Benarkah Santan Rumahan Bisa Kurangi Risiko Serangan Jantung?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi santan kelapa. shutterstock.com

Ilustrasi santan kelapa. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kelapa bersifat serbaguna, dan produk sampingannya, seperti santan rumahan menawarkan banyak manfaat. Santan tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi. Daripada membelinya, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mencampur kelapa parut atau parut dengan air dua kali lipat. Untuk menambah rasa, sedikit garam atau gula dapat ditambahkan, dan campuran tersebut diaduk hingga mencapai konsistensi krim.

Santan merupakan alternatif yang sangat baik bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa atau lebih suka menghindari produk susu. Santan juga dapat mendukung kesehatan jantung dan mengurangi risiko serangan jantung. indianexpress.com berbicara dengan ahli gizi Pooja Palriwala untuk membahas hubungan ini dan membahas pertimbangan kesehatan yang penting.

Dapatkah santan buatan sendiri mengurangi risiko serangan jantung? “Santan buatan sendiri dapat mendukung kesehatan jantung jika dikonsumsi dalam jumlah sedang,” kata Palriwala. “Santan mengandung lemak yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik, yang bermanfaat bagi jantung Anda. Namun, karena kandungan lemak jenuhnya juga tinggi, penting untuk menyeimbangkannya dengan makanan yang baik untuk jantung seperti buah-buahan dan sayuran,” katanya.

Archana S, Ahli Gizi Senior, Rumah Sakit Aster Whitefield, Bengaluru menyatakan bahwa kami tidak memiliki cukup penelitian untuk menunjukkan apakah santan benar-benar dapat mengurangi risiko serangan jantung, tetapi memasukkannya ke dalam makanan tentu dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung. “Santan mengandung Trigliserida Rantai Menengah (MCT), yang meningkatkan kesehatan jantung dan memperbaiki profil lipid dengan meningkatkan jumlah kolesterol HDL yang baik dalam tubuh.”

Ia menambahkan bahwa santan mengandung kalium, yang juga membantu mengatur tekanan darah, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Palriwala berbagi manfaat kesehatan dari membuat santan di rumah, dengan mencatat bahwa santan lebih segar dan bebas dari bahan kimia atau pengawet tambahan, yang pada gilirannya dapat mengurangi stres pada jantung. "Anda dapat menyesuaikan kekentalan dan kemanisan sesuai keinginan Anda. Selain itu, santan mempertahankan lebih banyak nutrisi, menghemat uang, dan lebih baik bagi lingkungan karena kemasannya yang lebih sedikit," katanya.

Apakah santan rumahan dapat menimbulkan risiko kesehatan?

Orang dengan kondisi jantung, kolesterol tinggi, atau diabetes harus mengonsumsi santan dalam jumlah sedang. Palriwala memperingatkan bahwa kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam santan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Untuk meminimalkan risiko, ia menyarankan untuk menyeimbangkan lemak jenuh dengan lemak yang lebih sehat dari sumber seperti kacang-kacangan dan alpukat, serta mengonsumsi banyak buah dan sayuran.

Pilihan Editor: Wanita yang Alami Migrain Lebih Rentan terkena Serangan Jantung Dibandingkan Pria

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."