Elegansi Hitam Putih dari Panggung Fashion Nation ke-18

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Koleksi Indonesia Fashion Designer Council di Fashion Nation 2024. Foto: Cantika/Zhahira Reka Firdania.

Koleksi Indonesia Fashion Designer Council di Fashion Nation 2024. Foto: Cantika/Zhahira Reka Firdania.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Indonesia Fashion Designer Council (IFDC) turut merayakan rangkaian Anniversary Senayan City ke-18, dengan menyuguhkan presentasi busana dalam perhelatan Fashion Nation. Karya dua puluh lima desainer anggota IFDC berada dalam satu runway yang mengangkat tema ‘Hitam Putih’. 

Momentum istimewa ini akan membawa kembali memori para pecinta mode Indonesia pada perjalanan IFDC dari masa ke masa. IFDC pertama kali berdiri pada tahun 1986, dengan nama Ikatan Perancang Busana Madya Indonesia (IPBMI) diprakarsai oleh Sjamsidar Isa, Chossy Latu, Ghea Panggabean, Biyan Wanaatmadja, Harry Darsono, Susan Budihardjo, dan Almarhum Prayudi.

Seiring perjalanannya, pada 1988, atas saran Kementerian Dalam Negeri, IPBMI mengalami perubahan nama menjadi Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI). IPMI yang juga dikenal sebagai Indonesia Fashion Designer Council (IFDC). Pada tahun 2024 ini mengukuhkan kembali penyebutan IPMI kembali menjadi IFDC, guna mempermudah dalam menjangkau khalayak internasional.

Para desainer yang tergabung dalam Indonesia Fashion Designer Council tampil di ajang Fashion Nation 2024 di Senayan City, September 2024. Foto: Cantika/Zhahira Reka Firdania.

Dua puluh lima desainer yang terlibat dalam ‘Hitam Putih’ IFDC Fashion Parade adalah Adeline Esther, Andreas Odang, Carmanita, Chossy Latu, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Didi Budiardjo, Eddy Betty, Era Soekamto, Eridani, dan Ghea Panggabean.

Lalu ada Hian Tjen, Ivan Gunawan, Liliana Lim, Mel Ahyar, Monica Ivena, Priyo Oktaviano, Rama Dauhan, Ria Miranda, Sebastian Gunawan, Stella Rissa, Wilsen Willim, Yogie Pratama, Yongki Budi Sutisna, serta Yosafat Dwi Kurniawan.

Tiga anggota baru IFDC 2024 yang direkrut tahun ini yaitu Yosafat Dwi Kurniawan, Ria Miranda, dan Adeline Ester. Mereka turut mempresentasikan karya mereka. Setiap desainer memamerkan gaya unik mereka pada palet ikonik, yang memadukan gaya klasik dengan sentuhan modern.

Presentasi mode pertama karya Yosafat Dwi Kurniawan menampilkan mini dress yang dilengkapi headpeace berwarna perak dan campuran abu-abu metalik yang berkilau. Dari gaya rancangan ini, terasa seperti berada di alam antargalaksi. Busana tersebut menunjukkan gaya yang elegan dan minimalis.

Koleksi Ria Miranda di Fashion Nation 2024. Foto: Cantika/Zhahira Reka Firdania.

Kemudian disusul oleh Ria Miranda tampil sebagai satu-satunya desainer di antara dua puluh lima desainer lainnya yang berpenampilan hijab, dengan pesonanya yang hangat dan manis.

Biasanya ia menampilkan karya busana hijab perempuan dalam warna-warna chic yang kalem dan modern. Namun, kali ini ia menghadirkan 12 koleksi busana muslim dengan berbagai warna, termasuk warna klasik dalam acara istimewa ini. Tentu saja terlihat indah untuk dipandang.

Koleksinya tersebut bertajuk “Juwita”, Ia menampilkan salah satu busana yang menarik, berupa outer gelembung dengan warna dasar hitam bermotif ungu abstrak. Rok yang berkilau dilapisi dengan bagian luar mekar berwarna hitam yang dirancang transparan, sehingga memperlihatkan kilauan rok di dalamnya.

Sebagai perancang busana muslim yang dikenal desainnya yang modis dan elegan, karya-karyanya ini sering menggabungkan gaya modern dengan sentuhan tradisional, menjadikannya sebagai salah satu ikon dalam industri fashion hijab di Indonesia.

Koleksi lainnya hadir memamerkan dari dua puluh lima desainer setelah penampilan karya dari anggota baru IFDC dilantik. Berbagai macam gaya dan model busana yang tampil runway, tampilan para model sesuai dengan tema ‘Hitam Putih’.

Acara puncak IFDC malam itu berlangsung megah selama seminggu di Senayan City, sebagai bentuk apresiasi terhadap keindahan seni fashion. Fashion Nation di Senayan City berhasil memukau para pecinta mode dengan beragam kreasi dari desainer ternama. Dengan memadukan gaya tradisional dan modern, koleksi yang ditampilkan penuh inovasi dan daya tarik visual.

Acara ini menjadi bukti nyata bahwa dunia mode Indonesia terus berkembang pesat, menjembatani tradisi dan masa depan mode global.

Pilihan Editor: Fashion Nation 2024 Hadirkan Karya Desainer Muda, Wilsen Willim hingga Rinda Salmun

ZHAHIRA REKA FIRDANIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."