12 Contoh Mahar Sederhana Tapi Mewah dan Awet, Tidak Perlu Mahal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi mahar pernikahan emas batangan mini. Foto: Shopee.

Ilustrasi mahar pernikahan emas batangan mini. Foto: Shopee.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menikah adalah sebuah prosesi yang perlu persiapan matang, baik secara fisik dan mental. Ada banyak rangkaian yang harus disiapkan dan dibereskan, salah satunya yaitu mahar pernikahan.

Meskipun mahar tidak ada batas minimalnya, tapi perlu kesepakatan antara mempelai agar tidak merugikan pihak mana pun. Syarat sesuatu barang bisa dijadikan mahar adalah sesuatu yang bernilai secara ekonomis, bermanfaat, dan tidak memberatkan pihak laki-laki sebagai calon suami.

Ada lho mahar pernikahan simple dan elegan yang bakal mempermudah persiapan prosesi pernikahan Sahabat Cantika. Berikut 12 contoh mahar sederhana tapi mewah untuk pernikahan:

1. Perhiasan Emas dengan Dekorasi Bunga Simple dan Kotak

Perhiasan emas sering dijadikan mahar mahar simple tapi mewah. Dikutip dari Diamond&Co, perhiasan ini bisa dipercantik dalam wadah khusus dan diberi banyak dekorasi bertema biar lebih khusus. Misalnya, tema floral dengan dekorasi bunga.

2. Emas Batangan Mini

Emas batangan berbentuk mungil adalah pilihan yang sangat klasik dan berkelas serta jadi contoh mahar simple elegan. Meski ukurannya kecil, nilai emas tidak pernah turun dan selalu dianggap sebagai investasi yang baik. 

Emas batangan yang berukuran kecil juga mudah disimpan dan tidak makan banyak ruang.  

3. Perhiasan Perak

Selain emas, ada logam perak juga yang bisa dijadikan sebagai mahar pernikahan simple elegan. Warna perak punya tampilan yang anggun dan feminin.

Keunikan lainnya, perak lebih terjangkau dan bisa jadi pilihan yang lebih ekonomis tanpa mengurangi kesan elegansi buat si pemakainya.  

4. Uang Tunai dalam Amplop Cantik

Uang tunai termasuk yang salah satu mahar yang paling banyak dipakai. Buat jadi lebih khusus, penempatan uang dibuat sedemikian rupa, misalnya diberi amplop yang cantik. 

Temanya bebas, asal sesuai dengan kesepakatan kedua pihak. Mahar sederhana tapi mewah bisa dikemas dengan material kertas yang unik serta motif kertas yang estetik.

5. Al-Quran Berhiaskan Kaligrafi

Mau jadikan Al-Quran buat mahar pernikahan? Yuk buat tampilannya cantik dengan memakai hiasan kaligrafi. Selain punya nilai spiritual yang tinggi, kaligrafi bikin tampilan Quran makin elegan.

Mahar simple elegan ini bukan hanya simbol cinta, tapi juga komitmen untuk menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran agama. 

6. Jam Tangan

Bentuk mahar bermacam-macam, bisa jadi berupa barang yang bisa dimanfaatkan buat calon istri. Misalnya jam tangan dengan desain dan sesuatu yang personal. 

Jam adalah simbol waktu yang akan dihabiskan berdua nantinya. Selain praktis, ini bakal jadi mahar pernikahan simple elegan tapi banyak maknanya.

7. Peralatan Ibadah

Menikah adalah bentuk ibadah yang paling panjang waktunya karena akan dilakukan sepanjang hidup dengan tujuan mendapatkan ridha-Nya di dunia maupun di akhirat. Untuk melengkapi niat baik tersebut, calon mempelai pria bisa memberikan seperangkat alat ibadah kepada calon mempelai wanita. 

Sehingga niat ibadah dalam pernikahan akan disempurnakan dengan salat, dzikir, membaca Al-Quran, dan sebagainya. Peralatan ini adalah contoh mahar pernikahan sederhana tapi sarat makna.

8. Perlengkapan Terkait Hobi

Selain beberapa benda yang memiliki makna sakral atau memiliki nilai harta, Sahabat Cantika juga bisa memberikan perlengkapan hobi sebagai mahar sederhana tapi mewah untuk mempelai wanita.

Misalnya calon mempelai wanita adalah seseorang yang punya hobi memasak. Maka calon mempelai pria bisa memberikannya berbagai peralatan memasak untuk mendukung hobinya yang produktif. 

9. Hewan Ternak

Hewan ternak adalah contoh mahar pernikahan berbentuk harta yang bisa Anda pilih. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW yang pernah memberikan hewan sebagai mahar saat menikahi istrinya, Khadijah binti Khuwailid radhiullahuanha. 

Beberapa jenis hewan ternak yang bisa Anda pilih yaitu sapi, kambing, ayam, bebek, dan masih banyak lagi. Ini adalah contoh mahar simple tapi mewah.

10. Tiket Wisata

Contoh mahar simple elegan lainnya yaitu tiket perjalanan wisata. Mahar ini bisa sekaligus dijadikan paket perjalanan bulan madu, lho.

Paket tiket pesawat ke daerah tertentu akan membuat pasangan sangat menikmati mahar pernikahan tersebut.

11. Buku

Contoh mahar pernikahan sederhana dan elegan adalah buku. Buku dinilai sebagai benda yang bisa sangat personal.

Sebuah buku bisa mengingatkan seseorang tentang masa tertentu dalam hidupnya, inspirasi, atau bahkan cita-cita. Oleh karena itu, memberikan buku sebagai mahar bisa mencerminkan pemahaman mendalam tentang pasangan dan hubungan yang akan dijalin.

Ini memberi peluang untuk memilih buku yang benar-benar mewakili pasangan dan hubungan pernikahan. Misalnya, buku puisi karya penyair favorit bisa mencerminkan perasaan mendalam atau buku tentang cinta dan pernikahan yang mungkin memberikan panduan atau inspirasi bagi kehidupan pasangan yang akan datang.

Buku juga memberi kesempatan bagi pasangan untuk tumbuh dan belajar bersama. Pasangan bisa membaca, mendiskusikan, dan merenungkan konten buku bersama-sama, memperkuat ikatan pernikahan.

12. Tanaman atau Pohon

Tanaman atau pohon bisa menjadi contoh mahar simple elegan berikutnya. Hal ini karena pohon merupakan simbol pertumbuhan dan perkembangan.

Seperti halnya pernikahan, tanaman atau pohon membutuhkan perawatan, kasih sayang, dan dedikasi untuk tumbuh dan berkembang. Ini mencerminkan bagaimana hubungan pernikahan juga memerlukan perhatian dan usaha dari kedua belah pihak.

Selain itu, memilih bibit pohon sebagai mahar bisa menjadi simbol komitmen jangka panjang. Pohon yang ditanam bersama akan tumbuh seiring waktu, sama seperti hubungan pernikahan. Ini bisa menjadi pengingat fisik dari hari pernikahan dan komitmen yang Anda buat dengan pasangan.

Tanaman hias atau bonsai bisa menjadi dekorasi yang indah di rumah, sementara pohon buah bisa memberikan hasil yang bisa dinikmati bersama di masa depan. Hal ini menambah dimensi fungsional pada mahar, di mana tidak hanya simbolis, tetapi juga memiliki manfaat praktis.

Tanaman atau pohon memerlukan perawatan. Hal ini memungkinkan interaksi aktif dari pasangan untuk bersama-sama merawat, menyiram, dan mungkin bahkan memindahkan atau memangkas tanaman atau pohon tersebut. Ini bisa menjadi aktivitas bersama yang mengikat dan memperkuat hubungan pernikahan.

Nah, Sahabat Cantika, itulah 12 contoh mahar sederhana tapi mewah dan awet yang bisa Anda buat. Meski tidak menggunakan bahan material yang mahal. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Pilihan Editor: Betulkah Mahar Pernikahan Berkaitan dengan Harga Diri Perempuan?

DIAMOND & CO | ADIRA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."