11 Artis Korea Terkaya Tahun 2024, Adakah Idola Anda?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Song Hye Kyo. Foto: Instagram/@kyo1122

Song Hye Kyo. Foto: Instagram/@kyo1122

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kepopuleran artis Korea Selatan sudah mendunia. Bakat akting atau menyanyi mereka dielu-elukan para penggemar K-Pop.

Berkat usaha kerasnya, para artis Korea ini mendapatkan kekayaan yang fantastis. Berikut ini 11 artis Korea terkaya di tahun 2024. Kekayaannya dapat mencapai lebih dari 200 juta dolar.

1. Jin Young Park (JYP) - US$ 205 Juta

J.Y. Park atau Park Jin Young penyanyi, pencipta lagu dan pendiri JYP Entertainment. Instagram

Jin Young Park adalah salah satu artis terkaya di Korea saat ini. Dia adalah pendiri JYP Entertainment, singkatan namanya, dan menjadi salah satu simbol K-Pop ternama.

Tampaknya hingga saat ini masih belum ada artis-artis muda yang bisa menyaingi kekayaan penyanyi yang sudah berkarier sejak tahun 90-an ini.

Selain menjadi penyanyi, pria berusia 51 tahun ini juga membuka kantor agensinya sendiri, JYP Entertainment. Di perusahaan itu, JYP memiliki kepemilikan saham sebesar 17,8 persen dan ia menjabat sebagai produser sekaligus pemimpin JYP Entertainment.

Dari agensi itu, JYP disebut memegang hak cipta lebih dari 600 lagu, di mana rata-rata keuntungan terbesarnya berasal dari girl band Twice.

2. Kim Soo Hyun - US$ 117 Juta

Kim Soo Hyun dalam drama Queen of Tears. Dok. tvN

Pemeran drama Queen of Tears ini termasuk dalam daftar aktor Korea tertampan dan terkaya sejak 2020. Kim Soo Hyun yang sering mendapat penghargaan ternama karena dramanya ini memang layak dijuluki sebagai aktor terbaik di Korea Selatan.

Berkat pencapaian terbesarnya, ia berhasil menjadi aktor dengan bayaran termahal saat membintangi drama It’s Okay to Not Be Okay pada 2020. Empat tahun berikutnya, harga bayaran Kim Soo Hyun untuk membintangi drama Queen of Tears dikabarkan melonjak berkali-kali lipat.

Sekarang, total kekayaan yang dimiliki Kim Soo Hyun ditaksir mencapai US$ 117 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun.

3. Kim Jaejoong - US$ 97 Juta

Kim Jaejoong. (Soompi)

Kim Jaejoong adalah penyanyi, aktor, dan komposer asal Korea Selatan yang terkenal di berbagai kalangan. Sebelum berkarier solo, ia adalah mantan anggota dari boy group ternama TVXQ yang sangat populer di tahun 2000-an.

Setelah keluar dari TVXQ, Kim Jaejoong masih terus melanjutkan karier di dunia hiburan sebagai penyanyi solo dan komposer, sehingga ia memiliki banyak hak cipta lagu. Sekarang, salah satu aktor terkaya di Korea ini ditaksir memiliki kekayaan bersih US$ 100 juta atau setara Rp 1,6 triliun.

Ia juga diketahui memiliki sebuah apartemen seharga US$ 2,5 juta di Samsung, sebuah gedung seharga US$ 7 juta di J-Line Building, dan memiliki sejumlah mobil mewah seperti Bentley Continental, Lamborghini Murcielago, dan Rolls-Royce Ghost.

4. PSY (Park Jae Sang) - US$ 73 Juta

PSY saat konser dan bersama dengan Suga BTS. Foto: Allkpop.

Pria 46 tahun ini sempat menggegerkan dunia maya dengan lagu Gangnam Style pada 2012. Lagu fenomenal itu sangat viral hingga menjadi salah satu musik video yang paling banyak diputar di platform YouTube.

Setelah mendapat popularitas, PSY yang juga seorang aktor ini mendapat banyak tawaran kerjasama dengan merek-merek besar. Berkat kesuksesannya tersebut, PSY ditaksir memiliki kekayaan bersih US$ 73 juta atau setara Rp 1,1 triliun dan jadi daftar artis Korea paling kaya.

5. G-Dragon (Kwon Ji Yong) - US$ 66 Juta

G-Dragon. Instagram/Xxxibggrgn

G-Dragon termasuk dalam artis terkaya di Korea. Penyanyi, penulis lagu, rapper, dan pengusaha satu ini sudah terkenal sejak 2010.

Berkat gayanya yang nyetrik, G-Dragon mendapat banyak tawaran kerjasama dengan brand-brand besar sebagai brand ambassador. Saking berpengaruhnya, nilai bayaran endorsement untuk satu brand mencapai US$ 1-1,5 juta (setara Rp 1,6 miliar) pada 2011.

Selain endorsement, sumber pendapatan G-Dragon juga bermacam-macam, mulai dari aktivitas bersama Bigbang, penyanyi solo, hak cipta lagu, dan lainnya. G-Dragon tercatat sebagai salah satu musisi Korea terkaya dengan harta bersih mencapai US$ 66 juta (setara Rp 1 triliun).

6. Lee Young Ae - US$ 59 Juta

Lee Young Ae. Instagram.com/@leeyoungae0824

Lee Young Ae adalah aktris dan model senior yang sangat populer di Korea Selatan. Dia membintangi serial Sympathy for Lady Vengeance, ditaksir memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 59 juta (sekitar Rp 966 miliar).

Berkat popularitas dan pengaruhnya yang besar, ia sempat ditunjuk sebagai juru bicara selebriti untuk proyek “Love Donation” oleh majalah Woman Chosun. Selain dikenal sebagai artis terkaya di Korea, ia juga dikenal sebagai seorang dermawan yang sering berdonasi kepada sesama.

7. Rain (Jung Ji Hoon) - US$ 57 Juta

Jung Ji Hoon atau yang dikenal sebagai Rain adalah penyanyi, penulis lagu, sekaligus aktor ternama asal Korea Selatan. Dia terkenal setelah membintangi drama Full House. Rain telah merilis 7 album, 28 single, dan puluhan konser tur dunia, selama berkarier sebagai penyanyi solo.

Sekarang, pria yang sudah memiliki keluarga kecil bersama Kim Tae Hee ini diketahui memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 57 juta (Rp 933 miliar).

Salah satu properti termahalnya berada di Cheongdam bernilai US$ 35 juta (Rp 573 juta). Ini mengukuhkan Rain sebagai salah satu aktor Korea tertampan dan terkaya.

8. Choi Siwon - US$ 55 Juta

Bintang K-Pop dari grup Super Junior, Choi Siwon menyampaikan pidatonya pada hari kedua ASEAN Business Investment Summit (ABIS) 2023 di Jakarta, Senin, 4 September 2023. Dalam forum ASEAN itu, Siwon, yang juga menjadi Duta UNICEF Region Asia Timur dan Pasifik, mendorong investasi yang lebih besar untuk mendukung masa depan anak-anak di kawasan. ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Zabur Karuru

Anggota boyband Super Junior ini juga aktif berkarier sebagai aktor di berbagai drakor ternama. Siwon dikenal sebagai salah satu keluarga pemilik jaringan Hyundai Department Store. 

Keluarganya tersebut diperkirakan memiliki kekayaan lebih dari US$ 600 juta (Rp 9 triliun). Sedangkan kekayaan bersih yang dimiliki Siwon selama berkarier di dunia hiburan mencapai US$ 55 juta (Rp 900 miliar). Idol K-Pop terkaya ini juga masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia.

9. Song Hye Kyo - US$ 41 Juta

Song Hye Kyo. Foto: Instagram/@kyo1122

Song Hye Kyo, aktris 38 tahun yang sangat terkenal, juga termasuk dalam daftar artis Korea paling kaya. Kesuksesannya dalam membintangi sejumlah drama televisi membuatnya dinobatkan sebagai bintang Hallyu papan atas.

Saking populernya, Song Hye-kyo sempat menduduki peringkat ke-7 dalam daftar Korea Power Celebrity oleh Forbes. Berkat pencapaiannya tersebut, Song Hye-kyo diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US$ 41 juta (setara Rp 671 miliar).

10. IU (Lee Ji Eun) - US$ 40 Juta

Penyanyi dan aktris Korea Selatan, IU. Foto: Instagram/@edam.official

IU, juga termasuk salah satu Idol K-Pop terkaya tahun 2024. Dari informasi yang beredar, artis yang membintangi drama “Hotel Del Luna” ini memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 40 juta (Rp 655 miliar).

Berkat kekayaannya itu, IU bisa membeli properti mewah di Chengdam-dong, Seoul yang bernilai 13 miliar won (Rp 153 miliar) secara tunai, alias tanpa pinjaman.

IU juga diketahui memiliki studio bernilai 4,6 miliar won (Rp 54 miliar) di Gwacheon.

11. Lee Jung Jae

Lee Jung Jae saat menghadiri Star Wars Celebration pada April 2023. Foto: Instagram/@starwars

Aktor terkenal Lee Jung Jae sudah tidak asing lagi di dunia perfilman Korea Selatan, tapi serial thriller Netflix tahun 2021 Squid Game-lah yang melambungkan namanya ke dunia perfilman global. 

Ia dengan cepat menjadi sangat diminati, dengan berbagai merek berebut untuk mengontraknya, setelah mengukir sejarah dengan mengantongi beberapa penghargaan aktor terbaik internasional termasuk di Screen Actors Guild Awards 2022 dan Primetime Emmy Awards di tahun yang sama. Lee pun kembali memerankan karakternya di musim kedua Squid Game.

Perkiraan penghasilan per episode: US$ 248 ribu (berdasarkan bayarannya per episode Squid Game).

Nah, Sahabat Cantika, itu dia 11 artis Korea terkaya di tahun 2024. Kekayaannya dapat mencapai lebih dari 200 juta dolar. Mereka memiliki semangat pantang menyerah dalam berkarya dan karier. Semoga informasi ini dapat menginspirasi, ya!

Pilihan Editor: Totalitas Rose Blackpink di Album Debut Solo Bertajuk Rosie, Terasa Personal

TATLER ASIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."