Mengenal Apa Itu Hair Gloss Treatment?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Benzoix

Ilustrasi wanita memegang rambut. Freepik.com/Benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam pilihan perawatan untuk mewarnai dan menjaga tampilan rambut berkilau, salah satunya hair gloss treatment. Seperti namanya, perawatan rambut demi-permanen bebas amonia ini bisa membuat rambut mengkilap atau hair gloss.

"Hair gloss treatment adalah perawatan rambut yang menambah kilau atau meningkatkan tone, juga bisa membuat warna rambut lebih gelap jika diinginkan," ucap ahli pewarna rambut Richy Kandasamy dikutip dari laman Byrdie.

"Hair gloss merupakan warna demi-permanen. Artinya, warna tersebut bersifat oksidatif, yang berarti  berinteraksi dengan serat rambut dan cenderung bertahan lebih lama dari warna semi-permanen non-oksidatif, meskipun kualitasnya masih jauh dari yang permanen," tambah Matt Rez, ahli pewarna rambut dan duta merek atau brand ambassador Redken.

Perbedaan Hair Gloss dengan Pewarnaan Rambut Tradisional

Perbedaan terbesar antara pewarna rambut kilau dan rambut tradisional adalah bahan dan formulasi yang digunakan. Menurut Rez, selain bebas amonia, hair gloss treatment juga memiliki pH yang lebih rendah daripada pilihan warna rambut lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa hair gloss treatment tidak akan sepenuhnya mengubah warna rambut seperti pewarna tradisional. Perawatan ini dapat menggeser tone rambut dan menyimpan warna di atas warna alami, bukan mengubah warna rambut.

Misalnya, kamu tidak dapat beralih dari cokelat ke pirang, tetapi kamu dapat beralih dari coklat dingin ke coklat yang lebih hangat atau menambahkan warna yang berbeda seperti merah ke warna rambut kamu sekarang.

Hasilnya berlangsung empat hingga enam minggu, tergantung pada seberapa sering kamu mencuci rambut.

Manfaat Hair Gloss Treatment

- Menyegel kutikula rambut

- Menambahkan kilau ekstra

- Pemeliharaan warna rendah

- Melembutkan rambut

Persiapan Perawatan Hair Gloss

Umumnya, hair gloss treatment dilakukan di salon. Menurut Rez, langkah pertama dalam persiapan adalah meneliti warna yang kamu inginkan. Kamu juga bisa membawa foto referensi untuk menunjukkan ke ahli pewarna atau colorist andalan kamu.

Ada baiknya kamu berdiskusi dengan colorist seperti apa hasil realistisnya warna pilihan kamu di rambut kamu. Ingatlah, jenis dan tekstur rambut juga berperan dalam pembentukan warna.

Para ahli pewarna rambut juga menyarankan untuk mencuci rambut sebelumnya. "Biasanya saya akan merekomendasikan menerapkan hair gloss pada rambut yang bersih dan kering," ucap Kandasamy.

Yang Terjadi Selama Hair Gloss Treatment

Perawatan hair gloss bisa memakan waktu sekitar satu jam, menurut Rez. Itu sudah termasuk pencucian sebelum perawatan, proses hair gloss, dan mengeringkan rambut.

Perawatan hair gloss dilakukan pada rambut yang bersih dan lembap selama 10-25 menit. Kandasamy meyakinkan kita bahwa sebagian besar produk yang digunakan hair gloss memiliki tingkat pH alkali asam atau sangat rendah, sehingga pengobatan tidak berbau menyengat.

Colorist Anda kemudian akan mencuci perawatan hair gloss, dan mengakhiri perawatan dengan mengeringkan rambut. Kam dapat mengharapkan rambut terasa lebih lembut, warna lebih cerah, dan rambut berkilau.

Efek Samping Hair Gloss Treatment

Menurut para ahli pewarna rambut, hair gloss treatment sangat berisiko rendah. "Tidak ada efek samping [telah] dicatat selama 17 tahun saya melakukannya," kata REZ. "Tidak ada efek samping sama sekali," tambah Kandasamy.

Satu-satunya risiko potensial, seperti halnya perawatan apa pun, adalah reaksi alergi terhadap bahan-bahan dalam perawatan rambut kilau itu sendiri. Jika kamu memiliki reaksi terhadap produk serupa atau perawatan perawatan rambut tertentu, Kandasamy merekomendasikan uji alergi ke area belakang telinga sebelum aplikasi ke seluruh kepala.

Perawatan Setelah Hair Gloss Treatment

Setelah perawatan hair gloss, para ahli pewarna rambut menyarankan menggunakan perawatan pasca-warna dan masker warna untuk mempertahankan umur panjang kilau. Pakai pula sampo dan kondisioner yang dirancang untuk warna dan gaya rambut kamu. Pastikan bebas sulfat dan memperkuat pH rambut sehat, yaitu 4,5-5,5.

So, hair gloss treatment adalah alternatif untuk mewarnai rambut dan mengkilapkan rambut tanpa amonia. Hasil bertahan empat hingga enam minggu tergantung pada seberapa sering kamu mencuci rambut, dan formula demi-permanen meningkatkan kilau rambut sambil meminimalkan pemrosesan.

Pilihan Editor: 11 Cara agar Rambut Berkilau, Menurut Penata Rambut Profesional

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."