Mandi Air Dingin Bisa Atasi Jerawat? Ini Penjelasan Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedang mandi. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang mandi. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain rekomendasi perawatan kulit alias skincare yang rutin dan konssiten, ada sejumlah cara mengatasi jerawat yang tidak biasa beredar di media sosial, salah satu mandi air dingin yang ramai jadi bahan perbincangan. Banyak video dan unggahan mengklaim bahwa mandi atau berendam dalam air dingin dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengatasi atau mencegah jerawat. 

Setelah melihat banyak orang mengklaim cara ini ampuh, beberapa di antara kita mulai bertanya-tanya seberapa valid khasiatnya. Yuk, luangkan waktu sejenak menyimak pemaparan para dokter kulit. 

Apakah Mandi Air Dingin Bisa Atasi Jerawat?

Mandi air dingin dapat membantu mengatasi jerawat dengan mengurangi produksi minyak dan memperlambat munculnya jerawat, menurut dokter kulit bersertifikat, Geeta Yadav. Logikanya, menurut dia, minyak tidak mengalir melalui pori-pori saat terkena air dingin, dan air dingin juga bisa mengurangi peradangan jerawat, yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Sementara itu, dokter kulit bersertifikat, Melanie Palm mengatakan membersihkan wajah dengan air dingin sering kali lebih baik daripada menggunakan air panas. Sebab air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit, mengganggu pelindung kulit (skin barrier), dan mungkin mengiritasi jerawat yang sudah ada.

Namun, sebenarnya tidak sesimpel itu, dan penting untuk tidak langsung percaya pada semua tren yang beredar di media sosial. “Seringkali, video berdurasi 30 hingga 60 detik yang memberikan saran perawatan kulit mengabaikan informasi dan konteks penting," kata dokter Palm mengingatkan.

Mandi air dingin dapat membantu mengatasi jerawat, tetapi tidak dengan cara yang ekstrem atau sebagai solusi ajaib seperti yang sering digambarkan di media sosial.

Menurut dokter kulit bersertifikat, Marisa Garshick, suhu dingin dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga membantu mengurangi pembengkakan, peradangan, dan kemerahan. Namun, jerawat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk minyak berlebih, pori-pori yang tersumbat, bakteri, jamur, hormon, hingga pola makan serta tidur.

Dokter Palm menekankan bahwa mengatasi jerawat memerlukan pendekatan perawatan yang komprehensif. Rutinitas perawatan kulit yang efektif untuk kulit berjerawat memerlukan lebih dari sekadar mandi air dingin. Hal ini mencakup pembersihan yang tepat, penggunaan bahan perawatan kulit yang sesuai jenis kulit secara konsisten, menghindari produk komedogenik, menjaga pelindung kulit yang sehat, serta melakukan perubahan gaya hidup yang sehat. Dalam beberapa kasus jerawat, mungkin juga diperlukan obat topikal atau obat oral.

Mandi air dingin mungkin memiliki beberapa manfaat sementara dalam hal meredakan peradangan dan jerawat, tapi tentu saja bukan obat mujarab atau solusi satu-satunya untuk memperoleh kulit bebas jerawat. Pilihan terbaiknya, kamu menghindari air yang terlalu panas atau terlalu dingin-dan tetaplah menggunakan air dengan suhu normal saat mencuci muka dan mandi. Kulit akan menghargai pendekatan yang lembut ini.

Pilihan Editor: Selain Turunkan Berat Badan, Mandi Air Dingin Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

ZHAHIRA REKA FIRDANIA | BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."