Mengenal Hari Senyum Sedunia, Diperingati Setiap Jumat Pekan Pertama Oktober

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita tersenyum. Foto: Pixabay/Hu Thanh Ci

Ilustrasi wanita tersenyum. Foto: Pixabay/Hu Thanh Ci

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Senyum Sedunia diperingati setiap Jumat pertama bulan Oktober. Hari Senyum Sedunia tahun ini bertepatan pada 4 Oktober 2024. Peringatan ini didedikasikan untuk senyum dan tindakan kebaikan.

Pertama kali dirayakan pada tahun 1999, Hari Senyum Sedunia bertujuan untuk merebut kembali makna dan tujuan asli dari gambar wajah tersenyum yang ikonik dengan mendorong orang untuk bertindak baik dan membuat seseorang tersenyum.

Hari Senyum Sedunia menyebarkan niat baik dan keceriaan ke seluruh dunia karena senyuman tidak mengenal batasan politik, geografis, maupun budaya. Hari ini mengingatkan kita akan dampak sederhana namun kuat dari sebuah senyuman dan kegembiraan yang dapat ditimbulkannya bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Sejarah Hari Senyum Sedunia

Harvey Ball, seorang seniman komersial dari Worcester, Massachusetts, menciptakan wajah tersenyum pada tahun 1963. Gambar itu kemudian menjadi simbol niat baik dan keceriaan yang terkenal.

Seperti yang diketahui di seluruh dunia, Harvey Ball, seorang seniman komersial dari Worcester, Massachusetts, menciptakan wajah tersenyum pada tahun 1963. Gambar itu kemudian menjadi simbol niat baik dan keceriaan yang paling dikenal di planet ini.

Seiring berlalunya waktu, Harvey Ball mulai khawatir tentang komersialisasi simbolnya yang berlebihan, serta bagaimana makna dan tujuan aslinya telah hilang dalam pengulangan yang terus-menerus di pasar. Dari kekhawatiran itu muncullah idenya untuk Hari Senyum Sedunia.

Dia berpikir bahwa kita, kita semua, harus mendedikasikan satu hari setiap tahun untuk senyum dan tindakan baik di seluruh dunia. Wajah tersenyum tidak mengenal politik, geografi, dan agama.

Dia menyatakan bahwa Jumat pertama di bulan Oktober setiap tahun selanjutnya akan menjadi Hari Senyum Sedunia. Sejak Hari Senyum Sedunia pertama diadakan pada tahun 1999, hari itu terus berlanjut setiap tahun di kampung halaman Smiley di Worcester, MA, dan di seluruh dunia.

Setelah Harvey meninggal pada tahun 2001, Harvey Ball World Smile Foundation didirikan untuk menghormati nama dan kenangannya. Yayasan ini terus menjadi sponsor resmi World Smile Day setiap tahun.

Ilustrasi pasangan. Freepik.com

Ingin Terlibat dalam Hari Senyum Sedunia? Ini Caranya

Berpartisipasi dalam Hari Senyum Sedunia merupakan pengalaman yang mengharukan yang dapat mencerahkan hari Anda dan kehidupan orang-orang di sekitar Anda. Berikut ini beberapa cara Anda dapat terlibat:

Bagikan Senyuman

Mulailah hari Anda dengan senyuman dan bagikan dengan semua orang yang Anda temui seperti keluarga, teman, kolega, dan bahkan orang asing.

Lakukan Tindakan Kebaikan

Tindakan kebaikan bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti memberi pujian, membantu orang lain, atau membuat hari seseorang sedikit lebih cerah.

Adakan Kegiatan yang Memicu Senyum

Buatlah acara, lokakarya, atau kegiatan yang meningkatkan kebahagiaan dan kepositifan di komunitas Anda.

Dukung Organisasi Amal 

Berkontribusi atau jadilah sukarelawan di organisasi yang didedikasikan untuk menyebarkan senyuman dan kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan.

Buat Seni Senyum

Ekspresikan kreativitas Anda dengan cara apapun, misalnya dengan karya seni.

Bagikan Kisah Senyum 

Bagikan cerita atau anekdot tentang momen ketika senyuman membuat perbedaan signifikan dalam hidup Anda atau orang lain di media sosial menggunakan tagar #HariSenyumSedunia.

Donasi untuk Kegiatan

Dukung organisasi misalnya organisasi yang menyediakan perawatan gigi dan bantuan bagi mereka yang membutuhkan untuk memastikan lebih banyak orang dapat tersenyum dengan percaya diri.

Tersenyumlah untuk Swafoto 

Ambil swafoto atau foto grup bersama teman dan keluarga, semuanya dengan senyum lebar. Lalu bagikan di media sosial untuk menyebarkan kepositifan. Selamat Hari Senyum Sedunia!

Pilihan Editor: Ada 3 Macam Senyum, Ada yang Tulus Sampai Tunjukkan Status

LINDA LESTARI | WORLD SMILE DAY | AWARESS DAYS | COMPASSION

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."