakan pada hari ini, 1 Oktober. Seperti diketahui jika kopi menjadi salah satu minuman yang digemari banyak orang. Tak heran, rasanya yang pahit dan manis menjadi satu memanjakan lidah yang kerap bikin ketagihan. Tak hanya memberikan kenikmatan dengan rasanya, aroma dari kopi membuat orang jatuh cinta.

Menikmati kopi juga jadi salah satu aktivitas rutin yang dilakukan banyak orang setiap harinya. Setiap orang juga memiliki jenis olahan kopi yang menjadi preferensi mereka. Mulai dari espresso yang pekat, coffee latte yang didominasi susu, cappuccino dengan foam yang lembut, hingga es kopi susu yang tengah diminati banyak orang. Menyeruput secangkir kopi hangat di pagi hari memiliki lebih banyak manfaat daripada yang kita ketahui.

Dari meningkatkan kesehatan otak hingga menurunkan risiko depresi, berikut ini adalah banyak manfaat minum secangkir kopi di pagi hari.

1. Meningkatkan tingkat energi

Kopi mengandung kafein – stimulan sistem saraf – yang dikenal karena kemampuannya untuk melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat energi dalam tubuh. Secangkir kopi pagi setiap hari dapat membantu kita memulai hari dengan perspektif yang lebih berenergi.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Dalam jangka panjang, minum secangkir kopi di pagi hari membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Kopi kaya akan antioksidan yang dapat membantu memengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme tubuh.

3. Mendukung kesehatan otak

Kopi dapat membantu mencegah perkembangan gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer. Kopi juga dikaitkan dengan risiko demensia dan penurunan kognitif yang lebih rendah pada manusia.

4. Menurunkan risiko depresi

Kopi membantu memberi energi pada pikiran dan tubuh, dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan – karenanya, minuman pagi ini dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah.

5. Mengatur berat badan

Kopi dapat membantu mendukung manajemen berat badan dan mungkin terkait dengan penurunan lemak tubuh. Satu studi juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih cenderung aktif secara fisik.

Nah, membaca manfaatnya di atas apakah Sahabat Cantika tertarik minum kopi pagi hari? 

Pilihan Editor: Hari Kopi Internasional, Kenali Perangkat Pembuat Kopi yang Cocok dengan Gayamu

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."