Cerita Oki Setiana Dewi Sekolahkan Anak-anaknya ke Mesir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Oki Setiana Dewi bersama Maryam, Khadijah, dan Ibrahim di Mesir. Foto: Instagram/@okisetianadewi.

Oki Setiana Dewi bersama Maryam, Khadijah, dan Ibrahim di Mesir. Foto: Instagram/@okisetianadewi.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan pendakwah Oki Setiana Dewi kini lebih banyak tinggal di Mesir. Ketiga anaknya bersekolah di sana, yaitu Maryam, Khadijah, dan Ibrahim. Sementara anak bungsunya, Ismail, masih tinggal di Indonesia bersama ayahnya untuk menjalani terapi karena awalnya mengalami Prader-Willi Syndrome (PWS).

Oki sering membagikan aktivitasnya bersama anak-anak selama di Mesir. Misalnya, saat dia mengantar-jemput mereka, singgah ke Masjid Al-Azhar untuk belajar dan menghafal Al-Quran, berolahraga, hingga bermain di taman yang jadi tempat favorit Oki dan anaknya.

Bahkan, dia juga membuka sesi tanya jawab dengan warganet yang penasaran dengan alasannya menyekolahkan putra-putrinya di Mesir.

Dalam unggahan di akun YouTube Oki Setiana Dewi, dia pun menjawab beberapa pertanyaan netizen. Perempuan 35 tahun ini menjelaskan bahwa ia berencana menyekolahkan ketiga anaknya dari tingkat SD hingga kuliah di Mesir. 

Menurutnya, anak-anaknya boleh memilih profesi apapun, tidak harus menjadi ulama. Mereka boleh menjadi dokter atau insinyur, asalkan mereka memahami agama dan menghafal Al-Quran.

Kini, anak pertamanya, Maryam duduk di kelas 4 dan sekolah di Al-Azhar Internasional. Lalu, anak kedua dan ketiga, Khadijah dan Ibrahim, yang masing-masing kelas 2 dan 1, sekolah di salah satu sekolah internasional di Mesir. mereka semua menggunakan Bahasa Arab dan Inggris dalam komunikasinya di sekolah. Setiap sekolahnya juga mengajarkan agama dan Al-Quran.

"Dengan bahasa kesehariannya menggunakan Bahasa Arab dan Inggris di Mesir. Anak-anak tidak kaget atau culture shock, karena mereka sudah mempersiapkan dan terbiasa berbicara Bahasa Arab dan Inggris di rumah," tutur istri dari Ory Vitrio ini.

Di sana, anak-anaknya pun masih belajar bahasa asing lainnya, seperti Bahasa Prancis dan Jerman. Namun, semua anak Oki memilih untuk Bahasa Jerman. Menurut Oki, pilihan itu dipengaruhi oleh pengalaman masa lalunya yang pernah mendapatkan beasiswa ke Jerman saat hamil Ibrahim.

Alasan lain memilih Mesir karena Oki teringat pada filmnya di tahun 2008, berjudul Ketika Cinta Bertasbih. Dalam film itu, ia memerankan sosok pelajar putri Al-Azhar. Dari pengalaman itu, Oki yang juga penulis buku itu jadi jatuh cinta dengan Al-Azhar, para masyekh (guru/pemimpin), hingga suasananya.

Berdasar dari kesukaannya pada Mesir, Oki, ingin anak-anaknya tumbuh dan belajar agama dengan baik. Menurutnya, Mesir adalah negara yang cocok karena letaknya yang strategis dan memudahkan akses ke berbagai tempat.

Dia ingin anak-anaknya hidup dalam lingkungan Islam, di negara yang banyak memiliki guru. Selain itu, ia berharap anak-anaknya bisa belajar bahasa Arab sejak kecil, karena sebagai Muslim, menurut dia, penting untuk memahami agama dalam bahasa tersebut. Pada intinya, Oki ingin anak-anaknya hidup di pusat ilmu Islam.

Hal yang bikin terkejut adalah biaya pendidikan di Mesir ternyata sangat terjangkau. “Kalo di Al-Azhar itu gratis, tapi kalau Maryam karena Maryam sekolahnya internasional, bayarnya Rp 8 juta per tahun. Bayangkan 12 bulan 8 juta, tidak ada uang gedung, enggak ada uang yang lain-lain. 8 juta per tahun murah kan?” Ucap Oki.

Lantas, untuk soal kepindahannya ke Mesir, Oki mengaku menggunakan visa pelajar untuk belajar di Al-Azhar. Visa tersebut memungkinkan dirinya tinggal di sana. Anak-anaknya juga mendapatkan visa pelajar, sehingga mereka pun bisa tinggal di negara tersebut.

Ketika ditanya oleh salah satu netizen, jika sudah selesai sekolah, apakah akan kembali lagi ke Indonesia? Oki menjawab bahwa keputusan tersebut akan bergantung pada berbagai faktor.

Ia mengakui bahwa saat ini belum ada kepastian mengenai rencananya untuk kembali ke Indonesia, mengingat pendidikan anak-anaknya masih cukup panjang. Namun, ia menegaskan bahwa ia akan melakukan perjalanan bolak-balik antara Indonesia dan Mesir karena ingin memantau kondisi pesantren miliknya. Saat ini, rumahnya juga digunakan untuk mengaji para santri, tetapi untuk menetap, ia lebih cenderung memilih Mesir.

Nah itu dia alasan Oki Setiana Dewi menyekolahkan anak-anaknya di Mesir. Semoga dapat menginspirasi ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: Jatuh Bangun Perjalanan Hijrah Oki Setiana Dewi, Ibunda Punya Andil Besar

ZHAHIRA REKA FIRDANIA | YOUTUBE | INSTAGRAM 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."