Gaya Kebaya Artis yang Dilantik jadi Anggota DPR, dari Rachel Maryam Hingga Nafa Urbach

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Rachel Maryam/Foto: Instagram/Rachel Maryam

Rachel Maryam/Foto: Instagram/Rachel Maryam

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebaya merupakan simbol kebudayaan Indonesia, sejumlah artis tampil anggun mengenakannya saat dilantik sebagai Dewan Perwakilan Rakyat. Mulai dari Rieke Dyah Pitaloka, Rachel Maryam, Desy Ratnasari, Mulain Jameela hingga Nafa Urbach. Acara pelantikan anggota DPR berlangsung pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Perpaduan antara tradisi dan modernitas menambah pesona acara tersebut, gaya kebaya para artis ini menggambarkan kekuatan dan peran perempuan di dunia politik. Peristiwa ini hanya ada dalam lima tahun sekali, dan memiliki makna sakral.  Tentu saja para calon anggota telah mempersiapkan diri dengan tampilan yang terbaik. 

Dalam artikel ini akan menyoroti gaya kebaya apa saja yang dipakai oleh para artis tanah air saat dilantik menjadi anggota DPR RI?  Yuk simak Sahabat Cantika!

1. Rachel Maryam

Tampilan anggun Rachel Maryam yang terlihat jelas dari rambut kepala yang rapih diselubungi kain payet kebaya, dengan makeup-nya yang klasik dan elegan. Ia mengenakan kebaya berwarna putih gading dengan payet border yang senada, dilengkapi kerah tinggi dan lengan panjang. Kebaya dihiasi pita merah dibeberapa bagian, yang memberikan sentuhan manis dan unik pada penampilannya. 

Bawahan yang ia kenakan kain batik tradisional dengan warna kuning emas dan motif kembang bunga, serta sandal hak dengan pita merah yang selaras dengan hiasan di kebaya. Tampilannya itu memberikan sentuhan yang mewah dan tradisional namun tetap glamor.

2. Rieke Dyah Pitaloka

Rieke Dyah Pitaloka/Foto: Instagram/Rieke Dyah Pitaloka

Artis yang dahulu sempat ramai yang berperan sebagai Oneng dalam film ‘bajaj bajuri’. Kemarin tampilannya sangat mencuri perhatian publik, ia mengenakan kebaya merah menyala dengan songket panjang berwarna hitam. Gaya rambutnya pun disanggul ditambah aksesoris bunga merah sebagai hiasan, dan juga lipstik mencolok yang senada dengan kebayanya. Tampilan Rieke Dyah Pitaloka menonjolkan kesan yang klasik, elegan dan segar.

3. Desy Ratnasari

Desy Ratnasari/Foto: Instagram/Desy Ratnasari

Desy Ratnasari tampil dengan kebaya bordir kutubaru dengan tambahan selendang dan jilbabnya berwarna biru, yang melambangkan warna partai khas PAN. Di usianya yang mencapai 51 tahun, ia tampil sederhana namun menawan ditambah dengan polesan makeup artist dari Vivi Thalib. 

4. Mulan Jameela

Mulan Jameela/Foto: Instagram/Mulan Jameela

Istri dari Ahmad Dhani ini tak mau kalah dengan penampilan anggota yang lain. Gaya kebaya kutubaru panjang yang ia kenakan  berwarna krem,  dengan hijab senada warnanya yang melekat di kepala dan di leher. Kebayanya itu dipadukan dengan songket kain batik warna hitam, emas, dan coklat. 

Motif batik tersebut memiliki corak yang warnanya senada dengan kebayanya yang cerah. Ditambah aksesori bros dibagian dada depan sebelah kanan yang menciptakan keseluruhan menjadi tampak anggun dan menawan.

5. Nafa Urbach

Nafa Urbach/Foto: Instagram/Nafa Urbach

Dan terakhir ada Nafa Urbach, pada penampilannya saat dilantik menjadi anggota DPR RI terlihat tradisional yang mewah namun sederhana. Ia memilih mengenakan kebaya biru tua dengan lengan panjang dan dihiasi brokat manik-manik berkilau di seluruh kebayanya. Terdapat aksesoris warna emas  dan selendang biru tua yang di bahu depan kiri. 

Bawahannya, ia memakai songket kain batik berwarna coklat tua dengan motif batik warna kuning emas kecokelatan. Rambutnya disanggul rapih dan riasan wajah yang tegas namun tetap elegan. Menciptakan kesan formal dan anggun. 

Itu dia gaya kebaya penampilan para artis yang baru saja dilantik sebagai anggota DPR RI, terlihat sangat memukau bukan!. Dengan memadukan gaya tradisional modern mereka berhasil menunjukkan bahwa perempuan memiliki peran yang kuat dan penting di dunia politik. 

Tampilan ini bisa menginspirasi kepada generasi selanjutnya dan menghormati serta mewarisi budaya nusantara untuk berani melangkah ke masa depan.

Pilihan Editor: Mengenal Annisa Mahesa, Anggota DPR Termuda yang Berusia 23 Tahun

ZHAHIRA REKA FIRDANIA | INSTAGRAM 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."