Jalan Kaki 30 Menit Bisa Menurunkan Berat badan dan 4 Manfaat Lainnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com/Katemangostar

Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com/Katemangostar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktivitas jalan kaki adalah rutinitas latihan berdampak rendah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari meningkatkan kesehatan fisik hingga kesehatan mental dan meningkatkan kesehatan emosional, berjalan kaki memang merupakan ide yang bagus setiap hari. 

Dalam sebuah wawancara dengan HT Lifestyle, Dr. Ravi Prakash, Konsultan Senior, Kardiologi, Rumah Sakit PSRI, mengatakan, “Berjalan kaki sejauh ini merupakan cara yang sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Terlebih lagi, Anda tidak memerlukan peralatan atau instruksi mahal untuk mengambil langkah pertama itu."

Anda akan terkejut mengetahui bahwa hanya 30 menit olahraga setiap hari dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, kekuatan tulang, mengurangi lemak tubuh berlebih, dan meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Hal itu juga dapat menurunkan kemungkinan Anda terkena masalah termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis, dan beberapa keganasan.

“Berjalan kaki sejauh ini merupakan cara yang sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan," kata Dr. Ravi Prakash.

Banyak manfaat berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, yakni

1. Menurunkan berat badan

Jalan cepat secara teratur dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi lemak tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Membantu dalam pencegahan atau pengelolaan penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, dan diabetes tipe 2. Berjalan kaki secara teratur juga membantu dalam meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

3. Meningkatkan kekuatan tulang

Berjalan kaki setiap hari selama minimal 30 menit dapat membantu memperkuat tulang dan otot. Selain itu, berjalan kaki juga membantu meningkatkan daya tahan otot.

4. Meningkatkan kadar energi

Berjalan kaki membantu meningkatkan kadar energi tubuh.

5. Meningkatkan suasana hati

Berjalan kaki secara teratur membantu meningkatkan suasana hati dan pola tidur. Selain itu, berjalan kaki juga membantu meningkatkan kesehatan kognitif.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Berjalan kaki membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan, serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasi otot.

“Keuntungannya akan meningkat jika Anda berjalan kaki lebih cepat, lebih jauh, dan lebih sering. Anda juga dapat berjalan kaki cepat dan berjalan santai secara bergantian. Latihan interval semacam ini memiliki beberapa keuntungan, termasuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan meningkatkan pembakaran kalori dibandingkan berjalan kaki konvensional. Latihan interval dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan berjalan kaki biasa,” tambah Dr. Ravi Prakash.

Pilihan Editor: Mana Lebih Baik, Jalan Kaki Sendirian atau Bersama Kelompak?

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."