Apakah Arti Bridal Shower? Ini Penjelasan Sebelum Kamu Buat Acaranya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Raisa dan teman-temannya menggelar 'bridal shower', Sabtu, 26 Agustus 2017. Instagram

Raisa dan teman-temannya menggelar 'bridal shower', Sabtu, 26 Agustus 2017. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semakin banyak calon pengantin yang mengadakan bridal shower. Beberapa orang mengartikan acara ini sebagai perayaan pesta lajang sebelum melaksanakan pernikahan. Biasanya acara bridal shower ini dilakukan bersama para sahabat terdekat dengan menggunakan baju yang seragam serta dekorasi hiasan sesuai tema. 

Bridal shower itu apa? Berikut ini penjelasannya sebelum kamu buat acaranya buat calon pengantin!

Pengertian Bridal Shower

Bridal shower adalah pesta yang diadakan untuk menghormati calon pengantin atau bride to be. Biasanya, pesta lajang ini diadakan beberapa bulan atau minggu sebelum pernikahan. 

Anggota keluarga dan teman calon pengantin perempuan berkumpul untuk merayakan hari-hari sebelum pernikahan dengan bermain game, memberikan saran, dan memberi hadiah untuk memulai kehidupan baru. Sementara itu, calon pengantin laki-laki akan datang pada akhir acara menyapa para sahabat calon pengantin perempuan sebelum selesai. 

Secara tradisional, bridal shower adalah acara pre-wedding yang disimpan untuk pengantin perempuan dengan perayaan bersama teman dan keluarga.

Biasanya, acara ini dibuat oleh pengiring pengantin atau bridesmaids, bukan ibu dari pengantin perempuan atau calon ibu mertuanya. Sebab, acara ini diselenggarakan untuk membuat pengantin perempuan merasa terhormat. Namun, saat ini, ibu atau calon mertua pengantin perempuan juga dapat turut menyelenggarakan bridal shower, jika bersedia. 

Bridal shower diselenggarakan untuk memberikan kejutan bagi calon pengantin perempuan, biasanya bukan bridal shower cowok. Jadi, calon pengantin tidak diberitahu waktu dan lokasi acara tersebut dilaksanakan. 

Para bridesmaid akan bertanya tentang tema yang disukai calon pengantin perempuan, tanpa diberitahu tujuannya. Dengan begitu, para bridesmaid harus menjaga rahasia pelaksanaan pesta lajang dari calon pengantin perempuan.

Sama seperti acara pernikahan, pesta lajang juga tidak mengundang semua sahabat dan keluarga calon pengantin perempuan. Biasanya, bridal shower mengundang teman yang sangat dekat dan mengetahui hubungan dua mempelai.

Jika acara ini akan menjadi acara kejutan, bridesmaid harus bekerja sama untuk membuat daftar tamu yang membuat calon pengantin perempuan senang. Namun, jika tidak, bridesmaid dapat meminta pengantin perempuan membantu memberikan daftar tamu dan kemudian merahasiakan sisa perencanaannya.

Tips Persiapan Bridal Shower

Sahabat Cantika tidak perlu membuat pesta lajang ini dengan bantuan jasa event organizer. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda bersama teman dapat membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih bermakna, bridal shower buatan para sahabat ini tentunya bisa lebih hemat.

1. Tentukan budget

Untuk membuat acara bridal shower sederhana di rumah, langkah pertama adalah membuat rincian pengeluaran untuk keseluruhan proses. Biaya yang perlu dipikirkan yaitu makanan, minuman, dekorasi, fotografi dan juga videografi.

Kamu bisa melakukan patungan dengan teman lainnya untuk pengeluaran dari acara ini. Perlu diingat, buatlah acara sesuai kemampuan keuangan, dan jangan sampai memberatkan sang calon pengantin.

2. Tentukan tema dekorasi 

Gunakan dekorasi dengan pernak-pernik hiasan yang ada di rumah atau buat dekorasi sederhana sendiri. Pilih tema sederhana dengan dekorasi seminimal mungkin seperti pesta kebun bunga, terinspirasi dari sebuah film, atau buah-buahan. 

Untuk dekorasi juga tidak perlu dihiasi satu ruangan penuh, bisa hias cukup di meja tempat makanan disajikan atau di satu tembok sebagai tempat spot berfoto. Tutorial dekorasi yang sudah banyak di Youtube ataupun aplikasi Pinterest.

Pilihlah ruangan yang memiliki cukup cahaya alami atau terang. Karena ini sangat penting agar hasil dokumentasi acaranya memiliki kualitas baik dan juga kalian semua dapat terlihat lebih cantik.

3. Buat permainan seru

Acara ini tidak lengkap rasanya jika isinya hanya soal makanan dan tukar kado saja. Ide acara juga perlu. Misalnya rangkaian permainan yang seru untuk calon pengantin wanita. Hal ini bertujuan agar suasana lebih hidup dan mengasyikan. 

Ide permainan ini bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang lebih. Kamu bisa membuat permainan tebak-tebakan kata soal pernikahan menggunakan flash card. 

Atau bisa dengan pertanyaan-pertanyaan seputar calon mempelai untuk menguji siapa yang paling tahu soal kebiasaan mereka berdua. Agar lebih seru bisa ditambahkan doorprize atau hadiah.

4. Buat undangan 

Selain tema dekorasi ruangan, undangan juga perlu dibuat sebagai pelengkap. Tidak perlu menggunakan jasa desain undangan, saat ini di aplikasi Pinterest dan Canva sudah banyak template undangan yang tentunya unik dan aesthetic sesuai tema.

5. Buat daftar lagu

Untuk daftar lagu, minta calon pengantin mengirimkan beberapa lagu favoritnya. Tambahkan beberapa lagu cinta dan lagu-lagu ceria untuk musik latar. Kalian bisa membuat daftar lagu pada aplikasi musik spotify agar memudahkan untuk menyusun dan memainkan lagunya. 

6. Buat menu sederhana

Pastikan untuk memilih daftar makanan dan minuman yang menjadi makanan favorit calon mempelai wanita. Lebih baik memasak makanannya sendiri dengan dibantu teman-teman lain agar bisa mendekorasi makanan dan minuman sesuai tema acara, tentunya bisa lebih menghemat pengeluaran. 

Itu dia penjelasan tentang bridal shower yang bisa jadi inspirasimu dalam membuat acara ini bareng sahabat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Pilihan Editor: 12 Contoh Mahar Sederhana Tapi Mewah dan Awet, Tidak Perlu Mahal

BRIDES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."