Punya Pasangan Insecure, Berikut 5 Dampaknya dalam Hubungan Asmara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/tirachardz

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Merasa tidak aman atau insecure dalam hubungan adalah tanda kurangnya kepercayaan dan bisa mengguncang fondasi hubungan asmara. Jika pasangan terus-menerus mempertanyakan Anda, mengontrol semuanya, dan membutuhkan kepastian sepanjang waktu, itu adalah tanda bahwa pasangan insecure.

Kondisi tersebut dapat meningkat menjadi kemarahan, kebencian, dan kepahitan bahkan sebelum Anda menyadarinya. Insecure juga dapat dengan mudah menyabotase hubungan yang sehat dan sempurna. Tak cuma itu, ada dampak buruk lainnya dari pasangan insecure.

1. Kurangnya tingkat kepercayaan

Pasangan mungkin berhenti mempercayai Anda jika dia insecure. Pasangan mungkin memata-matai dan meragukan Anda, bahkan menolak untuk mempercayai apa yang Anda katakan. Ini dapat menggerus kesetiaan dan kepercayaan yang berujung pada hubungan beracun.

2. Harga diri rendah

Pasangan dapat terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan meragukan diri sendiri dan hubungan. Dia mungkin mulai berpikir berlebihan. Kurangnya harga diri dapat membuat pasangan merasa tidak layak dan terus-menerus menuntut validasi serta perhatian.

3. Bersikap "dingin" dan menjauh

Pasangan mungkin mulai menjauh dan dingin dari Anda. Dia mungkin tidak akan berkomunikasi dengan baik dan benar. Kondisi itu dapat menciptakan konflik dalam suatu hubungan. Pasangan insecure mungkin tidak akan mengerti bagaimana bereaksi dan memperbaiki masalah. Hal itu dapat membuat jarak antara Anda berdua.

4. Kerap menyalahkan

Ketika pasangan merasa cemburu dan insecure, dia mungkin mulai membuat Anda bertanggung jawab dan menuduh Anda melakukan tindakan yang tidak Anda lakukan, seperti curang. Jika pasangan menyalahkan semuanya, cobalah untuk menenangkan dia dan berkomunikasi. Jika Anda terbawa emosi, itu dapat menciptakan perselisihan besar dalam hubungan asmara.

5. Posesif

Bersikap posesif termasuk ciri pasangan insecure. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk jika Anda tidak berkomunikasi dan memperbaikinya bersama-sama. Jika dibiarkan, tindakan tersebut dapat mengakibatkan perkelahian konstan atau perpisahan.

Pilihan Editor: Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diri? Simak Tips Mencintai Diri Sendiri Berikut Ini

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."