7 Arti Mimpi Potong Rambut, Ada Pertanda Baik dan Buruk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita memotong dan menata rambut di salon. Freepik.com

Ilustrasi wanita memotong dan menata rambut di salon. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di antara berbagai tema mimpi, salah satu yang sering muncul adalah kegiatan memotong rambut. Baik itu memotong rambut panjang atau merapikan helai yang sulit diatur, mimpi potong rambut mengandung simbolisme dan makna yang penting.

Berikut ini 7 arti mimpi potong rambut. Pertanda kehidupan apa di balik bunga tidur ini? Yuk, simak selengkapnya!

1. Kebutuhan untuk mengekspresikan diri

Dari sisi psikologis, mimpi cukur rambut dapat mencerminkan berbagai macam emosi dan konflik batin. Carl Jung, penafsir mimpi, memandang rambut sebagai simbol individualitas dan kekuatan pribadi. 

Bunga tidur ini dapat menandakan keinginan untuk menegaskan identitas seseorang atau kebutuhan untuk mengekspresikan diri.

2. Keinginan mengubah diri sendiri

Jika kamu mimpi gunting rambut sendiri, hal ini dapat menandakan keinginan untuk mengubah diri. Juga kebutuhan untuk menegaskan kendali atas identitas dan penampilan seseorang. Mimpi-mimpi tersebut juga dapat mencerminkan kerinduan akan perubahan atau rasa otonomi dalam pengambilan keputusan.

3. Rasa ingin mengendalikan hidup orang lain

Sebaliknya, mimpi tentang memotong rambut orang lain dapat melambangkan keinginan untuk mempengaruhi dan mengendalikan kehidupan orang tersebut dengan cara tertentu. Hal ini dapat berasal dari perasaan tanggung jawab, protektif, bahkan manipulasi.

Bunga tidur ini juga dapat mengisyaratkan dinamika kekuasaan dalam hubungan dan konflik yang belum terselesaikan dengan orang yang rambutnya dipotong.

4. Perubahan tidak terduga 

Jika kamu mimpi pangkas rambut dengan tidak sengaja, sering kali membawa tema tentang hilangnya kendali dan perubahan yang tidak terduga. Bunga tidur ini dapat mencerminkan kecemasan tentang kejadian yang tidak terduga serta rasa takut kehilangan sesuatu yang berharga dalam kehidupan nyata.

Hal ini juga dapat melambangkan rasa rentan atau kebutuhan untuk beradaptasi dengan keadaan yang tidak terduga.

5. Siap dengan transformasi 

Jika kamu mimpi dipotong rambut oleh tukang cukur profesional, hal ini dapat melambangkan keinginan untuk validasi eksternal atau kebutuhan akan bimbingan profesional dalam menghadapi tantangan hidup.

Bunga tidur ini juga dapat mencerminkan kerinduan untuk merawat diri sendiri, juga keinginan untuk meningkatkan penampilan dan citra diri seseorang. Mimpi ini dapat menunjukkan kesiapan untuk menjalani transformasi yang signifikan atau merangkul babak baru dalam hidup.

6. Hilangnya kedudukan atau pangkat 

Arti mimpi potong rambut menurut Islam, di antaranya menurut Syekh Abdul Ghani An Nablusi dalam kitabnya yaitu Ta’thirul Anam Fi Tafsiril Ahlam, bisa saja berkaitan dengan pertanda buruk. Ini berkaitan dengan hilangnya kedudukan atau pangkat yang saat ini ia miliki.

Lantas, menurut Syekh Abu Bakar Al Ahsa’i, bunga tidur ini jadi pertanda buruk ini jika orang itu mencukur rambut pendek padahal di kehidupan nyata ia lebih suka memanjangkan rambutnya. Namun, jika seseorang memang sudah rutin mencukur atau memotong rambutnya, maka tidak ada arti atau makna apapun ketika ia bermimpi potong rambut. 

7. Keberuntungan 

Beda halnya dengan arti mimpi potong rambut menurut Primbon Jawa, hal ini mengandung makna positif. Mimpi ini diinterpretasikan sebagai kedatangan rezeki atau berkah yang muncul secara tiba-tiba. Oleh karena itu, jangan heran jika kamu mendapat keberuntungan yang tak terduga, seperti dapat hadiah, menerima rezeki yang tak terduga.

Nah, Sahabat Cantika, itulah 7 arti mimpi potong rambut. Di antaranya ada pertanda baik dan buruk. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Pilihan Editor: 10 Arti Mimpi Seseorang yang Kita Sukai, Benarkah Dia Memikirkan Kita?

OLIVE DREAM

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."