Mengapa 5 Destinasi Wisata Ini Bahaya bagi Solo Traveler Perempuan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi traveling naik kereta. shutterstock.com

Ilustrasi traveling naik kereta. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Sahabat Cantika, yang paling asyik bepergian sendiri bisa mendorong seseorang keluar dari zona nyaman, bebas mengatur jadwal dan bertemu banyak orang baru. Bagi solo traveler perempuan keamanan dan keselamatan sangat penting. Mulai dari menentukan destinasi wisata yang aman hingga membawa perlengkapan untuk menunjang keselamatan.   

Saat merencanakan perjalanan masalah keselamatan tetap menjadi prioritas utama. Berikut ini daftar destinasi wisata paling berbahaya bagi solo traveler perempuan berdasarkan masalah keamanan, kekerasan berbasis gender, dan diskriminasi hukum. 

1. India 

India dikenal memiliki banyak destinasi yang kaya budaya dan menarik dikunjungi. Namun bagi pelancong solo perempuan wanita harus lebih berhati-hati. Terutama di kawasan ramai atau pedesaan. Selain itu, demi keselamatan sebaiknya menghindari perjalanan malam. 

2. Afrika Selatan

Destinasi indah ini masuk dalam daftar sebagai salah satu destinasi paling tidak aman bagi perempuan karena tingginya tingkat kejahatan berbasis gender dan kekerasan jalanan. Bagi pelancong solo wanita disarankan untuk tidak mendaki, berkendara, atau berjalan kaki sendirian, apalagi di malam hari.  Meskipun negara ini mengalami kemajuan pesat dan berupaya mengatasi permasalahan ini, wisatawan wanita dihimbau untuk tetap waspada saat menjelajahi ruang publik.

3. Brazil

Brasil adalah destinasi wisata lain yang banyak dicari. Namun memiliki peringkat buruk dalam hal keselamatan di jalan dan pembunuhan yang disengaja terhadap perempuan. Ketidaksetaraan gender masih menjadi isu utama, dan negara ini mempunyai kinerja yang buruk dalam peringkat Kesenjangan Gender Global.  Wanita yang mengunjungi Brasil harus berhati-hati saat berada di kawasan ramai dan menghindari lokasi terpencil.

4. Meksiko

Meksiko juga merupakan tujuan wisata populer. Namun semakin tidak aman bagi perempuan karena tingkat kekerasan seksual dan kejahatan jalanan yang mengkhawatirkan. Berada di peringkat empat teratas dalam hal pembunuhan yang disengaja dan kekerasan seksual yang dilakukan oleh non-pasangan, Meksiko adalah negara di mana perempuan disarankan untuk tetap berada di kawasan resor atau kawasan wisata yang padat penduduknya untuk mengurangi risiko.

5. Rusia

Meskipun memiliki sejarah budaya yang kaya, Rusia berbahaya bagi wisatawan perempuan karena tingginya tingkat pembunuhan dan kekerasan seksual. Salah satu alasan mengapa destinasi ini diberi label tidak aman adalah maraknya diskriminasi hukum terhadap perempuan. Pelancong perempuan yang mengunjungi Rusia harus mengambil tindakan pencegahan, terutama di daerah terpencil atau berpenduduk sedikit.

Pilihan Editor: 6 Destinasi Wisata Paling Indah di Thailand, Ada Pantai hingga Desa

YUNIA PRATIWI | TIMES OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."