7 Fakta Menarik Kuasa Gelap, Film Horor yang Dibintangi Lukman Sardi dan Jerome Kurnia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Jajaran pemain dan tim produksi film horor Kuasa Gelap saat menggelar konferensi pers di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Selasa, 20 Agustus 2024. TEMPO/Adinda Jasmine

Jajaran pemain dan tim produksi film horor Kuasa Gelap saat menggelar konferensi pers di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Selasa, 20 Agustus 2024. TEMPO/Adinda Jasmine

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Film Kuasa Gelap yang disutradarai oleh Bobby Prasetyo mengangkat cerita tentang ritual pengusiran setan. Film horor yang diproduseri oleh Robert Ronny, Andi Boediman, Pandu Birantoro, dan Arvin Sutedja ini diketahui sudah tayang sejak Kamis, 3 Oktober 2024. Bagi kamu yang akan menonton, luangkan waktu sejenak mengulik fakta menariknya di sini.

1. Inspirasi Cerita

Kisah ini terinspirasi dari pengalaman pastor eksorsisme di Jawa Tengah. Sebelum film dibuat, tim produksi telah melakukan riset termasuk konsultasi dengan para pastor dan mempelajari eksorsisme juga ritualnya. 

Kuasa Gelap mengisahkan ritual eksorsisme di gereja Katolik yang dialami oleh para jemaatnya. Menurut unggahan di Instagram @paragonpictures.id pada Selasa, 6 Agustus 2024, disebutkan bahwa hanya 10 persen dari 100 persen kasus kerasukan yang dilaporkan memerlukan ritual eksorsisme.

"90 persen kasus kerasukan dilaporkan ke gereja Katolik adalah masalah kesehatan mental,” tulis unggahan akun tersebut. Oleh karena itu, film ini berusaha menampilkan realitas ritual eksorsisme berdasarkan kasus nyata yang terjadi di Indonesia.

Kuasa Gelap diangkat dari kisah nyata dan membawa tema eksorsis yang jarang diangkat ke layar lebar Indonesia. Film mengangkat tema eksorsisme dengan latar belakang agama Katolik. 

2. Sinopsis 

Film horor ini mengisahkan perjalanan pastor yang meragukan imannya dan mendapati diri harus terlibat dalam pengusiran setan yang menguasai remaja perempuan bernama Kayla. Namun, proses pengusiran setan terhadap Kayla mengingatkan pastor itu kepada adiknya yang telah meninggal. Kasus Kayla makin serius daripada yang terlihat. Sang Ibu, Maya diduga mempunyai masa lalu gelap berkaitan dengan sebab merasuknya iblis ini. 

3. Para Pemeran

Para artis yang membintangi film Kuasa Gelap, yaitu Lukman Sardi sebagai Romo Rendra, Jerome Kurnia sebagai Romo Thomas, Astrid Tiar sebagai Maya, Lea Ciarachel sebagai Kayla, Freya JKT48 sebagai Cilla, dan Delia Husein sebagai Suster Indah. 

Jajaran produser, sutradara, dan pemain film Kuasa Gelap produksi Ideosource Entertainment dan Paragon Pictures dalam sesi konferensi pers jelang syuting perdana di wilayah Jakarta Selatan pada Senin, 5 Februari 2024. Dok. Istimewa.

4. Perizinan selama Dua Tahun

Pada 2018, produser Robert Ronny, membaca berita online tentang seorang pastor di Jawa Tengah yang rutin melakukan eksorsisme. Dia segera melacak keberadaan pastor tersebut dengan harapan bisa mendiskusikan rencananya. Tetapi, Robert langsung dihadapkan bahwa institusi Katolik sangat tertutup terhadap hal-hal semacam ini. 

Setelah dua tahun berupaya dalam proses perizinan, akhirnya mendapat restu dari gereja Katolik untuk melakukan syuting di Indonesia

"Kami pelajari banyak kasus (eksorsisme), banyak ketemu dengan korban-korbannya sampai akhirnya angkat salah satu kasus yang paling menarik yang ada film ini,” kata Robert. 

5. Astrid Tiar Keluar dari Zona Nyaman di Kuasa Gelap

Mengaku penakut, presenter Astrid Tiar mengaku sempat gemetar badannya kala mendapatkan tawaran membintangi film Kuasa Gelap. "Saya takut banget bermain di film horor terus sekarang malah disuruh main film horor," ujar Astrid Tiar dalam siaran pers yang diterima Tempo pada Kamis, 1 Juni 2023.

Ibu dua putri ini menuturkan, menerima peran di film horor akhirnya memberikan tantangan besar baginya yang sudah lama meninggal dunia akting.

"Ini adalah sebuah tantangan besar buat saya, karena saya sudah lama nggak main film, sekalinya kembali ke dunia film saya dapat tantangan besar yakni film horor," ucapnya. 

Kendati penakut, Astrid Tiar mengaku justru tak ingin bermain di zona nyaman. Dia ingin membuktikan kemampuannya dengan mengambil peran di film itu sebagai tantangan baginya untuk comeback

"Aku ingin keluar dari zona nyamanku. Aku terakhir nonton horor itu Si Manis Jembatan Ancol, itu SD. Karena halusinasi aku berlebihan ketika aku baca sinopsis seperti apa, aku menjawab cukup lama," kata Astrid Tiar.

Lukman Sardi, Astrid Tiar, Freya JKT48, dan sutradara Bobby Prasetyo dalam konferensi pers pengumuman pemain dan jelang syuting film Kuasa Gelap di wilayah Jakarta Selatan pada Senin, 5 Februari 2024. Dok. Istimewa.

6. Tantangan Lukman Sardi di Kuasa Gelap

Tantangan terbesar yang dihadapi aktor senior Lukman Sardi di Kuasa Gelap adalah belajar bahasa Latin dan praktik ritual eksorsisme. Namun pada saat itu, romo yang mendampinginya mengajari dengan sangat detail.

"Mulai dari ritualnya, sampai yang bikin lidah belibet itu bahasa Latin sebenarnya," ungkap Lukman di Jakarta Selatan pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Aktor kelahiran 1971 itu menjelaskan bahwa proses ini bukan hanya soal menghafal dialog, tetapi juga memahami makna di balik ritual eksorsisme yang menjadi inti cerita film tersebut. Bagi Lukman, tantangan ini memberi pengalaman berharga untuknya sebagai seorang aktor.

Dia bercerita tentang proses mempelajari penempatan salib, pemakaian stola, beserta urutannya. Bahkan Lukman mengakui romo yang mendampinginya selalu menekankan bahwa ritual eksorsisme tidak boleh salah. 

"Karena kita bicara tentang kepastorannya. Dimana pun menurut aku, kalau kita ritual agama pastinya dijaga banget supaya tidak salah," kata Lukman. Proses belajar bahasa Latin dan mempelajari ritual eksorsisme, bukan hanya menambah pengetahuan, tetapi juga memperdalam penghayatan perannya sebagai Pastor Rendra.

7. Jerome Kurnia Nonton Ritual Eksorsisme Asli

Saat menjalani perannya sebagai Romo Thomas di Kuasa Gelap, Jerome mengakui, bahkan mempelajari praktik eksorsisme secara rinci, yaitu proses pengusiran setan dalam agama Katolik yang menjadi inti cerita film tersebut.

Aktor kelahiran 1994 itu mengatakan proses persiapan Kuasa Gelap melibatkan seorang romo berpengalaman. Jerome menyebutkan, setiap hari jajaran pemeran diarahkan untuk belajar seperti di dalam kelas.

“Dia (romo) adalah salah satu dari dua orang di Indonesia yang diizinkan Vatikan untuk melakukan eksorsisme,” ungkap Jerome, saat ditemui di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Bahkan demi persiapan peran yang matang, Jerome dan beberapa pemeran diberi kesempatan untuk menyaksikan upacara eksorsisme secara langsung. "Kami workshop berhari-hari, bahkan dikasih lihat mereka melakukan proses eksorsisme di depan mata kami,” kata Jerome.

Itulah sederet fakta menarik film horor Kuasa Gelap yang bisa jadi bahan pertimbangan Sahabat Cantika sebelum menonton.

Pilihan Editor: Putri Marino dan Happy Salma Bintangi Film Horor Misteri Tebusan Dosa

ADINDA JASMINE PRASETYO | ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."